Sukses

Blogspot adalah Layanan dari Google, Ketahui Fungsi dan Cara Kerjanya

Blogspot adalah salah satu platform penyedia layanan blog yang populer, dimiliki oleh Blogger. Dalam dunia blog, Blogspot menawarkan kelebihan sebagai penyedia subdomain dengan mudah dan gratis.

Liputan6.com, Jakarta Blogspot adalah salah satu platform penyedia layanan blog yang cukup populer di dunia internet. Platform ini dimiliki oleh Blogger, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang layanan blog. Blogspot menyediakan subdomain gratis bagi para pengguna yang ingin memulai blog mereka.

Salah satu kelebihan menggunakan Blogspot adalah kemudahan dalam penggunaannya. Platform ini memiliki antarmuka yang sederhana dan user-friendly, sehingga tidak memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam. Bahkan, bagi pemula sekalipun dapat dengan mudah membuat dan mengelola blog mereka di Blogspot.

Selain itu, Blogger sebagai pemilik Blogspot juga menawarkan berbagai fitur dan alat bantu yang berguna. Misalnya, pengguna bisa memilih template dari berbagai pilihan yang telah disediakan, mengedit tata letak blog, menambahkan widget dan lain sebagainya.

Untuk membuat blog di Blogspot, pengguna hanya perlu memiliki akun Google dan mengikuti beberapa langkah sederhana. Setelah memiliki akun Google, pengguna bisa masuk ke Blogger dan mulai membuat blog mereka dengan mengisi judul, alamat subdomain dan memilih template yang diinginkan.

Berikut ini cara membuat blogspot dan fungsinya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/5/2024). 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sekilas Tentang Blogspot

Blogspot adalah layanan yang disediakan oleh Google untuk membantu pengguna membuat blog secara gratis. Layanan ini sudah lengkap dengan hosting dan domain yang disediakan oleh Google. Pengguna Google dapat memanfaatkan akun mereka, untuk mewujudkan blog impian dengan beberapa langkah mudah. Jika Anda memiliki akun Google, Anda bisa langsung membangun blog Anda sendiri dengan cepat dan mudah.

Blogspot pertama kali diperkenalkan pada tanggal 23 Agustus 1999 oleh Pyra Labs sebagai pemilik awalnya. Dikenal dengan domain blogspot.com, media online ini kemudian diakuisisi oleh Google pada Februari 2003. Akuisisi ini membuat Blogspot semakin nyaman digunakan oleh penggunanya. Google melakukan berbagai perubahan demi perbaikan, menjadikan Blogspot sebagai salah satu produk andalan mereka. Blogspot adalah tempat bagi para penulis untuk menyampaikan beragam ide melalui aplikasi yang bersifat open source.

Sebelum diakuisisi oleh Google, Blogspot merupakan layanan berbayar yang dikomersialkan oleh Pyra Labs. Namun, setelah diakuisisi oleh Google, Blogspot menjadi layanan yang sepenuhnya gratis. Google terus memperbaiki layanan ini hingga menjadi seperti sekarang. Pada tahun 2010, Google memperkenalkan berbagai template baru untuk Blogspot, memudahkan pengguna dalam menggunakannya. Pada Februari 2013, Blogspot mulai mengintegrasikan penggunanya dengan domain sesuai negaranya, seperti blogspot.com yang menjadi blogspot.co.id di Indonesia.

Blogspot, juga dikenal dengan nama Blogger, adalah platform yang dapat membantu siapa saja membangun entitas online. Blogger adalah merek dagang dari Google yang diciptakan, untuk mempermudah pengguna dalam membuat dan mengelola blog. Platform ini memiliki antarmuka yang intuitif, sehingga mudah digunakan baik untuk membuat catatan pribadi maupun untuk berbagi informasi dengan banyak orang di seluruh dunia.

 

3 dari 4 halaman

Fungsi Blogspot

1. Sarana Branding

Pertama-tama, fungsi utama Blogspot adalah sebagai sarana branding. Menggunakan blog untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) sangat efektif, terutama bagi para pebisnis dan profesional. Semakin sering blog Anda dikunjungi, semakin tinggi perhatian calon konsumen terhadap produk atau karya Anda. Sebagai contoh, seorang profesional yang rutin mengunggah tulisan menarik akan dikenal sebagai ahli di bidangnya. Dengan demikian, pembaca tidak akan ragu untuk menggunakan jasa Anda. Blogspot juga sangat tepat untuk pebisnis. Dengan mengunggah berbagai konten menarik di blog, produk Anda akan semakin dikenal oleh calon pembeli. Jika Anda bisa mengelola blog dengan baik, pembaca blog bisa berubah menjadi pelanggan tetap untuk usaha Anda.

