Sukses

Cara Unik Orang Tua Bedakan Anak Kembar Identiknya, Warnai Kuku sampai Beri Label

Dari menggunakan kaus kaki berwarna untuk membedakan hingga menandai mereka dengan cat kuku atau spidol.

Liputan6.com, Jakarta Membedakan anak kembar identik bisa menjadi pekerjaan yang sangat menantang, terutama ketika mereka masih bayi. Bahkan orang tua mereka kadang membutuhkan bantuan untuk membedakan anak-anak mereka. Dalam sebuah komunitas 'Ask Reddit' para orang tua anak kembar identik baru-baru ini membagikan metode mereka untuk membedakan anak-anak mereka.

Dari menggunakan kaus kaki berwarna untuk membedakan hingga menandai mereka dengan cat kuku atau spidol. Beberapa cara mereka tidak hanya berguna tetapi juga menghibur. Dr. Barbara Klein, penulis Twin Dilemmas: Changing Relationships Throughout the Lifespan, pun mengatakan bahwa meskipun orang tua memiliki ikatan emosional yang kuat dengan anak-anak mereka, memori visual dapat menjadi tantangan ketika membedakan anak kembar identik.

Dr. Kerry Jang, Profesor di departemen Psikiatri di The University Of British Columbia dan ahli dalam penelitian tentang kembar menambahkan bahwa meskipun anak kembar identik memiliki DNA yang sama, mereka tetap memiliki perbedaan kecil dalam perilaku dan preferensi yang bisa dikenali oleh orang tua seiring waktu. Berikut cara-cara unik para orang tua membedakan anak kembar identiknya yang Liputan6.com lansir dari laman boredpanda.com, Sabtu (1/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Ciri Fisik yang Berbeda

Salah satu orang tua menyebutkan bahwa salah satu anaknya memiliki mata yang sedikit kehijauan dan rambut cokelat serta selalu tidur di sisi kanan. Ini membuatnya mudah dikenali dibandingkan saudaranya yang memiliki perbedaan fisik yang jelas.

Beberapa anak kembar memiliki tanda lahir atau perbedaan fisik kecil lainnya, seperti bekas luka, yang dapat membantu orang tua membedakan mereka. Misalnya, satu anak mungkin memiliki tanda lahir kecil atau perbedaan warna mata yang mencolok.

2. Cat Kuku

Pada tahun 90-an, banyak orang tua menggunakan tetesan kecil cat kuku pada jari kaki untuk membedakan anak kembar mereka. Ini dilakukan dengan hati-hati agar anak-anak tidak memasukkan kaki mereka ke mulut. Selain itu, mengenakan pakaian dengan warna berbeda dan sering menggunakan nama anak secara individual juga membantu mereka mengenali anak masing-masing lebih cepat.

3. Aksesori dan Pakaian

Di rumah sakit, seringkali bayi kembar diberi topi dengan label seperti Baby A dan Baby B, serta gelang identifikasi. Seorang ibu bahkan menandai telapak kaki bayinya dengan titik menggunakan spidol untuk memastikan mereka tidak tertukar. 

Pada awalnya, gelang rumah sakit dan cetakan kaki sering digunakan oleh orang tua untuk memastikan mereka bisa mengenali anak-anak mereka.Setelah beberapa hari, orang tua mulai mengenali perbedaan kecil dalam penampilan dan perilaku anak-anak mereka.

3 dari 3 halaman

4. Kode Warna

Menggunakan kode warna menjadi solusi populer bagi banyak orang tua. Satu anak selalu mengenakan pakaian biru, sementara yang lain mengenakan pakaian hijau. Ini tidak hanya membantu orang tua dan orang lain membedakan mereka, tetapi juga membantu anak-anak mengembangkan identitas mereka sendiri seiring waktu.

Beberapa orang tua menggunakan kaus kaki dengan pola berbeda atau gelang dengan nama terukir untuk membedakan anak kembar mereka. Ini menjadi cara yang efektif dan praktis untuk menghindari kebingungan.

5. Nama yang Sama

Seorang orang tua mengaku memberikan nama yang sama kepada kembarannya agar tidak perlu membedakan mereka, meskipun ini adalah metode yang cukup tidak lazim.

Anak kembar sering kali mengembangkan perilaku dan preferensi yang berbeda. Misalnya, satu anak mungkin lebih aktif atau lebih suka mainan tertentu. Pengamatan terhadap kebiasaan dan kecenderungan ini bisa sangat membantu dalam membedakan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.