Sukses

Lob Adalah Teknik Dasar dalam Permainan Bulu Tangkis, Ketahui Fungsinya

Pukulan lob adalah pukulan dalam permainan bulu tangkis dengan pukulan tinggi melambung ke atas dan jatuhnya di belakang pemain lawan.

Liputan6.com, Jakarta Lob adalah istilah yang sering digunakan dalam olahraga permainan bulu tangkis. Pukulan lob ini merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bulu tangkis yang perlu dikuasai oleh para pemain.

Pada umumnya, pukulan lob digunakan untuk bisa meraih poin sebanyak-banyaknya oleh para pemain. Dalam hal ini, pukulan lob dapat bermanfaat sebagai strategi pemain untuk mengalihkan posisi lawan atau menciptakan peluang serangan.  

Pukulan lon dalam permainan bulu tangkis terdiri dari beberapa jenis, mulai dari deep lob dan attacking lob. Setiap jenis pukulan lob tersebut memiliki teknik yang berbeda dan penting untuk dipelajari oleh para pemain.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian lob dan fungsinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (27/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Lob

Dikutip dari laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kemdikbud RI, menjelaskan bahwa lob adalah pukulan dalam permainan bulu tangkis yang bertujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan.

Sementara dalam Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP/MTs Kelas 7 (2021) karya Paiman, menjelaskan bahwa pukulan lob adalah pukulan dalam permainan bulu tangkis dengan pukulan tinggi melambung ke atas dan jatuhnya di belakang pemain lawan.

Pukulan lob adalah pukulan yang paling sering digunakan dalam bulu tangkis. Hal tersebut karena pukulan lob digunakan untuk mengendalikan permainan dan sangat baik dalam mempersiapkan serangan. Pukulan lob adalah pukulan dari atas kepala yang bertujuan untuk mempersiapkan gerakan selanjutnya dengan arah kok melambung tinggi ke arah belakang lawan. Pukulan ini biasadipergunakan dalam permainan tunggal, karena karakteristik permainan adalah rally panjang.

Lob yang dieksekusi dengan baik dapat menjadi taktik yang sangat efektif dalam bulu tangkis, karena dapat memaksa lawan memainkan pukulan yang sulit dan juga dapat membantu mengganggu ritme dan momentum mereka. Namun sebaliknya, jika dieksekusi dengan buruk dapat mudah dicegat dan diserang oleh lawan, jadi penting untuk berlatih dan menguasai teknik tersebut sebelum menggunakannya dalam permainan. 

3 dari 4 halaman

Fungsi Pukulan Lob dalam Permainan Bulu Tangkis

Secara umum, fungsi dari pukulan lob dalam permainan bulu tangkis adalah untuk membantu pemain mengontrol permainan dan mengatasi tekanan lawan. Berikut adalah beberapa fungsi pukulan lob dalam bulu tangkis, yakni:

1. Mengubah Tempo Permainan

Pukulan lob dapat digunakan untuk mengubah tempo permainan. Ketika lawan menggunakan serangan cepat atau agresif, pukulan lob dapat memperlambat permainan dan memberi waktu kepada pemain untuk mengatur ulang posisi dan merespons dengan lebih baik.

2. Mengatasi Tekanan dari Lawan

Ketika pemain merasa tertekan oleh serangan lawan yang terus-menerus, pukulan lob dapat menjadi solusi untuk mengatasi tekanan tersebut. Dengan mengirimkan shuttlecock ke daerah belakang lapangan lawan, pemain dapat menciptakan jarak dan memberi waktu untuk bernapas sejenak.

3. Menciptakan Kesempatan Serangan

Pukulan lob yang tepat dapat menciptakan peluang serangan. Dengan mengirim shuttlecock ke belakang lawan dengan akurat, pemain dapat menciptakan kesempatan untuk melakukan serangan balik atau memaksa lawan keluar dari posisi idealnya.