2. Portofolio Online

Selain sebagai sarana branding, Blogspot juga berfungsi sebagai portofolio online. Dengan mengunggah berbagai konten yang menunjukkan keahlian Anda, kesadaran merek dari jasa Anda akan meningkat. Blogspot dapat menjadi tempat untuk memamerkan berbagai karya dan proyek yang pernah Anda kerjakan sebelumnya, sehingga calon klien akan merasa tertarik menggunakan jasa Anda. Sebagai seorang profesional, memiliki portofolio online yang terstruktur dan mudah diakses adalah keunggulan. Ini memberi calon klien gambaran tentang kualitas kerja Anda dan membuat mereka lebih percaya untuk bekerja sama dengan Anda.

3. Media Promosi Produk dan Jasa

Sebanyak 70% calon pembeli lebih memilih untuk melihat produk melalui artikel daripada iklan. Oleh karena itu, Blogspot adalah solusi yang tepat untuk menulis berbagai artikel dan tutorial tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan. Melalui artikel-artikel ini, Anda dapat memberikan informasi mendalam tentang keunggulan produk atau jasa Anda, serta cara penggunaannya. Ini tidak hanya menarik minat pembeli tetapi juga membangun kepercayaan. Menulis artikel yang informatif dan bermanfaat, dapat membantu Anda menarik perhatian audiens yang lebih luas dan mengubah pembaca menjadi pelanggan potensial.

4. Sarana Publikasi

Fungsi lain dari Blogspot adalah sebagai sarana publikasi untuk berbagai tulisan atau karya Anda. Dengan menggunakan Blogspot, Anda dapat membagikan pengetahuan dan keahlian Anda kepada khalayak luas, yang pada gilirannya akan meningkatkan reputasi Anda sebagai seorang ahli di bidang tersebut. Untuk pebisnis, Blogspot dapat menunjukkan eksistensi usaha Anda tanpa harus menggunakan media promosi yang mahal. Dengan konten yang konsisten dan berkualitas, Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan Anda. Blogspot menyediakan platform yang fleksibel dan mudah digunakan untuk semua orang, baik untuk kepentingan pribadi maupun profesional. Dengan memanfaatkan berbagai fitur yang ditawarkan, Anda dapat meningkatkan brand awareness, membangun portofolio online, mempromosikan produk dan jasa, serta mempublikasikan berbagai karya dengan efektif. 

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Blogspot

1. Cara Membuat Blogspot di PC

Sebelum memulai proses membuat blog di PC, pastikan Anda sudah memiliki akun Google. Jika belum, buat akun Google terlebih dahulu. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Mulailah dengan membuka halaman browser di PC atau laptop Anda. Ketik www.blogger.com pada kolom alamat website dan tekan Enter.
  2. Setelah halaman Blogger terbuka, klik tombol "Create Your Blog". Ini akan memulai proses pembuatan blog baru.Langkah
  3. Masukkan alamat akun Gmail Anda. Akun ini akan otomatis tersambung dengan akun Google Anda.
  4. Anda akan diarahkan untuk mengisi profil pada blog Anda. Jika belum ingin mengisi profil saat itu, Anda bisa melewatinya dan mengisinya nanti.
  5. Setelah mengisi profil atau melewatinya, Anda akan masuk ke dashboard. Di sini, Anda dapat mengatur segala keperluan blog seperti judul blog, alamat blog, dan tema atau template yang ingin Anda gunakan.
  6. Pilih alamat blog yang diinginkan. Anda bisa memilih domain berbayar atau yang gratis, sesuai kebutuhan Anda.
  7. Kembali ke dashboard dan mulailah menuliskan konten untuk blog Anda. Setelah selesai, klik "Publish" untuk mengunggah tulisan Anda ke blog.
  8. Untuk melihat tampilan blog Anda setelah diatur dan membuat sebuah post, klik "Visit Blog" atau ketikkan alamat blog Anda di kolom alamat website pada browser.

2. Cara Membuat Blogspot di HP

Membuat blogspot di HP sedikit berbeda dari di PC, tetapi tetap memerlukan akun Google. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi ‘Blogger’ melalui Play Store atau App Store, tergantung jenis HP yang Anda gunakan.
  2. Setelah selesai mengunduh, buka aplikasi Blogger dan masukkan alamat Gmail yang akan Anda gunakan.
  3. Daftar blogspot menggunakan akun Gmail dan password yang Anda miliki.
  4. Setelah masuk ke aplikasi, Anda akan diarahkan untuk mengisi dan mengedit profil Anda. Klik tombol untuk membuat blog baru.
  5. Ketika halaman untuk membuat blog baru muncul di layar HP Anda, tuliskan alamat blog. Pastikan alamat tersebut belum dipakai oleh pengguna lain.
  6. Setelah menuliskan judul dan alamat blog, mulailah mendesain blog dengan template blogspot agar lebih menarik.
  7. Mulailah membuat konten untuk mengisi blog Anda.Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan bisa membuat blog di Blogspot baik melalui PC maupun HP dengan mudah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.