Sukses

4 Cara Mengubah Nada Dering WA Keren, Bisa Pakai Suara Sendiri

Mengubah nada dering WA menjadi lebih keren bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, termasuk menggunakan suara sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Mengubah nada dering WA menjadi lebih keren bisa dilakukan dengan mudah, termasuk menggunakan suara sendiri. Dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat memberikan sentuhan unik pada nada dering WA Anda, menjadikannya lebih menarik dan personal. Cara ini tidak hanya menambah kesenangan, tetapi juga memudahkan Anda mengenali panggilan atau pesan masuk.

Proses mengubah nada dering WA dengan suara sendiri melibatkan perekaman suara dan pengaturan di aplikasi WhatsApp. Anda dapat merekam suara Anda melalui fitur perekam di smartphone, kemudian mengatur hasil rekaman tersebut sebagai nada dering WA. Selain itu, ada berbagai aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengedit dan mempercantik suara rekaman sebelum digunakan.

Menyesuaikan nada dering WA dengan suara sendiri juga memberikan kebebasan kreativitas tanpa batas. Anda bisa merekam pesan lucu, suara keluarga, atau bahkan potongan lagu favorit sebagai nada dering. Dengan cara ini, setiap kali ada pesan atau panggilan masuk, Anda akan mendengar suara yang benar-benar unik dan personal, membuat pengalaman berkomunikasi menjadi lebih menyenangkan dan berkesan.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara mengubah nada dering WA keren yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Cara Mengubah Nada Dering WA Pakai Suara Sendiri

Bagi anda yag ingin mengubah nada dering WA dengan lagu yang unik, bisa menggunakan suara sendiri. Berikut ini langkah-langkahnya, yakni:

  1. Langkah pertama adalah dengan membuka situs : https://soundoftext.com/, bisa lewat laptop atau ponsel.
  2. Kemudian di kolom "Text", masukkan kata atau kalimat yang ingin dijadikan nada dering.
  3. Lalu di bagian "Voice", pengguna dapat memilih berbagai bahasa, mulai dari Inggris, Arab, Jerman, Korea, Jepang, termasuk Indonesia dan lain sebagainya.
  4. Setelah itu, cukup tekan tombol "Submit".
  5. Gulir ke bawah untuk melihat sound yang telah dibuat dari teks tersebut
  6. Sebelum mengunduhnya, pengguna dapat mendengarkannya terlebih dahulu dengan menekan tombol "Play".
  7. Jika sudah sesuai tinggal download saja.
  8. Langkah berikutnya masuk ke dalam aplikasi WhatsApp.
  9. Tekan tiga titik di kanan atas dan pilih "Settings" atau "Pengaturan".
  10. Masuk ke menu "Notifications".
  11. Di bagian Messages pilih 'Di perangkat ini'
  12. Selanjutnya cukup pilih sound yang sudah dibuat dan download tadi
  13. Selesai.
3 dari 5 halaman

2. Cara Mengubah Nada Dering WA dengan Suara Default

Selain bisa menggunakan suara sendiri, bagi anda yang merasa malu atau tidak nyaman menggunakan sendiri sebagai nada dering dan ingin mendengarkan nada dering WA seperti setelan awal bisa menggunakan suara default. Berikut ini langkah-langkahnya, yakni:

  1. Langka pertama adalah membuka aplikasi WhatsApp.
  2. Setelah itu, pada halaman chat, ketuk tiga titik di pojok kanan atas.
  3. Kemudian, pilih menu "Setelan".
  4. Selanjutna, silakan masuk ke bagian "Notifikasi".
  5. Lalu cukup tentukan nada dering apa yang ingin digunakan pada notifikasi chat biasa atau grup.
  6. Di sini Anda juga bisa mengubah nada dering ketika ada panggilan telepon. Setelah menentukan ringtone, cukup tekan tombol kembali dan selesai.
4 dari 5 halaman

3. Cara Mengubah Nada Dering WA dengan Suara Google Tanpa Aplikasi

Apabila Anda merasa malu atau tidak nyaman menggunakan suara sendiri, Anda bisa memanfaatkan suara Google yang khas dan otomatis. Anda bisa mengubah teks menjadi suara Google dengan cara berikut, yakni:

  1. Langkah pertama adalah membuka browser di ponsel atau komputer Anda dan kunjungi laman https://www.soundoftext.co.id/.
  2. Pada kolom ‘Input text’, ketikkan kalimat yang ingin Anda jadikan sebagai nada dering. Misalnya, “Pesan baru untuk Nia” atau “Nia, ada pesan masuk di WhatsApp”.
  3. Pastikan untuk memilih jenis suara ‘Bahasa Indonesia’ agar suara Google berbicara dalam bahasa yang Anda inginkan.
  4. Kemudian, klik ‘Convert to voice’ untuk mengubah teks menjadi format MP3. Proses ini akan mengonversi teks yang Anda masukkan menjadi suara.
  5. Anda bisa mendengarkan hasil konversi dengan mengetuk ‘Play’. Jika sudah sesuai dengan keinginan Anda, klik ‘Download’ untuk mengunduh file MP3 tersebut.
  6. Selanjutnya, salin file MP3 tersebut ke dalam folder Notifications di  ponsel Anda. Anda bisa menggunakan file manager untuk melakukan ini.
  7. Buka pengaturan  WhatsApp dan pilih file suara Google yang sudah diunduh tadi sebagai nada dering untuk pesan atau telepon masuk.

Selain cara tersebut, ternyata ada layanan lain yang bisa digunakan untuk mengubah nada dering WA menggunakan suara Google tanpa aplikasi adalah sebagai berikut ini:

  1. Langkah pertama adalah dengan membuka laman https://freetts.com/
  2. Kemudian, ketik nama yang ingin kamu jadikan nada dering.
  3. Pilih karakter suara.
  4. Setelah itu, pilih tombol 'Convert to MP3'.
  5. Lanjutkan dengan pilih Download.
  6. Selanjutnya, salin file MP3 tersebut ke dalam folder Notifications di  ponsel Anda. Anda bisa menggunakan file manager untuk melakukan ini.
  7. Buka pengaturan  WhatsApp dan pilih file suara Google yang sudah diunduh tadi sebagai nada dering untuk pesan atau telepon masuk.
5 dari 5 halaman

4. Cara Mengubah Nada Dering untuk Grup WhatsApp

Selain nada dering WA digunakan untuk umum, ternyata nada dering WA bisa dipakai untuk grup juga. Nada dering untuk notifikasi grup WhatsApp juga bisa diubah dengan menggunakan nada dering yang unik dan khas, seperti suara Google. Hal ini sangat berguna terutama jika kamu sering mendapatkan notifikasi dari berbagai grup dan ingin membedakannya dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya, yakni:

  1. Pastikan aplikasi WhatsApp di ponsel kamu sudah terbuka.
  2. Pada halaman utama pesan, klik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar.
  3. Pilih opsi ‘Settings’ yang berada di bagian paling bawah menu yang muncul
  4. Selanjutnya, di menu Settings, klik ‘Notifications’.
  5. Fokus pada bagian ‘Group’ Klik ‘Notification tone’, lalu pilih ‘File’.
  6. Pilih nada dering  WA yang kamu inginkan untuk notifikasi grup dari folder yang sesuai.
  7. Kemudian, klik ‘Ok’ untuk menyimpan perubahan dan pastikan volume  ponsel kamu sudah cukup tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.