Sukses

Susu Ibu Hamil Trimester 1 yang Bisa Atasi Mual, Simak 5 Manfaat Bagi Ibu dan Janin

Susu ibu hamil sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu dan juga janin yang sedang tumbuh kembang di dalam kandungan.

Liputan6.com, Jakarta Kehamilan trimester pertama sering membuat wanita hamil mengalami ketidaknyamanan, dikarenakan banyak faktor penyebab mual seperti perubahan hormon, sensitivitas penciuman yang meningkat, serta kelelahan fisik maupun mental. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat solusi yang dapat membantu mengatasi mual saat hamil, salah satunya adalah dengan mengonsumsi susu.

Susu ibu hamil trimester 1 menjadi makanan yang sangat penting untuk dikonsumsi, karena memiliki  berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan janin yang sedang berkembang. Selain itu, susu juga mengandung kalsium yang dapat membantu memperkuat tulang dan gigi janin. Dalam trimester pertama, kebutuhan kalsium ibu hamil meningkat, sehingga konsumsi susu menjadi sangat dianjurkan.

Susu ibu hamil trimester 1 sangat direkomendasikan oleh tim medis, karena mengandung protein, vitamin D dan zat besi untuk memenuhi kebutuhan tubuh ibu hamil dan janin. Namun, tidak semua jenis susu cocok dikonsumsi oleh ibu hamil pada trimester pertama. Karena itu, penting bagi ibu hamil untuk memilih susu yang tepat.

Susu ibu hamil trimester 1 harus mengandung DHA, yaitu asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak dan penglihatan janin. Selain itu, perhatikan pula jenis susu yang mengandung probiotik. Probiotik adalah mikroorganisme baik yang dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri dalam sistem pencernaan, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Berikut ini manfaat susu ibu hamil trimester 1 yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/3/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengapa Ibu Hamil Harus Meminum Susu?

Selama masa kehamilan, penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan asupan nutrisi yang mencukupi, termasuk konsumsi susu yang berkualitas. Susu merupakan sumber nutrisi penting yang dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dan perkembangan bayi yang dikandungnya. Salah satu pilihan yang direkomendasikan adalah susu yang telah dipasteurisasi.

Proses pasteurisasi melibatkan pemanasan susu pada suhu tinggi, untuk membunuh mikroorganisme yang mungkin terdapat di dalamnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan konsumsi susu bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Dengan demikian, susu yang telah dipasteurisasi memberikan jaminan keamanan tambahan selama masa kehamilan. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Translational Medicine, mengonsumsi susu selama kehamilan telah terbukti bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan nutrisi kalsium dan protein, serta berpotensi meningkatkan berat badan ibu hamil. Studi ini melibatkan partisipasi 100 ibu hamil yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mengonsumsi susu selama kehamilan, sementara kelompok kedua tidak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi susu, memiliki peningkatan berat badan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi susu selama kehamilan. Dari penelitian ini, disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi susu yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil dan menyusui, guna memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan, bukan susu sapi biasa yang dikonsumsi saat tidak sedang hamil. Selama masa kehamilan, ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan dirinya sendiri, serta pertumbuhan dan perkembangan yang optimal bagi janinnya. Selain mengonsumsi makanan bergizi, penting juga bagi ibu hamil untuk memastikan asupan susu khusus ibu hamil yang mengandung DHA tinggi untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), serta nutrisi penting lainnya seperti tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium, dan tinggi seng. Semua ini bertujuan untuk menjaga kesehatan ibu dan daya tahan tubuh selama masa kehamilan.   

3 dari 4 halaman

Beberapa Rekomendasi Susu Ibu Hamil

Prenagen

Prenagen adalah salah satu merek susu ibu hamil yang tersedia dalam kemasan bubuk dan UHT. Produk ini tidak hanya memberikan dukungan nutrisi bagi ibu hamil, tetapi juga cocok untuk dikonsumsi selama masa menyusui. Susu ini hadir dalam berbagai varian rasa, memberikan fleksibilitas bagi ibu hamil untuk memilih sesuai dengan preferensi mereka. Kandungan nutrisi dalam Prenagen meliputi karbohidrat, lemak, protein, serta berbagai vitamin dan mineral penting. Penting untuk dicatat bahwa kandungan zat besi dalam susu ini telah melalui proses mikroenkapsulasi, meningkatkan penyerapannya hingga 3,5 kali lipat lebih baik oleh tubuh. Dengan demikian, Prenagen tidak hanya memberikan nutrisi yang cukup untuk ibu hamil, tetapi juga memastikan penyerapan nutrisi yang optimal.

Anmum Materna

Anmum Materna adalah susu formulasi khusus untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil selama masa kehamilan. Tersedia dalam tiga varian rasa yang menarik, Anmum Materna mengandung berbagai nutrisi penting seperti nuelipid (gangliosida), asam folat, GA dan DHA untuk perkembangan otak janin, serat pangan, kalsium, dan zat besi. Susu ini juga diperkaya dengan berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, C, D3, E, dan vitamin B yang diperlukan selama masa kehamilan.

Lactamil

Lactamil merupakan susu hamil yang telah diperkaya dengan formula ACTIDuobio+ yang dikembangkan melalui riset yang berpengalaman selama lebih dari 40 tahun. Susu ini terdiri dari dua varian, yaitu Lactamil Inisis untuk mengatasi mual dan muntah di awal kehamilan, serta Lactamil Pregnasis untuk mendukung kesehatan ibu hamil secara keseluruhan. Nutrisi penting dalam Lactamil meliputi vitamin B6, vitamin D, zat besi, asam folat, omega 3, dan serat inulin.

