Sukses

Aksi Aneh Wanita Hanya Bicara Sejam Sehari Selama 32 Tahun, Ini Alasannya

Wanita hemat bicara puluhan tahun.

Liputan6.com, Jakarta Manusia lahir sebagai makhluk sosial. Tiada hari manusia tanpa berinteraksi dengan orang lain. Bahkan ada efek buruk jika tak meluangkan waktu ngobrol dengan orang lain. Namun kali ini aksi seorang wanita hemat bicara jadi sorotan dunia. Wanita itu tak bicara melainkan hanya satu jam sehari. Bahkan aksinya ini sudah berlangsung selama 32 tahun.

Saraswati Devi dikenal sebagai 'Mauni Mata', memulai 'maun vrat' (sumpah diam) pada tahun 1992 setelah suaminya meninggal pada tahun 1986. Aksinya ini bagian dari dedikasinya kepada Dewa Lord Ram dan berziarah membuatnya diperintahkan oleh Mahant Nritya Gopal Das, kepala Ram Janmabhoomi Trust, untuk mengelilingi Gunung Kamtanath.

Pada 6 Desember, hari pembongkaran Masjid Babri, ia bertemu Swami Nritya Gopal Das, kepala kuil terbesar di Ayodhya, dan bersumpah tidak akan berbicara hingga pembangunan kuil Ram selesai.

“Ibu mertua saya berdiam diri selama 23 jam sehari, hanya beristirahat satu jam pada siang hari,” kata seorang menantu perempuan Saraswati Dev.

Berikut Liputan6.com mengulas kisah aksi wanita hanya bicara sejam sehari melansir dari Oddity Central, Jumat (12/1/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komunikasi ke Keluarga Lewat Tulisan

Meski menjaga komitmen tidak berbicara selama 23 jam sehari, wanita India itu berkomunikasi lewat isyarat. Bahkan saking hemat bicara, ia menggunakan secarik kertas untuk menyampaikan pesan ke orang lain.

“Kami berkomunikasi melalui pena dan kertas, memahami bahasa isyaratnya. Dia menuliskan kalimat rumit di selembar kertas,” imbuh menantu Saraswati Devi.

Sumpah diamnya tetap utuh selama 32 tahun, menjadi aksi fenomenal. Meskipun membantu keluarganya dengan jam bicaranya setiap hari, ia bahkan sempat berhenti berbicara sepenuhnya pada tahun 2020 setelah pengumuman pembangunan Ram Mandir oleh Perdana Menteri India Narendra Modi.

Selama tiga dekade lebih, Saraswati Devi menjelajahi kuil-kuil Hindu paling terkemuka di India, mempertahankan sumpah diamnya. Pengabdian yang mendalam ini membuatnya hampir menjadi legenda.

3 dari 3 halaman

Sumpah Hemat Bicara Berakhir

Menariknya, aksi wanita hemat bicara selama 32 tahun bakal segera berakhir. Puncaknya akan terjadi pada 22 Januari, saat ia akan mengakhiri 'maun vrat' dengan mengucapkan kata pertamanya setelah lebih dari 32 tahun.

Dalam mengomentari momen bersejarah ini, Saraswati Devi menyatakan, "Sumpah ini adalah bentuk pengabdian saya kepada Lord Ram. Saya bersyukur bahwa saat kuil di Ayodhya diresmikan, saya dapat kembali berbicara dan mengucapkan 'Ram Naam'."

Aksi fenomenal Saraswati Devi, yang berbicara hanya satu jam sehari selama 32 tahun, menjadi bukti kesetiaannya pada sumpah diamnya. Pada akhirnya, ketika kuil Ram Mandir diresmikan, kata-kata pertamanya akan merayakan momen bersejarah ini, menciptakan kisah yang akan dikenang dalam sejarah spiritual India.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.