Sukses

Kepanitiaan Pameran yang Bertugas Menyampaikan Informasi Adalah Seksi Publikasi

Tugas dari seksi publikasi adalah menyampaikan informasi kepada pengunjung, membuat media publikasi, hingga membuat laporan dokumentasi pameran.

Liputan6.com, Jakarta Kepanitiaan pameran yang bertugas menyampaikan informasi adalah seksi publikasi. Pameran seni rupa adalah suatu kegiatan penyajian atau penyampaian idea tau gagasan  karya seni rupa melalui media karya seni kepada masyarakat umum untuk dapat di apresiasi.

Dalam sebuah pameran dibutuhkan kepanitiaan yang dapat melancarkan acara pameran dari awal hingga akhir. Untuk itu, penyelenggaraan pameran diawali dengan pembentukan kepanitiaan pameran terlebih dahulu.

Kepanitiaan pameran yang bertugas menyampaikan informasi adalah seksi publikasi. Selain menyampaikan informasi, seksi publikasi juga memiliki tugas lainnya yakni membuat media publikasi berupa poster, flyer, dan lain sebagainya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai kepanitiaan pameran yang bertugas menyampaikan informasi adalah seksi publikasi yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (16/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kepanitiaan Pameran yang Bertugas Menyampaikan Informasi Adalah

Saat akan menyelenggarakan sebuah pameran, maka pembentukan panitia menjadi hal pertama yang perlu dilakukan. Pembentukan panitia ini bertujuan untuk membagi tugas selama proses penyelenggaraan pameran dan melancarkan acara dari awal hingga akhir.

Pembentukan panitia dalam pameran juga bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya bentrok saat acara berlangsung dan memastikan semua orang dapat bekerja sesuai dengan tugas maupun tanggungjawabnya. Pada umumnya, struktur kepanitiaan terdiri dari panitia inti dan dibantu oleh beberapa seksi. Setiap seksi bertugas dan bertanggungjawab pada pekerjaannya serta harus senantiasa berkoordinasi dengan ketua.

Salah satu kepanitaan pameran yang bertugas menyampaikan informasi adalah seksi publikasi. Selain itu, seksi publikasi juga memiliki tugas lain yakni membuat media publikasi berupa poster, flyer, dan lain sebagainya. Media publikasi bisa berupa hasil cetak maupun bentuk digital, baik gambar atau video yang menarik.

Apabila dalam pemberitahuan tersebut memerlukan surat-surat izin dapat berhubungan dengan sekretaris. Seksi publikasi juga harus membuat laporan dokumentasi pameran. Caranya yakni dengan mengumpulkan hasil pemotretan tentang kegiatan dari awal sampai selesai. Dokumentasi pameran ini sangat penting sebagai tolok ukur dan wawasan serta pertanggungjawaban kegiatan.

Tugas dan tanggungjawab seksi publikasi tidak hanya itu saja, terdapat beberapa tugas dan tanggungjawab seksi publikasi dalam acara pameran, yakni:

  1. Menyusun konten informatif dan menarik yang mencakup informasi terkait pameran, peserta, program acara, dan hal-hal lain yang relevan.
  2. Menyebarkan materi promosi ke berbagai saluran distribusi seperti kantor pos, pusat perbelanjaan, tempat umum, atau melalui media digital.
  3. Mengelola akun media sosial atau platform online untuk mempromosikan pameran dan berinteraksi dengan calon peserta atau pengunjung.
  4. Menangani hubungan dengan media dan menjalin kerjasama dengan pers untuk memberikan liputan lebih lanjut terkait pameran.
  5. Mengevaluasi efektivitas materi publikasi dengan memantau respons dan partisipasi dari target audiens.
3 dari 3 halaman

Susunan Panitia Pameran yang Lainnya

Selain kepanitiaan pameran yang bertugas menyampaikan informasi adalah seksi publikasi, berikut ini terdapat beberapa susunan pameran yang lainnya adalah:

1. Ketua

Ketua bertanggung jawab terhadap kelancaran pelaksanaan pameran. Selain itu, tugas lain dari ketua adalah pimpinan penyelenggaraan pameran yang bertanggung jawab atas kelancaran pelaksanaan pameran. Ketua juga bertugas mencari jalan keluar dan menyelesaikan berbagai masalah yang timbul sejak perencanaan hingga pelaksanaan pameran.

