Sukses

Doa Habis Adzan, Baca Usai Mendengar Panggilan Sholat untuk Mendapatkan Keutamaannya

Doa habis adzan merupakan doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca oleh setiap muslim setelah mendengar adzan.

Liputan6.com, Jakarta Adzan merupakan panggilan suci bagi umat muslim untuk melaksanakan shalat. Panggilan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengingatkan umat muslim akan kewajiban shalat kepada Allah SWT. Saat mendengar adzan, umat muslim sebaiknya merespon dengan segera menuju masjid atau tempat shalat untuk memperoleh keberkahan.

Setelah mendengar adzan, seorang muslim sebaiknya membaca doa habis adzan. Doa ini berisi permohonan ampunan, pengampunan dosa, dan kemuliaan hidup di dunia dan akhirat. Pentingnya membaca doa ini adalah sebagai bentuk ucapan syukur, karena telah diberi kesempatan untuk melaksanakan shalat sebagai ibadah yang sangat ditekankan dalam agama Islam.

Doa habis adzan juga memuat permohonan keselamatan, keberkahan, dan perlindungan. Dengan membaca doa ini, umat muslim berharap agar dapat melaksanakan shalat dengan khusyuk dan tanpa ada gangguan dari setan dan kejahatan.

Doa habis adzan merupakan doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca oleh setiap muslim setelah mendengar adzan. Dengan membaca doa ini, umat muslim diharapkan dapat memperoleh keberkahan dan perlindungan dalam melaksanakan ibadah shalat.

Berikut adalah doa habis adzan, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (6/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jawaban Kalimat Adzan

Doa Habis Adzan adalah doa yang sangat penting bagi umat Islam setelah mendengar panggilan adzan. Umat Islam dianjurkan untuk menjawab panggilan shalat tersebut dengan berbagai kalimat yang telah ditentukan. Berikut aturan dan bacaan menjawab adzan yang dapat dipahami.

Ketika muadzin mengucapkan:

اللّهُ‏ أَکْبَرُ، اللّهُ‏ أَکْبَر.

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar.

Kita menjawab dengan mengucapkan hal yang sama, Allahu Akbar, Allahu Akbar.

Ketika muadzin mengucapkan:

أَشْهَدُ أَنْ لا إِلٰهَ إلّا اللّهُ

Asyhadu allaa illaaha illallaah.

Kita menjawab dengan mengucapkan hal yang sama, Asyhadu allaa illaaha illallaah.

Ketika muadzin mengucapkan:

أَشْهَدُ أنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللّهِ

Asyhadu anna Muhammadar Rasuulullah.

Kita menjawab dengan mengucapkan hal yang sama, Asyhadu anna Muhammadur Rasulullah.

Ketika muadzin mengucapkan:

حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ (٢x)

حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ (٢x)

"Hayya 'alashshalaah (2x) Hayya 'alalfalaah (2x)"

Untuk menjawab bagian ini, kita menjawabnya dengan mengucapkan:

لاحول ولاقوّة الاّ بالله

"Laa haula walaa quwwata illa billahi."

Artinya: “Tidak ada daya upaya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah.”

Ketika muadzin mengucapkan:

اللّهُ‏ أَکْبَرُ، اللّهُ‏ أَکْبَر.

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar.

Kita menjawab dengan mengucapkan hal yang sama, Allahu Akbar, Allahu Akbar.

Ketika muadzin mengucapkan

لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ

La ilaha illallah.

Kita menjawab dengan mengucapkan hal yang sama, La ilaha illallah.

 

3 dari 5 halaman

Doa Habis Adzan

Doa Habis Adzan adalah doa yang dibaca setelah adzan, sebagai tanda bahwa salat telah dilaksanakan. Doa ini memiliki arti yang penting dan memiliki sejumlah manfaat bagi umat muslim. Berikut doa habis adzan lengkap dengan artinya,

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ اِنَكَ لاَ تُخْلِفُ اْلمِيْعَاد

Allahumma rabba haadzihid da'watit taammah. Wash shalaatil qaa-imah. Aati muhammadal wasiilata wal fadhiilah, wab'atshu maqoomam mahmuudal ladzii wa'adtahu innaka la tukhliful mi'ad.

