Sukses

Cara Mengaktifkan End-To-End Encryption WhatsApp yang Cepat dan Gampang Banget

Fitur enkripsi end-to-end ini secara otomatis diterapkan untuk semua pengguna WhatsApp, dengan tujuan utama untuk melindungi privasi dan keamanan komunikasi mereka.

Liputan6.com, Jakarta Di dalam aplikasi WhatsApp, setiap pesan yang dikirimkan dienkripsi dengan teknologi canggih sehingga tidak dapat diakses atau "dicegat" oleh pihak ketiga mana pun. Teknologi ini dikenal sebagai enkripsi end-to-end, yang menjamin bahwa pesan hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima yang bertukar chat. Bahkan, WhatsApp sendiri tidak memiliki kemampuan untuk membaca pesan yang sudah terenkripsi, karena kunci dekripsi hanya tersedia di perangkat pengirim dan penerima.

WhatsApp memastikan bahwa privasi pengguna terjaga dengan ketat, di mana hanya pengirim dan penerima yang memiliki akses untuk membaca pesan teks, mendengar pesan audio, serta melihat gambar dan video yang dikirim melalui aplikasi.

Fitur enkripsi end-to-end ini secara otomatis diterapkan untuk semua pengguna WhatsApp, dengan tujuan utama untuk melindungi privasi dan keamanan komunikasi mereka. Dengan penerapan fitur ini, WhatsApp berkomitmen untuk memastikan bahwa data pengguna tetap rahasia dan terlindungi dari akses tidak sah.

Selain menyediakan enkripsi end-to-end, WhatsApp juga memberikan fitur untuk memastikan identitas penerima pesan yang dikirimkan. Meskipun chat di WhatsApp sudah dijamin aman selama proses pengiriman, tetap ada risiko bahwa nomor telepon tujuan bisa diambil alih oleh pihak ketiga. Untuk mengatasi hal ini, WhatsApp menyediakan mekanisme verifikasi dan akan memberikan notifikasi kepada pengguna jika nomor tertentu digunakan di perangkat yang berbeda.

Dengan demikian, pengguna memiliki kesempatan untuk memeriksa langsung dengan pemilik nomor tersebut untuk memastikan tidak terjadi pembajakan akun WhatsApp mereka. Ini memberikan lapisan keamanan tambahan untuk menjaga integritas dan keamanan akun pengguna.

Berikut Lipuan6.com ulas mengenai cara mengaktifkan end-to-end encryption WhatsApp yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (24/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengecek End-To-End Encryption WhatsApp Sudah Aktif atau Belum

Untuk memverifikasi nomor WhatsApp orang lain, Anda bisa lebih dulu memastikan platform sudah terlindungi dengan enkripsi end-to-end. Berikut caranya:

  1. Buka menu chat obrolan dengan kontak WA Anda.
  2. Klik nama kontak.
  3. Scroll ke bawah dan pilih menu "Enkripsi".
  4. Bakal muncul sekumpulan angka yang berbeda dan juga kode QR.
  5. Anda bisa meminta kontak untuk memindai kode QR tersebut, begitupun sebaliknya.

Fitur end-to-end encryption WhatsApp tersedia secara otomatis dan tidak bisa dimatikan. Namun, WhatsApp menghadirkan kemampuan untuk mematikan end-to-end untuk cadangan atau backup. Tujuannya, untuk memastikan percakapan pengguna tidak meninggalkan jejak.

