Sukses

4 Cek Resi J&T Economy yang Mudah dan Cepat, Bisa Tanpa Aplikasi

Layanan J&T Economy menawarkan opsi pengiriman dengan biaya yang lebih terjangkau tanpa mengorbankan kualitas pelayanan.

Liputan6.com, Jakarta Cek resi J&T Economy menjadi salah satu layanan yang banyak digunakan oleh pelanggan untuk memantau status pengiriman paket mereka. Dengan sistem pelacakan yang mudah diakses, pengguna dapat mengetahui posisi paket secara real-time. Hal ini memberikan rasa aman dan kepastian bagi pengirim maupun penerima barang.

Layanan J&T Economy menawarkan opsi pengiriman dengan biaya yang lebih terjangkau tanpa mengorbankan kualitas pelayanan. Meskipun lebih ekonomis, J&T tetap menjaga kecepatan dan keamanan dalam proses pengirimannya. Pengguna bisa memanfaatkan fitur cek resi untuk memastikan bahwa paket mereka tiba tepat waktu dan dalam kondisi baik.

Proses cek resi J&T Economy sangat sederhana dan dapat dilakukan melalui berbagai platform, termasuk website dan aplikasi mobile. Pengguna hanya perlu memasukkan nomor resi yang diberikan saat pengiriman untuk mendapatkan informasi terbaru tentang paket mereka. Kemudahan ini membuat J&T Economy menjadi pilihan favorit bagi banyak orang yang membutuhkan layanan pengiriman paket yang andal dan efisien.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cek resi J&T Economy yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (20/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Cek Resi J&T Economy Via Aplikasi

Cara cek resi J&T Economy adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi J&T. Ikuti langkah berikut ini untuk melakukan cek resi J&T Economy via aplikasi:

  1. Download aplikasi J&T di Play Store atau App Store.
  2. Langkah selanjutnya, anda bisa membuka  aplikasi dan klik "Lacak Resi".
  3. Berikutnya, masukkan nomor resi J&T Economy yang ingin Anda cek.
  4. Informasi paket Anda akan muncul di layar.

2. Cek Resi J&T Economy Via Website

Cara paling mudah selanjutnya yang harus Anda coba untuk cek resi J&T Economy adalah dengan mengunjungi situs resmi J&T. Ini dia langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama, anda bisa membuka situs jet.co.id dan pilih menu "Trace & Track".
  2. Selanjutnya, isi nomor resi paket yang ingin Anda cek di dalam kotak yang tersedia.
  3. Akan muncul tabel yang berisikan detail proses pengiriman dari kota asal ke kota tujuan.
3 dari 5 halaman

3. Cek Resi J&T Economy Via Marketplace

Selanjutnya, cek resi J&T Economy juga bisa dilakukan langsung di marketplace tempat Anda berbelanja. Caranya pun tak jauh berbeda antara satu marketplace dengan yang lain. Berikut caranya:

  1. Langkah pertama, ana bisa membuka situs atau aplikasi marketplace tempat Anda berbelanja.
  2. Selanjutnya, pilih menu "Transaksi" atau menu yang menunjukkan pesanan Anda yang tengah dikirim.
  3. Kemudian, klik barang pesanan Anda yang tengah dikirim tersebut.
  4. Pilih menu "Lihat Detail" atau menu yang merinci detail informasi pesanan Anda.
  5. Akan muncul rincian informasi pengiriman, seperti nomor resi J&T Economy hingga status paket Anda.

4. Cek Resi J&T Economy Via Kantor J&T

Terakhir, Anda juga bisa cek resi J&T Economy via kantor cabang J&T terdekat. Cara ini bisa dipilih jika lokasi Anda dekat dengan kantor cabang J&T. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Datang ke kantor cabang J&T terdekat.
  2. Hubungi petugas terkait dan berikan nomor resi J&T Economy yang ingin Anda cek.
  3. Jika ternyata paket sudah ada di gudang kantor cabang, Anda bahkan bisa langsung mengambilnya tanpa harus menunggu kurir.
4 dari 5 halaman

Layanan Pengiriman J&T

Selain J&T Economy, ada juga J&T Super dan EZ yang bisa Anda coba lain kali. Berikut daftarnya:

1. J&T Super (Cepat)

Sesuai namanya, layanan J&T Super adalah layanan pengiriman tercepat yang dimiliki J&T. Jika Anda menggunakan layanan ini, hanya butuh waktu 1-2 hari dan paket akan tiba. Namun, kecepatan pengiriman berbanding lurus dengan harga yang diberikan. Layanan J&T Super jelas lebih mahal ketimbang J&T Economy yang biasa Anda pakai. Sayang, layanan ini tidak tersedia di seluruh wilayah di Indonesia. Jangkauannya hanya mencakup daerah, seperti Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, Batam, dan Sulawesi.

2. J&T EZ (Reguler)

J&T EZ adalah layanan reguler dengan tarif ongkos kirim yang standar. Tidak semahal J&T Super, tapi tak semurah J&T Economy. Lama pengiriman J&T EZ berkisar antara 2-5 hari. Sebagai perbandingan, tarif pengiriman dengan J&T EZ untuk rute Jakarta-Tangerang berat 1 kg adalah Rp11.000. Hanya selisih Rp4.000 jika dibandingkan dengan tarif layanan J&T Super.

Layanan J&T EZ memiliki keunggulan dalam jangkauan pengiriman. J&T EZ tersedia untuk seluruh daerah di Indonesia. Bahkan, layanan ini mampu mengirimkan paket ke daerah pelosok atau kota kecil.

3. J&T ECO (Ekonomi)

J&T ECO atau Economy adalah layanan pengiriman termurah yang disediakan J&T. Karena murah, pengiriman J&T Economy memakan waktu lebih lama ketimbang dua layanan sebelumnya dengan kisaran 5-14 hari.

Layanan ini juga tak tersedia di seluruh Indonesia, melainkan terbatas untuk pulau Jawa saja dengan tujuan Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Bali. Meski begitu, harganya yang terjangkau tak jarang menjadi pilihan bagi sebagian orang yang tak buru-buru.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pengiriman J&T

Dengan mengetahui jadwal pengiriman J&T, akan lebih memudahkan kita saat akan mengirim barang terutama bagi penjual. Pada umumnya, J&T tidak memiliki jadwal pengiriman khusus, seperti Shopee Express misalnya. Namun, Anda bisa menyesuaikan dengan jam kerja kantor J&T.

Selain itu, Anda juga bisa cek agen atau kurir yang buka setiap hari tanpa libur. Dengan begitu, pengiriman tak akan memakan waktu lama dan bisa sesuai estimasi. Berikut ini jadwal pengiriman J&T , yakni:

  1. Kantor Cabang: Senin-Minggu pukul 08.00-20.00 WIB
  2. Drop Point/Kantor Agen: Senin-Minggu pukul 08.00-20.00 WIB
  3. Kurir Sprinter: Senin-Minggu pukul 08.00-20.00 WIB
  4. Kurir Ekspedisi: Senin-Minggu buka 24 jam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.