Artinya: "Ya Allah, Tuhan yang memiliki panggilan ini, yang sempurna dan memiliki salat yang didirikan. Berilah Nabi Muhammad wasilah dan keutamaan, serta kemuliaan dan derajat yang tinggi, dan angkatlah ia ke tempat yang terpuji sebagaimana yang Engkau telah janjikan."

 

4 dari 5 halaman

Doa Habis Adzan Magrib

Doa Habis Adzan Maghrib adalah doa yang dianjurkan bagi seorang Muslim setelah mendengarkan adzan Maghrib. Doa ini dapat menambah keberkahan dalam waktu tersebut dan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah adzan Maghrib adalah sebagai berikut:

اللّٰهُمَّ هَذَا إِقْبَالُ لَيْلِكَ وإدْبَارُ نَهَارِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ فَاغْفِرْ ليْ

Allahumma hadza iqbalu lailika wa idbaru naharika wa ashwatu du'aika faghfir lii.

"Ya Allah, ini telah menjelang malamMu, dan telah berlalu siangMu, telah diserukan seruanMu, maka ampunilah aku."

Usai mendengar adzan seorang muslim dianjurkan melakukan tiga hal ini seperti hadist dari Rasulullah SAW.

إِذَا سَمِعْتُمُ الْمُؤَذِّنَ فَقُولُوا مِثْلَ مَا يَقُولُ ثُمَّ صَلُّوا عَلَىَّ فَإِنَّهُ مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا ثُمَّ سَلُوا اللَّهَ لِىَ الْوَسِيلَةَ فَإِنَّهَا مَنْزِلَةٌ فِى الْجَنَّةِ لاَ تَنْبَغِى إِلاَّ لِعَبْدٍ مِنْ عِبَادِ اللَّهِ وَأَرْجُو أَنْ أَكُونَ أَنَا هُوَ فَمَنْ سَأَلَ لِىَ الْوَسِيلَةَ حَلَّتْ لَهُ الشَّفَاعَةُ

Artinya: "Jika kalian mendengar muadzin, maka ucapkanlah seperti apa yang diucapkan oleh muadzin. Kemudian bershalawatlah untukku. Karena siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat padanya (memberi ampunan padanya) sebanyak sepuluh kali. Kemudian mintalah wasilah pada Allah untukku. Karena wasilah itu adalah tempat di surga yang hanya diperuntukkan bagi hamba Allah, aku berharap akulah yang mendapatkannya. Siapa yang meminta untukku wasilah seperti itu, dialah yang berhak mendapatkan syafa'atku." (HR Muslim).

 

5 dari 5 halaman

Keutamaan Membaca Doa Habis Adzan

Keutamaan membaca doa habis adzan sangat penting bagi umat muslim. Doa ini membawa berbagai manfaat yang luar biasa bagi mereka yang menjalankannya dengan konsisten. Pertama, membaca doa ini akan mendapatkan syafaat atau pertolongan dari Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana sabda Rasulullah, syafaat adalah suatu anugerah yang diidamkan oleh semua umat muslim. Hanya dengan mendapatkan syafaat, seseorang dapat masuk ke Surga.

Keutamaan kedua dari membaca doa setelah adzan adalah doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT. Doa yang dibaca di antara azan dan iqamah memiliki tingkat kekhususan yang membuatnya lebih mudah dikabulkan. Ini menunjukkan betapa pentingnya waktu ini untuk berdoa.

Selain itu, membaca doa setelah adzan juga menjadi saksi bagi muadzin yang telah mengumandangkan adzan. Seorang muadzin sangat memerlukan saksi atas tugas yang dilakukannya. Doa yang dibaca setelah adzan bisa menjadi bukti bahwa adzan tersebut telah benar-benar dikumandangkan.

Inilah keutamaan-keutamaan yang bisa diperoleh dengan membaca doa setelah adzan. Sebagai umat muslim, penting sekali bagi kita untuk mengamalkan doa ini secara rutin agar bisa mendapatkan manfaatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.