3 dari 4 halaman

Cara Mematikan Penyimpanan End-To-End

Berikut cara mematikan penyimpanan enkripsi end-to-end encryption WhatsApp, yakni:

  1. Langkah pertama adalah membuka aplikasi WhatsApp yang terpasang di ponsel Anda. Setelah aplikasi terbuka, cari dan klik ikon tiga titik vertikal yang terletak di sudut kanan atas layar untuk membuka menu drop-down. Dari menu ini, pilih opsi 'Settings' untuk masuk ke pengaturan aplikasi.
  2. Setelah masuk ke halaman Pengaturan, Anda akan melihat beberapa opsi. Pilih opsi 'Chats' untuk melanjutkan. Halaman ini berisi berbagai pengaturan terkait percakapan Anda di WhatsApp, termasuk opsi cadangan chat.
  3. Di dalam menu 'Chats', cari dan klik opsi 'Chat Backup'. Ini akan membawa Anda ke halaman di mana Anda dapat mengelola dan mengatur cadangan percakapan Anda di WhatsApp.
  4. Pada halaman 'Chat Backup', Anda akan menemukan opsi 'End-to-end Encrypted Backup'. Klik opsi ini untuk membuka pengaturan lebih lanjut mengenai enkripsi cadangan chat Anda.
  5. Setelah masuk ke menu 'End-to-end Encrypted Backup', Anda akan melihat tombol 'Turn Off'. Tekan tombol ini untuk memulai proses menonaktifkan enkripsi pada cadangan chat Anda.
  6. Untuk melanjutkan proses penonaktifan, Anda akan diminta untuk memasukkan password yang telah Anda tetapkan sebelumnya untuk fitur enkripsi end-to-end. Masukkan password Anda dengan benar untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
  7. Langkah terakhir adalah mengkonfirmasi bahwa Anda benar-benar ingin menonaktifkan fitur enkripsi end-to-end pada cadangan chat Anda. Setelah memasukkan password, Anda akan melihat tombol 'Turn Off' lagi. Tekan tombol ini untuk menyelesaikan proses penonaktifan.
4 dari 4 halaman

Cara Mengunci WhatsApp

Agar percakapan WhatsApp makin aman, pengguna juga bisa mengunci aplikasi WhatsApp sehingga tidak bisa dibuka oleh orang lain yang sedang memegang HP-nya. Berikut caranya:

1. Dengan Android

  1. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah update ke versi terbaru
  2. Langkah pertama adalah membuka WhatsApp, lalu klik menu "Settings"
  3. Setelah itu, pilih opsi "Account" dan masuk ke "Privacy"
  4. Selanjutnya, scroll ke bawah hingga menemukan opsi "Fingerprint lock"
  5. Lakukan penguncian WA dengan pilih "Unlock with fingerprint" dan klik "Set up"
  6. Tentukan jenis kunci yang diinginkan, ada pattern (pola), PIN, atau sidik jari.

2. Dengan iOS

  1. Langkah pertama adalah membuka aplikasi WhatsApp, lalu pilih menu "Settings"
  2. Setelah itu, pilih "Account" dan masuk ke menu "Privacy"
  3. Selanjutnya, scroll sampai menemukan opsi "Screen Lock"
  4. Aktifkan toggle untuk "Require Touch ID/Face ID"
  5. Ada 4 pilihan penguncian, mengunci secara langsung setelah WA ditutup, setelah 1 menit, 15 menit, dan 1 jam
  6. Pengguna tidak bisa mengatur tampilan notifikasi di iOS. Ini dikarenakan semua pesan masuk akan tetap muncul di notifikasi drawer.

3. Gunakan PIN Verifikasi atau Two-Factor Authentication

  1. Langkah pertama adalah membuka WhatsApp, lalu masuk ke menu "Settings"
  2. Setelah itu, klik "Account" dan pilih "Two-step verification" atau "Two-factor authentication"
  3. Selanjutnya, aktifkan fitur tersebut dengan memilih opsi "Enable"
  4. Buat 6 digit PIN dan masukkan email Anda untuk pemulihan jika lupa kode sandi tersebut.

4. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Selain mengikuti langkah-langkah di atas, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengunci WhatsApp. Berikut daftar beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengunci WhatsApp, yakni:

  1. AppLock
  2. AppLock - Fingerprint
  3. LOCKit
  4. Norton App Lock
  5. Perfect AppLock
  6. Smart AppLock

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.