Sukses

Perusahaan Ini Ciptakan Sendok Pintar Penambah Rasa, Unik Banget

Pengguna sendok pintar bisa kurangi pemakaian garam.

Liputan6.com, Jakarta Memasak menjadi salah satu hobi yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Terlebih, saat memasak kamu juga bisa menyesuaikan rasa sesuai dengan keinginan.

Namun, terkadang ada pula momen saat masakan yang dimasak memiliki rasa yang tak sesuai. Tentu saja, pada saat itu kamu akan memilih menambahkan garam ataupun gula untuk menyesuaikan rasa. Meski terkadang hasil masakannya bisa berakhir dengan baik, namun tak jarang pula masakannya justru memiliki rasa yang semakin tak biasa.

Dilansir Liputan6.com dari Oddity Central, Sabtu (1/6/2024) sebuah perusahaan di Jepang menciptakan teknologi baru yang tak biasa. Perusahaan teknologi Jepang ini diketahui menciptakan sendok pintar penambah rasa bernama Elecispoon.

Sendok pintar ini pun menjadi viral di media sosial. Bahkan, klaimnya sendok tersebut bisa membuat makanan menjadi lebih enak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantu kurangi garam

Para peneliti di perusahaan teknologi tersebut diketahui tengah mengembangkan teknologi sendok pintar. Para peneliti diketahui tengah bekerja sama dengan ilmuwan di Universitas Meiji untuk mengembangkan peralatan dapur.

Dalam pengembangannya, para peniliti dan ilmuwan pun menciptakan senok pintar yang bisa membuat makanan terasa lebih asin dan enak dibanding sebelumnya. Perusahaan Kirin Technology diketahui berhasil menciptakan teknologi sendok pintar bernama Elecispoon. Sendok ini pun disebut-sebut mampu membantu masyarakat menjadi lebih sehat dengan mengurangi garam pada makanan.

3 dari 3 halaman

Cara kerja sendok pintar

Dilansir Liputan6.com dari Oddity Central, Sabtu (1/6/2024), cara kerja sendok pintar ini pun terbilang praktis. Pasalnya, ujung sendok tersebut memiliki mekanisme yang mampu menyalurkan muatan listik ke makanan serta sekitar lidah. Pada proses ini pula menyebabkan ion natrium pada makanan berkumpul hingga mampu menghasilkan rasa asin yang lebih kuat.

Elecispoon memiliki empat pengaturan intensitas listrik. perusahaan Jepang tersebut mengklaim bahwa pengaturan tertinggi pun tidak cukup kuat untuk menimbulkan sensasi mengejutkan atau bahkan kesemutan.

Sendok pintar ini pun mulai dijual pada awal Juni 2024 di Jepang dengan harga sekitar 19.800 yen atau sekitar Rp 2 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.