Sukses

Makna All Eyes On Rafah yang Jadi Trending Topic, Dukungan Bagi Warga Palestina

All Eyes On Rafah merupakan bentuk seruan untuk seluruh masyarakat dunia agar semua memperhatikan apa yang kini terjadi di Rafah.

Liputan6.com, Jakarta Makna All Eyes on Rafah sebenarnya merupakan sebuah seruan kepada seluruh masyarakat dunia, untuk memperhatikan serangan yang terjadi di daerah Rafah di Gaza, Palestina. Rafah merupakan salah satu wilayah yang sering kali menjadi sasaran serangan yang dilakukan oleh pihak musuh, dan hal ini berdampak pada banyaknya korban sipil yang tak berdosa.

Dalam menyampaikan seruan ini, kata "eyes" digunakan sebagai simbol untuk menggambarkan perhatian dan kepedulian. "All eyes" dengan kata lain mengacu pada semua orang, baik itu pemerintah, lembaga internasional, maupun masyarakat umum. All Eyes on Rafah menggambarkan perhatian dari seluruh dunia, atas serangan-serangan kejam yang dialami oleh Rafah dapat segera dihentikan, dan korban sipil dapat terlindungi.

Serangan yang terus menerus terjadi di Rafah telah menyebabkan kehancuran, penderitaan, dan kehilangan nyawa yang tidak berdosa. Oleh karena itu, masyarakat dunia perlu memahami serta mengenali betapa pentingnya melindungi hak-hak asasi manusia di Gaza, serta memberikan perlindungan kepada penduduk sipil yang hidup dalam ketakutan dan kesulitan yang berkepanjangan.

Melalui seruan All Eyes on Rafah, diharapkan masyarakat dunia dapat membuka mata dan hati, serta turut mengambil langkah dalam mengakhiri konflik yang ada di Gaza, serta memberikan dukungan kepada masyarakat yang sedang mengalami penderitaan akibat serangan yang tak berkeadilan. Semua orang diberikan kesempatan untuk berperan aktif, dalam menjaga dan melindungi kehidupan manusia di Rafah, Gaza, Palestina.

Berikut ini makna All Eyes on Rafah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (29/5/2024). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makna All Eyes On Rafah

Seruan "All Eyes On Rafah" merupakan panggilan kepada seluruh dunia untuk memperhatikan dan memberikan dukungan kepada warga Rafah yang terkena dampak serangan militer Israel.

Serangan tersebut yang terjadi pada Februari 2024, menyoroti eskalasi ketegangan di Rafah, khususnya dalam konteks upaya mediasi untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Hamas yang dimediasi oleh Mesir, AS, dan Qatar. Selain itu, pembebasan tahanan Palestina yang dipenjara oleh Israel juga menjadi bagian penting dari konteks ini.

Pentingnya Rafah sebagai pusat konflik di Gaza juga tercermin dalam sejarah dan geografi kota tersebut. Rafah, sebagai wilayah paling selatan di Gaza, memiliki peran penting sebagai gerbang utara Sinai, menghubungkan Mesir dengan wilayah Levant. Dengan aktivitas perbatasan yang intens dan keberadaan pengungsi dari wilayah lain di Gaza, Rafah menjadi fokus utama perhatian dunia dalam konteks konflik Israel-Palestina.

Melalui seruan "All Eyes On Rafah," diharapkan kesadaran global dapat meningkat tentang situasi yang terjadi di kota tersebut, serta mendorong tindakan nyata untuk membantu dan melindungi warga Rafah yang terkena dampak konflik.

3 dari 3 halaman

Tentang Rafah, Kawasan Pengungsian Bagi Warga Palestina

Dalam tengah-tengah gejolak yang melanda Timur Tengah, sering kali diwarnai oleh konflik yang dipengaruhi oleh kepentingan Barat dan Israel, kita menemukan sebuah sorotan harapan dan doa yang tertuju kepada Rafah. Terletak di perbatasan antara Mesir dan Jalur Gaza, Rafah muncul sebagai simbol kekuatan dan solidaritas warga dunia dalam menghadapi tantangan, menarik perhatian dunia dengan semangatnya yang tak tergoyahkan. 

Rafah adalah sebuah kota kuno yang memiliki sejarah panjang sebagai gerbang Utara Sinai, menghubungkan antara Mesir dengan Levant, yang meliputi wilayah Palestina, Israel, Lebanon, Suriah, dan Yordania. Dengan luas wilayah sekitar 60 kilometer persegi, Rafah telah menjadi pusat perhatian sebagai pusat persimpangan budaya dan sejarah yang kaya. Meskipun demikian, populasi kota ini telah mengalami perubahan yang signifikan. Pada tahun 2021, populasi Rafah mencapai 191 juta jiwa. Namun, perkiraan saat ini menunjukkan bahwa populasi kota ini terdiri dari sekitar 1,5 juta orang Palestina.

Wilayah yang dikenal dalam bahasa Ibrani sebagai 'Rafiah' telah berperan sebagai tempat perlindungan bagi jutaan pengungsi dari wilayah lain di Gaza. Mereka mencari perlindungan di Rafah untuk menghindari serangan dari Israel dan melarikan diri dari kekerasan yang melanda wilayah-wilayah sekitarnya. Blokade yang diberlakukan di Jalur Gaza telah membawa bayangan isolasi dan ketidakstabilan ekonomi atas wilayah tersebut, memperburuk tantangan yang dihadapi oleh penduduknya. Namun, di tengah-tengah semua cobaan ini, masyarakat Rafah telah menunjukkan ketahanan yang luar biasa, membentuk ikatan solidaritas yang melampaui batas-batas.

"All Eyes On Rafah" bukanlah sekadar semboyan kosong, melainkan pengakuan bersama terhadap semangat dan keteguhan warga Gaza dalam menghadapi ketidakadilan. Ini adalah bukti ketahanan masyarakat yang menolak untuk didefinisikan oleh kesulitan yang mereka hadapi. Sebaliknya, mereka memilih untuk merangkul harapan, membentuk masa depan yang penuh dengan janji dan kemungkinan. Di tengah puing-puing konflik dan ketidakpastian tentang masa depan, Rafah menyimpan sinar harapan — sebuah harapan yang melampaui politik dan perbedaan, menyatukan orang dalam visi bersama akan perdamaian dan kemakmuran di seluruh dunia. Ini adalah harapan yang menarik perhatian dunia pada Rafah, mengingatkan kita semua akan kekuatan ketahanan di tengah-tengah kesulitan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.