2. Wakil Ketua

Wakil ketua bertugas untuk membantu ketua panitia mengurus kegiatan seksi-seksi, dan juga harus mampu mengganti (melaksanakan) tugas ketua bila ketua berhalangan. Wakil ketua harus memiliki sikap tegas, jujur, sabar serta memiliki rasa tanggung jawab atas pekerjaan.

3. Sekretaris

Sekretaris bertugas untuk mencatat kegiatan, surat-menyurat, dan arsip surat. Selain itu, tugas sekretaris yang lain adalah membantu ketua panitia pameran dalam bidang administrasi.

4. Bendahara

Bendara bertugas untuk mengolah keuangan pameran, termasuk mencatat pemasukan dan pengeluaran anggaran. Bendahara harus menyusun laporan pertanggungjawaban atas penggunaan dan pengelolaan keuangan selama pameran berlangsung. Untuk itu, bendahara harus memiliki sikap jujur, teliti, cermat, sabar, tidak boros dan tidak lepas tanggung jawab terhadap seluruh tugasnya.

5. Seksi Kesekretariatan

Seksi kesekretariatan bertugas untuk membantu sekretaris dalam pembuatan dokumen tertulis seperti surat menyurat, penyusunan proposal kegiatan dan mencatat segala sesuatu yang terjadi hingga pameran selesai.

6. Seksi Usaha

Seksi usaha bertugas dan bertanggung jawab untuk membantu ketua mencari dana pameran atau sumbangan dari berbagai pihak. Sumbangan bisa berupa uang atau barang yang diperlukan dalam penyelenggaraan kegiatan pameran seni rupa.

7. Seksi Publikasi

Seksi publikasi bertugas dan bertanggung jawab untuk mengatur publikasi dan laporan dokumentasi. Dokumentasi pameran ini sangat penting sebagai tolok ukur dan wawasan serta pertanggungjawaban kegiatan.

8. Seksi Dokumentasi

Seksi dokumentasi bertanggungjawab dan bertugas untuk mendokumentasikan kegiatan pameran, baik itu berupa foto maupun video dan membuat catatan penting sebagai arsip pameran.

9. Seksi Dekorasi

Seksi dekorasi bertanggungjawab dan bertugas untuk mendekorasi ruangan dan menata ruang pameran. Seksi ini bertugas menghias pameran, mengatur denah dan penempatan karya yang dipamerkan.

10. Seksi Stand

Seksi stand bertanggungjawab dan bertugas untuk menjaga pameran dan memandu pengunjung mulai dari masuk sampai keluar ruangan. Petugas stand diharapkan dapat melayani para pengunjung secara ramah dan sopan dalam memberikan informasi tentang karya-karya yang sedang dipamerkan.

11. Seksi Pengumpulan Karya

Seksi pengumpulan karya bertanggungjawab dan bertugas untuk mengumpulkan dan menyeleksi karya sesuai dengan tema pameran. Biasanya seksi ini akan bertugas melakukan pencatatan dan pendataan karya (nama seniman, judul, tahun pembuatan, kelas, harga dan lain-lain) serta melakukan pemilihan karya yang akan dipamerkan.

12. Seksi Perlengkapan

Seksi perlengkapan bertanggungjawab dan bertugas untuk mengurus perlengkapan pameran. Biasanya seksi ini akan bekerja sama dengan seksi dekorasi dan penataan ruang mempersiapkan tempat penyelenggaraan pameran serta berkoordinasi secara khusus dengan seksi pengumpulan dan seleksi karya dalam pengumpulan dan pemilihan karya.

13. Seksi Keamanan

Seksi keamanan bertanggungjawab dan bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama pameran berlangsung.

14. Seksi Konsumsi

Seksi konsumsi bertanggungjawab dan bertugas untuk menyediakan dan mengatur konsumsi ketika pembukaan pameran, menyediakan dan mengatur konsumsi dalam kegiatan kepanitiaan pameran.

15. Seksi Sound System

Seksi sound system bertanggungjawab dan bertugas untuk mengatur sound system dan music selama pameran dilaksanakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.