Prenagen Lova

Prenagen juga menghadirkan produk susu hamil bernama Lova yang kaya akan asam folat, minyak ikan, ekstrak daun katuk, serta sumber zat besi, kalsium dan vitamin D. Susu ini dirancang untuk dikonsumsi sejak masa kehamilan hingga menyusui, membantu ibu hamil mencegah anemia dan memastikan pertumbuhan bayi yang optimal.

Friso Gold Mom

Friso Gold Mom merupakan susu hamil dan menyusui yang dirancang untuk memberikan nutrisi yang penting bagi kesehatan ibu hamil dan perkembangan otak janin. Kandungan zat besi, kalsium, ALA/LA, asam folat, dan berbagai vitamin membuat Friso Gold Mom menjadi pilihan yang sempurna untuk ibu hamil. Susu ini juga mengandung prebiotik fructo-oligosaccharides (FOS) yang membantu menjaga kesehatan saluran cerna ibu hamil.

Frisian Flag Primamum

Frisian Flag Primamum merupakan pilihan yang cocok untuk ibu hamil dan menyusui. Dengan kandungan 9 asam amino esensial dan 9 nutrisi penting, susu ini membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil dan bayi yang sedang dikandung. Kandungan nutrisi seperti asam folat, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), zat besi, seng, serat pangan inulin, protein, kalsium, dan berbagai jenis vitamin membuat susu ini menjadi pilihan yang optimal untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan perkembangan otak bayi.

Etawa Diamoms

Kombinasi Nutrisi dari Susu Kambing dan Krim Bubuk Etawa Diamoms adalah campuran susu kambing dan krim bubuk yang kaya akan protein, enzim, mineral, vitamin A dan B, flourine, serta asam folat. Susu ini memberikan manfaat besar dalam menguatkan kandungan dan mencegah cacat bawaan pada janin. Dengan izin jual dari Badan Pengawas Obat dan Makanan, susu Etawa Diamoms dapat menjadi pilihan terbaik untuk ibu hamil dan menyusui.

Susu Kedelai Green Soya Tazakka

Susu kedelai merupakan sumber protein nabati yang penting untuk ibu hamil. Susu Kedelai Green Soya Tazakka menggabungkan kandungan nutrisi dari kedelai dengan sari kurma, memberikan tambahan energi dan nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Konsumsi susu ini juga membantu memenuhi kebutuhan vitamin D, kalsium dan zat besi, serta memberikan dukungan untuk perkembangan otak janin. 

4 dari 4 halaman

Manfaat Susu Hamil Bagi Ibu dan Janin

1. Mencegah Anemia

Selama masa kehamilan, tubuh membutuhkan lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan janin. Dalam proses tersebut, produksi sel darah merah memerlukan zat besi dan vitamin B12 (asam folat). Kekurangan kedua nutrisi ini dapat mengganggu pembentukan sel darah merah dan menyebabkan kondisi anemia pada ibu hamil. Anemia yang parah dapat mengganggu kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin, oleh karena itu penting untuk memastikan asupan nutrisi yang cukup, termasuk melalui konsumsi susu ibu hamil yang kaya akan zat besi dan asam folat.

Hipertensi pada kehamilan bisa meningkatkan risiko komplikasi yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Wanita hamil yang memiliki tekanan darah tinggi sebelum hamil, atau memiliki riwayat hipertensi dalam kehamilan sebelumnya berada pada risiko lebih tinggi. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa asupan kalsium yang mencukupi selama kehamilan dapat membantu menurunkan risiko terjadinya hipertensi. Susu ibu hamil menjadi salah satu sumber kalsium baik, yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil selama kehamilan.

3. Mencegah Preeklamsia

Preeklamsia merupakan kondisi serius yang dapat terjadi selama kehamilan dan berpotensi mengancam nyawa ibu hamil dan janin. Kondisi ini ditandai dengan tekanan darah tinggi dan adanya protein dalam urine setelah usia kehamilan 20 minggu. Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan kalsium yang mencukupi selama kehamilan, dapat membantu mencegah preeklamsia. Susu ibu hamil yang mengandung kalsium dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin dengan mengurangi risiko terjadinya preeklamsia.

4. Mencegah Osteoporosis

Selain memberikan manfaat bagi kesehatan ibu selama kehamilan, susu ibu hamil juga penting untuk mencegah osteoporosis di kemudian hari. Kalsium adalah mineral penting yang membantu membangun dan memperkuat tulang. Selama kehamilan, tubuh ibu hamil akan menggunakan kalsium untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Jika asupan kalsium tidak mencukupi, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang ibu hamil, meningkatkan risiko osteoporosis di masa depan. Oleh karena itu, konsumsi susu ibu hamil yang mengandung kalsium dapat membantu menjaga kesehatan tulang ibu hamil dan mencegah risiko osteoporosis di kemudian hari.

5. Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Selain memberikan manfaat bagi kesehatan ibu, susu ibu hamil juga penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Susu ibu hamil mengandung nutrisi penting seperti kalsium, asam folat, omega-3, dan vitamin D yang diperlukan untuk perkembangan tulang, otak, dan sistem saraf janin. Asam folat, misalnya, sangat penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin. Omega-3 membantu perkembangan otak dan mata janin. Konsumsi susu ibu hamil yang kaya nutrisi ini dapat membantu memastikan janin mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.