Sukses

Cara Menggunakan Google Translate Camera, Perhatikan Langkah-langkahnya

Salah satu bagian yang menarik yaitu Google Translate camera, adalah fitur untuk menerjemahkan teks dari gambar atau foto.

Liputan6.com, Jakarta Google Translate adalah salah satu alat penerjemahan daring paling populer yang memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan teks dari bahasa asing ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. Kelebihan utama layanan ini adalah kemudahan penggunaannya. Pengguna hanya perlu mengetikkan kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan, memilih bahasa sumber dan bahasa target, lalu hasil terjemahan akan muncul secara instan.

Salah satu bagian yang menarik yaitu Google Translate camera, adalah fitur untuk menerjemahkan teks dari gambar atau foto. Dengan hanya memotret teks yang ingin diterjemahkan menggunakan kamera ponsel, pengguna dapat dengan cepat mendapatkan hasil terjemahan tanpa perlu mengetik teks tersebut. Google Translate camera sangat berguna untuk situasi di mana teks tidak dapat disalin secara langsung, seperti teks pada papan tulis, menu, atau tanda-tanda jalan.

Google Translate camera menjadi alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna dalam menerjemahkan teks dari bahasa asing ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. Namun, disarankan untuk tetap memeriksa hasil terjemahan dengan hati-hati terutama untuk konteks yang penting atau formal. Berikut cara mengunakan Google Translate camera di perangkat Android dan IOS yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Google Translate Camera di Perangkat Android

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan fitur kamera Google Translate di perangkat Android.

  1. Mulailah dengan membuka aplikasi Google Translate di perangkat Android Anda. Pastikan aplikasi ini sudah diunduh dan diinstal sebelumnya.
  2. Setelah aplikasi terbuka, Anda akan melihat dua kotak bahasa di bagian atas layar. Kotak sebelah kiri adalah bahasa asal (dari mana Anda akan menerjemahkan teks), dan kotak sebelah kanan adalah bahasa target (ke mana teks akan diterjemahkan).
  3. Ketuk kotak bahasa sebelah kiri untuk memilih bahasa asal atau ketuk deteksi bahasa untuk secara otomatis mendeteksi bahasa dari teks yang akan diterjemahkan.
  4. Selanjutnya, ketuk kotak bahasa sebelah kanan untuk memilih bahasa target atau bahasa yang ingin Anda terjemahkan teks tersebut.
  5. Di bagian bawah kotak teks, Anda akan melihat ikon kamera. Ketuk ikon ini untuk menggunakan fitur kamera Google Translate.
  6. Jika Anda ingin menerjemahkan teks secara instan, ketuk "Instan" di bagian atas layar setelah memilih bahasa dan mengaktifkan kamera.
  7. Jika Anda ingin menerjemahkan hanya sebagian teks dari gambar, ketuk "Pindai" > "Klik ikon bulat di atas ikon Pindai" > gunakan jari Anda untuk menandai teks yang ingin diterjemahkan atau pilih semua teks yang ingin Anda terjemahkan.
  8. Jika Anda ingin menerjemahkan dari foto yang sudah ada sebelumnya di galeri, ketuk "Impor" di bagian kanan bawah.
  9. Setelah Anda memilih teks dengan kamera atau mengimpor foto, Google Translate akan mulai menerjemahkan teks tersebut secara otomatis.
  10. Anda dapat melihat terjemahan di bagian bawah layar. Geser layar ke atas untuk melihat teks asli dan terjemahan bersama-sama.
  11. Untuk menerjemahkan lebih banyak teks atau teks lain, ulangi langkah-langkah di atas.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menggunakan fitur kamera Google Translate untuk menerjemahkan teks dari gambar secara cepat dan mudah menggunakan perangkat Android Anda.

3 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Google Translate Camera di Perangkat iOS

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan fitur kamera Google Translate di perangkat iOS (iPhone dan iPad).

  1. Mulailah dengan membuka aplikasi Google Translate di perangkat iOS Anda. Pastikan aplikasi ini sudah diunduh dan diinstal sebelumnya.
  2. Setelah aplikasi terbuka, Anda akan melihat bagian bawah layar dengan beberapa opsi, termasuk ikon kamera. Ketuk ikon kamera ini untuk mengakses fitur kamera Google Translate.
  3. Setelah masuk ke fitur kamera, Anda akan memiliki dua opsi untuk memilih sumber teks yang ingin Anda terjemahkan, Untuk menerjemahkan teks dari gambar yang sudah ada di ponsel Anda, ketuk opsi "Impor".
  4. Untuk menerjemahkan teks langsung dari kamera, arahkan kamera ponsel Anda pada teks yang ingin Anda terjemahkan. Di bagian tengah bawah layar, Anda akan melihat tombol "Shutter", ketuk tombol ini untuk mengambil gambar teks yang ingin diterjemahkan.
  5. Setelah mengambil gambar atau memilih teks, Anda akan dibawa ke layar berikutnya di mana Anda dapat memilih bahasa target (bahasa yang ingin Anda terjemahkan teksnya) dan bahasa sumber (bahasa teks asli).
  6. Di bagian atas layar, Anda akan melihat opsi untuk memilih bahasa target dan bahasa sumber. Jika Anda ingin aplikasi mendeteksi bahasa sumber secara otomatis, Anda dapat memilih opsi "Deteksi bahasa".
  7. Setelah Anda memilih bahasa target dan bahasa sumber, Google Translate akan mulai menerjemahkan teks dari gambar yang Anda ambil atau impor.
  8. Anda dapat melihat hasil terjemahan di bagian bawah layar. Geser layar ke atas untuk melihat teks asli dan terjemahan bersama-sama.
  9. Jika Anda ingin menerjemahkan lebih banyak teks atau teks lain, Anda dapat kembali ke layar sebelumnya dan mengulangi langkah-langkah di atas.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menggunakan fitur kamera Google Translate di perangkat iOS (iPhone dan iPad) untuk menerjemahkan teks dari gambar dengan mudah dan cepat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.