Sukses

7 Cara Menjaga Berat Badan Agar Stabil Usai Natal, Mudah Dipraktikkan

Simak beberapa cara menjaga berat badan agar tetap stabil usai Hari Natal.

Liputan6.com, Jakarta Perayaan Hari Natal menjadi momen yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga besar. Pada momen tersebut pula ada banyak makanan yang disediakan, mulai dari daging-dagingan hingga berbagai kue kering.

Ketika berkumpul bersama keluarga di Hari Natal, secara tidak sadar kita telah mengonsumsi banyak makanan. Hal ini akan memengaruhi berat badan kamu, karena makanan yang kamu konsumsi banyak mengandung gula dan kalori.

Dengan berat badan yang tidak seimbang akan memengaruhi kesehatan tubuh kamu. Untuk itu, perlu mengontrol dan mengembalikan berat badan kamu. Ada beberapa cara menjaga berat badan agar tetap stabil usai Hari Natal.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara menjaga berat badan agar tetap stabil meski setelah Hari Natal yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (25/12/2023).

2 dari 4 halaman

1. Perbanyak Aktivitas

Ketika merayakan Natal, pastinya kita lebih sering berkumpul di ruang tamu untuk bercengekrama dan melepas rindu. Jarang sekali memanfaatkan momen tersebut untuk beraktivitas di luar ruangan. Tidak ada salahnya melepas rindu dengan anggota keluarga sambil jalan-jalan bersama di pagi hari. Kamu bisa melakukannya selama 30 menit per hari. Aktivitas tersebut dapat membantu membakar kelebihan kalori yang dikonsumsi selama liburan.

2. Selektif memilih dessert

Ada banyak cara menghindari berat badan bertambah setelah Hari Natal. Salah satunya Anda harus selektif memilih makanan penutup atau dessert. Ahli gizi merekomendasikan membatasi diri dengan porsi kecil. Bukannya tidak boleh mengonsumsi aneka makanan khas Natal seperti kue-kue, tetapi kamu harus lebih selektif dalam memilih kudapan yang akan dimakan. Pastikan makanan yang kamu nikmati tidak terlalu banyak mengandung gula. Seperti diketahui, makanan yang mengandung gula bisa menyumbang banyak kalori bagi tubuh dan bisa menambah berat badan secara signifikan.

3. Meningkatkan asupan Kalium

Makanan yang kaya kalium bisa menyeimbangkan sodium. Jika Ana bertanya-tanya mengapa ini baik, Anda harus tahu bahwa kalium membuat Anda menahan dari kekurangan air. Bisa dikatakan, Anda harus meningkatkan asupan kalium. Mulailah makan banyak pisang, kiwi, pepaya, melon dan makanan nutrisi yang sangat baik.

3 dari 4 halaman

4. Tetap Berolahraga

Liburan memang terasa lebih menyenangkan jika dihabiskan dengan jalan-jalan, berkumpul bersama teman, atau makan bersama. Kendati begitu, jangan sampai kamu lupa untuk berolahraga. Agar kalori yang masuk dan keluar tetap seimbang, sempatkan dirimu untuk tetap berolahraga. Jika tidak sempat berolahraga di luar rumah, kamu bisa lakukan olahraga di dalam rumah seperti jumping jack, skipping, push up, squat, atau olahraga lainnya.

5. Batasi Jumlah Makanan dan Minuman Manis

Jika dalam sehari sudah terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis-manis ketika pertemuan dengan keluarga saat momen Natal, berhentilah mengonsumsinya di sore hari. Misalnya saja, ketika di siang hari sudah makan nastar, kue bolu, dan minum susu cokelat, saat sore atau malam hari sebaiknya hanya minum air putih saja. Kamu juga disarankan untuk memilih buah sebagai hidangan penutup makan malam.

6. Tingkatkan Konsumsi Serat 

Cara menjaga berat badan agar tetap stabil setelah Hari Natal yang berikutnya adalah meningkatkan konsumsi serat. Mengonsumsi makanan berserat dapat membuat tubuh kenyang lebih lama. Sumber serat dapat diperoleh dari sayur, buah, dan kacang-kacangan. Makanan berserat tinggi bisa dikonsumsi saat makan besar atau dijadikan camilan sehat.

7. Batasi Asupan Garam

Selain menghindari makanan dan minuman yang tinggi gula, asupan garam juga sangat memengaruhi keberhasilanmu dalam menjaga berat badan ideal. Garam memang identik dengan rasa asin. Namun, perhatikan juga asupan natrium lain yang terdapat di makanan dan minuman kemasan. Sebab, natrium  merupakan satu di antara molekul pembentuk garam dan memiliki sifat yang serupa.

4 dari 4 halaman

Tips Agar Tetap Fit Selama Natal

Dikutip dari laman Health Liputan6.com, selain menjaga berat badan tetap stabil, kamu juga perlu menjaga tubuh agar tetap fit selama perayaan Hari Natal dan Tahun Baru. Berikut ini beberapa tips agar tubuh tetap fit selama Hari Natal, yakni:

1. Minum Banyak Air

Air memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan minum air yang banyak dapat membantu metabolisme kamu bergerak. Selain itu, air dapat menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi dan tetap segar selama Hari Natal.

2. Hindari Stres

Hari Natal merupakan momen untuk bersenang-senang bersama keluarga. Bebaskan pikiran dari penatnya kegiatan sehari-hari, ciptakan momen humor bersama keluarga. Dengan begitu, kamu dapat menikmati Hari Natal dengan penuh kebahagiaan.

3. Jangan Duduk Sepanjang Hari

Melansir dari Realbuzz, mengajak keluarga untuk keluar rumah dengan berjalan-jalan merupakan cara yang tepat untuk membantu menlancarkan pencernaan, terutama dilakukan setelah makan malam. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan, maka akan semakin baik.

4. Konsumsi Buah

Tips untuk menjaga tubuh agar tetap fit selama Natal adalah dengan mengonsumsi buah. Buah memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Dengan banyaknya rangkaian acara pada Hari Natal kamu tetap harus mendapatkan vitamin dan mineral untuk membantu tubuh agar tetap sehat, vitamin dan mineral tersebut bisa didapatkan dari buah-buahan.

5. Perhatikan Asupan Makanan dan Minuman

Seperti yang dilansir dari Horder Health Care, begitu banyak makanan dan minuman yang tersaji di meja makan selama Hari Natal, membuat kamu bisa saja tergoda. Namun, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saat Hari Natal, sebaiknya kamu memerhatikan makanan dan minuman yang akan masuk ke dalam tubuh.