Sukses

Cara Melihat Sertifikat Vaksin di Aplikasi Satu Sehat dan Website Resminya

Pemerintah Indonesia telah mentransisikan layanan dari PeduliLindungi ke SATUSEHAT.

Liputan6.com, Jakarta - Cara melihat sertifikat vaksin COVID kini dapat dilakukan melalui aplikasi Satu Sehat. Pemerintah Indonesia telah mentransisikan layanan dari PeduliLindungi ke SATUSEHAT, menyediakan platform yang lebih terintegrasi dan mudah digunakan.

Saat ini, cara melihat sertifikat vaksin COVID di website resmi Satu Sehat belum tersedia. Pengguna harus menggunakan aplikasi untuk mengakses informasi vaksinasi mereka.

Masyarakat sebelumnya dapat dengan mudah mengakses sertifikat vaksin COVID melalui website PeduliLindungi. Pengguna hanya perlu login atau mendaftar, kemudian mengikuti beberapa langkah sederhana untuk melihat dan mengunduh sertifikat vaksin. Namun, dengan peluncuran aplikasi SATUSEHAT Mobile, proses ini sekarang terpusat melalui aplikasi, membuat akses informasi lebih efisien dan terstruktur.

Mengetahui cara melihat sertifikat vaksin COVID di aplikasi Satu Sehat sangat penting untuk memastikan akses mudah ke bukti vaksinasi yang valid. Hal ini sering diperlukan untuk keperluan administratif dan perjalanan.

Berikut Liputan6.com ulas cara melihat sertifikat vaksin COVID yang dimaksudkan, Selasa (4/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Melihat Sertifikat Vaksin di Aplikasi Satu Sehat

Cara melihat sertifikat vaksin COVID di aplikasi Satu Sehat adalah proses yang mudah dilakukan melalui beberapa langkah sederhana. Aplikasi Satu Sehat memudahkan pengguna untuk mengakses dan mengunduh sertifikat vaksinasi mereka, baik itu sertifikat vaksin COVID-19 maupun jenis vaksin lainnya.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk mengunduh sertifikat vaksin di aplikasi Satu Sehat melansir dari situs webiste resminya.

1. Login SATUSEHAT Mobile

Buka aplikasi Satu Sehat dan masukkan kredensial login Anda untuk mengakses akun. Pastikan informasi yang dimasukkan benar agar Anda dapat masuk dengan sukses.

2. Pilih Menu ‘Vaksin dan Imunisasi’

Setelah login, navigasikan ke menu utama dan cari opsi 'Vaksin dan Imunisasi'. Menu ini akan membawa Anda ke halaman di mana semua informasi terkait vaksinasi disimpan.

3. Pilih ‘Sertifikat Vaksin & Imunisasi’

Dalam menu 'Vaksin dan Imunisasi', pilih 'Sertifikat Vaksin & Imunisasi'. Di sini, Anda akan menemukan berbagai sertifikat vaksinasi yang tersedia untuk Anda.

4. Pilih ‘Vaksin dan Imunisasi Rutin’ atau ‘Vaksin dan Imunisasi Lainnya’

Untuk sertifikat imunisasi rutin seperti untuk bayi atau anak-anak, pilih 'Vaksin dan Imunisasi Rutin'. Untuk sertifikat vaksin COVID-19 atau vaksin lainnya seperti Meningitis, pilih 'Vaksin dan Imunisasi Lainnya'. Langkah ini adalah bagian penting dari cara melihat sertifikat vaksin COVID di aplikasi Satu Sehat.

5. Pilih Kotak dengan Nama Anda

Setelah memilih kategori vaksin, Anda akan melihat kotak dengan nama Anda. Klik kotak ini untuk melanjutkan.

6. Pilih Sertifikat yang Akan Anda Unduh

Anda akan diberi pilihan untuk mengunduh sertifikat "COVID-19" atau "Non-COVID-19". Pilih sesuai dengan jenis sertifikat yang Anda butuhkan.

7. Klik ‘Unduh Sertifikat’

Setelah sertifikat muncul di layar, klik tombol ‘Unduh Sertifikat’ untuk menyimpan dokumen ke perangkat Anda.

Untuk hasil unduhan, Anda dapat melakukan pengecekan dokumen sertifikat pada:

Folder file pada iOS: Buka aplikasi file manager di perangkat iOS Anda dan periksa folder unduhan atau folder lainnya yang relevan.

Folder file/download pada Android: Di perangkat Android, buka aplikasi file manager dan periksa folder download untuk menemukan sertifikat yang diunduh.

Mengikuti langkah-langkah ini, cara melihat sertifikat vaksin COVID di aplikasi Satu Sehat menjadi sangat mudah dan praktis.

 

3 dari 3 halaman

Cara Melihat Sertifikat Vaksin di Website Satu Sehat

Setelah peluncuran SATUSEHAT Mobile, masyarakat kini mulai mencari cara melihat sertifikat vaksin di website Satu Sehat. Sebelumnya, sertifikat vaksin COVID-19 dapat dengan mudah diakses melalui website resmi PeduliLindungi tanpa perlu mengunduh aplikasi. Namun, dengan transisi PeduliLindungi menjadi SATUSEHAT, proses ini mengalami perubahan signifikan.

Untuk mengakses sertifikat vaksin melalui PeduliLindungi, pengguna dapat membuka situs resmi di pedulilindungi.id dan mencari tautan "Cek Sertifikat." Setelah mengklik tautan tersebut, mereka harus login atau mendaftar akun baru dengan memasukkan nomor telepon atau email yang digunakan untuk pendaftaran.

Setelah berhasil login, pengguna akan menerima kode OTP melalui SMS untuk verifikasi. Kemudian, mereka dapat memilih menu "Sertifikat Vaksin" untuk melihat dan mengunduh sertifikat vaksin mereka.

Namun, saat ini, cara melihat sertifikat vaksin di website Satu Sehat belum tersedia seperti sebelumnya di PeduliLindungi. Menghimpun informasi dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, pada Selasa (4/6/2024) SATUSEHAT Mobile adalah platform utama yang digunakan untuk mengakses sertifikat vaksin.

Meskipun SATUSEHAT Platform membuka kesempatan bagi seluruh pihak untuk melakukan registrasi dan uji coba integrasi melalui satusehat.kemkes.go.id, fitur untuk melihat sertifikat vaksin belum tersedia di website tersebut.

SATUSEHAT Mobile menawarkan berbagai fitur termasuk akses ke sertifikat vaksin, namun semuanya melalui aplikasi mobile. Pengguna yang ingin melihat sertifikat vaksin harus mengunduh dan menggunakan aplikasi SATUSEHAT Mobile. Bagi yang belum terbiasa dengan aplikasi mobile, ini mungkin menjadi tantangan, tetapi Kementerian Kesehatan RI menyediakan panduan dan dukungan untuk memudahkan transisi ini.

Dalam keterangan resminya, dinyatakan bahwa dalam portal tersebut juga tersedia playbook bagi fasilitas layanan kesehatan untuk menyesuaikan standar interoperabilitas dan integrasi data. Ini mencakup modul interoperabilitas, master data pasien, master data tenaga kesehatan, serta browser terminologi dan Kamus Farmasi dan Alat Kesehatan (KFA).

Meskipun cara melihat sertifikat vaksin di website SATUSEHAT belum bisa dilakukan, aplikasi SATUSEHAT Mobile tetap menyediakan solusi lengkap untuk kebutuhan vaksinasi masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.