Sukses

Main Game Bukan Pakai Tangan Tapi Pakai Lidah, Ini Keunikan Teknologi MouthPad

Alat Game unik.

Liputan6.com, Jakarta Sebelum adanya mouse dan joystick untuk mengoperasikan game, para gamers menggunakan keyboard. Namun keduanya tetap memiliki kesamaan mengontrol game pakai tangan. Hingga kali ini ada alat unik yang bisa mengoperasikan game konsol pakai lidah. Meski terdengar aneh, namun teknologi ini nyata adanya.

Augmental, spin-off MIT Media Lab, startup perangkat keras yang inovatif ini telah mengembangkan dan meluncurkan MouthPad. Sebuah perangkat mulut yang mengguncang dunia teknologi dengan membuka terobosan kontroler universal menggunakan lidah.

Di tengah revolusi teknologi yang terus berkembang, Augmental memimpin jalannya dengan merilis MouthPad^, sebuah perangkat mulut yang tidak hanya memikat perhatian, tetapi juga mengubah paradigma dalam cara kita berinteraksi dengan perangkat elektronik. 

Para penciptanya menjuluki MouthPad sebagai "jari ke-11". Mengingat MouthPad adalah inovasi anti mainstream menuju perkembangan teknologi dalam akses digital. Bentuknya mirip dengan gigi palsu yang dipasangkan di rahang atas. 

Berikut Liputan6.com merangkum keunikan alat MouthPad melansir dari Designboom, Kamis (11/1/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Kerja Kontroler Game Pakai Lidah

Konsep utama MouthPad^ sangat sederhana, memungkinkan pengguna untuk sepenuhnya mengontrol perangkat elektronik mereka melalui gerakan lidah. Namun, di balik kesederhanaan itu, terletak keunikan dan kompleksitas teknologi yang diterapkan oleh Augmental.

Dengan menggunakan algoritma pembelajaran mesin, MouthPad^ secara cermat menganalisis posisi dan gerakan lidah pengguna. Gerakan sederhana seperti menekan untuk klik kiri dan gerakan menyesap untuk klik kanan menghasilkan perintah kursor yang dikirim melalui Bluetooth ke perangkat elektronik.

 "Seiring dengan kehidupan kita yang semakin terkait dengan teknologi, memastikan bahwa setiap orang memiliki akses yang sama terhadap input kontrol dan antarmuka baru menjadi lebih penting dari sebelumnya," kata Tomás Vega, salah satu pendiri dan insinyur di Augmental.

3 dari 4 halaman

Bisa Memainkan Game hingga Kirim Email

Teknologi baru kontroler lidah ini masih sangat tabu di kalangan masyarakat. Kendati demikian banyak keunikan dan keunggulan multifungsi MouthPad di dunia digital.  Tindakan tersebut memungkinkan pengguna mengirim email, menyalakan lampu, mengedit foto, dan bahkan memainkan video game menggunakan lidah mereka. 

Augmental juga meyakinkan pengguna bahwa desain corong yang ramping dapat meminimalkan dampak terhadap ucapan, sehingga tetap memudahkan pengguna untuk berkomunikasi secara verbal sambil memakai perangkat.

Namun, keunggulan MouthPad^ tidak hanya terletak pada kecerdasan teknisnya. Desain perangkat ini sangat disesuaikan dengan setiap pengguna. Melalui pemindaian mulut, Augmental menciptakan model mulut 3D yang unik, memastikan bahwa MouthPad^ tidak hanya efisien secara teknis tetapi juga nyaman dan sesuai dengan mulut individu.

4 dari 4 halaman

Tahan Air Liur

Salah satu tantangan yang dihadapi Augmental adalah membuat MouthPad^ tangguh dan andal dalam berbagai kondisi, termasuk dampak dari air liur dan cairan lainnya. Dalam hal ini, Corten Singer, sesama pendiri dan insinyur di Augmental, menegaskan, "Teknologi kita seharusnya bisa membantu kita di manapun kita berada bukan sebaliknya."

Uji coba MouthPad^ telah memberikan hasil positif, membuktikan efektivitasnya dalam skenario penggunaan yang beragam. Mulai dari pengguna dengan kondisi quadriplegia hingga para ahli bedah, gamer, dan astronot, perangkat ini membuka peluang baru untuk pengalaman kontrol yang lebih baik.

Paket MouthPad^ Beta saat ini sudah tersedia di Amerika Serikat, dengan Augmental berkomitmen untuk terus mengembangkan perangkat ini. Dengan harapan untuk mendukung gerakan lebih canggih di masa depan, MouthPad^ tidak hanya menjadi inovasi teknologi yang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.