4. Memaksimalkan Penggunaan Seluruh Lapangan

Pukulan lob memanfaatkan seluruh lapangan permainan. Dengan mengirimkan shuttlecock ke bagian belakang lapangan lawan, pemain dapat membuat lawan bergerak ke segala arah dan memaksimalkan ruang lapangan untuk meraih kontrol permainan.

5. Menyulitkan Lawan yang Bermain di Net

Jika lawan cenderung bermain di net (daerah dekat net), pukulan lob dapat digunakan untuk memaksa lawan kembali ke bagian belakang lapangan. Ini dapat menyulitkan lawan untuk melakukan serangan di net dan memberi pemain kesempatan untuk mengambil inisiatif.

6. Membuat Variasi dalam Strategi

Pukulan lob adalah bagian dari repertoar strategi yang dapat membuat permainan pemain lebih bervariasi. Dengan menggabungkan pukulan lob dengan pukulan-pukulan lainnya, pemain dapat menyesuaikan strateginya sesuai dengan kebutuhan permainan.

4 dari 4 halaman

Jenis Pukulan Lob

Terdapat dua jenis pukulan lob dalam permainan bulu tangkis, yakni deep lob dan attacking lob. Berikut ini penjelasannya:

1. Deep Lob

Deep lob merupakan pukulan dengan menerbangkan shuttlecock dan melambung tinggi ke bagian belakang lapangan lawan. Deep lob ini juga dikenal sebagai lob bertahan. Jenis pukulan lob ini digunakan untuk mengurangi tekanan saat lawan menyerang secara agresif.

Lob defensif biasanya dimainkan dari belakang lapangan dan membutuhkan pengaturan waktu dan kontrol yang baik untuk memastikan bahwa kok bergerak cukup tinggi dan mendarat jauh di lapangan lawan. Untuk dapat melakukannya, berikut ini terdapat tekniknya adalah:

  1. Posisikan diri anda di belakang lapangan saat anda mengharapkan pukulan keras dan cepat dari lawan anda.
  2. Saat lawan memukul shuttlecock, perhatikan lintasan shuttlecock untuk menentukan apakah diperlukan lob.
  3. Pindah ke bagian belakang lapangan dan bersiap untuk pukulan dengan mundur beberapa langkah dan pegang raket di atas kepala.
  4. Atur waktu pukulan anda dengan hati-hati dan pukul shuttlecock dengan ayunan lembut, bertujuan untuk mengirimnya tinggi dan jauh ke lapangan lawan anda.
  5. Lanjutkan dengan raket anda dan pulihkan posisi anda di lapangan.

2. Attacking Lob

Attacking lob atau lob menyerang digunakan sebagai tembakan ofensif untuk menciptakan peluang untuk tembakan menyerang. Lob ini dipukul tinggi dan jauh ke lapangan lawan dari depan atau tengah lapangan, dan dapat digunakan untuk mengejutkan lawan serta mengganggu ritme dan momentum mereka. 

Lob akan efektif apabila dilakukan dengan menggunakan pergelangan tangan. Sebab, lawan akan mengira shuttlecock mengarah ke depan dekat net (dropshot). Biasanya jenis pukulan lob ini digunakan saat lawan bergerak maju, lalu melepaskan pukulan. Teknik untuk melakukan attacking lob adalah sebagai berikut ini:

  1. Posisikan diri anda di dekat net, baik di depan lapangan atau di tengah lapangan.
  2. Tunggu kesempatan saat lawan anda keluar dari posisi atau kehilangan keseimbangan.
  3. Ambil beberapa langkah ke depan dan bersiaplah untuk melakukan pukulan dengan memegang raket di belakang kepala.
  4. Atur waktu pukulan anda dengan hati-hati dan pukul shuttlecock dengan ayunan lembut, bertujuan untuk mengirimnya tinggi dan jauh ke lapangan lawan anda.
  5. Bergerak maju dengan cepat dan bersiap untuk serangan menyerang, seperti smash atau drop shot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.