Sukses

Canggih Banget, Kaca Bus Ini Tampilkan Informasi Real Time Apa yang Dilihat Penumpang

Jendela kaca bus canggih

Liputan6.com, Jakarta Tak banyak pilihan hiburan saat menaiki transportasi umum. Salah satunya saat naik bus, melihat ke luar jendela jadi sarana memanjakan mata selama perjalananan. Namun terkadang, ada rasa penasaran lebih pada penumpang setelah melihat objek di luar bus. Alhasil mereka harus melihat smartphone demi mengetahui apa yang dilihatnya.  

Kini sebuah terobosan unik hadir memperbaiki keluhan penumpang bus setelah Taiwan's Industrial Technology Research Institute (ITRI) merilis teknologi terbaru mereka, Augmented Reality (AR) Interactive Vehicle Display atau mudahnya kaca yang menampilkan informasi interaktif kepada penumpang bus.

Tekonologi ini akan membuat pengalaman berkendara semakin menarik. AR Interactive Vehicle Display dijadwalkan untuk diperkenalkan di Panggung Inovasi Global (CES) 2024. Fitur canggih ini  bertujuan untuk menghadirkan informasi yang relevan langsung pada kaca jendela kendaraan.

Berikut Liputan6.com mengulas teknologi transportasi terbaru ini melansir dari New Atlas, Selasa (9/1/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Kerja Informasi Interaktif Jendela Kaca Bus

Dalam setiap jendela bus, terdapat kamera pelacak mata di atasnya dan panel layar sentuh microLED transparan yang melapisi seluruh permukaan bagian dalam kaca jendela. Saat penumpang memandang keluar jendela, sistem secara terus-menerus menilai arah pandangan mereka.

Sistem ini menggunakan data GPS untuk menentukan kecepatan kendaraan dan lokasi geografisnya, memungkinkan penumpang mengetahui atraksi spesifik yang sedang dilihat. Sebagai respon, foto kecil atraksi tersebut muncul pada panel microLED di samping pandangan penumpang, memberikan dimensi baru pada pengalaman tamasya.

"Kami menggabungkan teknologi canggih dengan keindahan pemandangan sekitar. Dengan memanfaatkan data GPS, kami memberikan pengguna informasi tentang atraksi mana yang sedang mereka lihat," ungkap juru bicara ITRI.

Jika penumpang ingin mengetahui lebih banyak, mereka cukup mengetuk foto tersebut. Informasi terperinci kemudian muncul dalam kotak teks di sekitar pandangan mereka, tidak mengganggu langsung pandangan objek asli.

3 dari 3 halaman

Potensi Luas di Berbagai Kendaraan Wisata

Keunggulan AR Interactive Vehicle Display tidak hanya terbatas pada kendaraan tamasya tradisional. Teknologi ini dapat diintegrasikan ke dalam kereta api, perahu wisata, dan gondola, memberikan pengalaman tamasya yang lebih baik di berbagai medan dan moda transportasi. 

"Pendekatan interaktif ini menghidupkan daya tarik, menjadikan tamasya pengalaman yang mendalam dan mencerahkan," tambah juru bicara ITRI.

Keberhasilan penerapannya di akuarium umum, di mana teknologi ini memberikan informasi rinci tentang berbagai spesies ikan, menunjukkan potensi besar dalam mendukung pendekatan edukatif dalam tamasya.

Sebuah video yang menyertai rilis teknologi ini dengan cermat menggambarkan fungsinya yang transformatif, memberikan gambaran sekilas tentang masa depan tamasya yang dipenuhi dengan inovasi. Dengan AR Interactive Vehicle Display, ITRI membawa tamasya ke tingkat berikutnya, memadukan teknologi modern dengan keajaiban alam dan sejarah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.