Sukses

Cara Membuat Tulisan Miring di WA untuk HP Android dan iPhone, Gampang Banget

Membuat tulisan miring di WA bisa menambahkan gaya dan penekanan pada pesan Anda, baik untuk pengguna HP Android maupun iPhone.

Liputan6.com, Jakarta Membuat tulisan miring di WA bisa menambahkan gaya dan penekanan pada pesan Anda, baik untuk pengguna HP Android maupun iPhone. Fitur ini sangat berguna saat Anda ingin menyoroti kata atau frasa tertentu dalam percakapan sehari-hari. Untungnya, caranya sangat sederhana dan dapat dilakukan langsung dari aplikasi WA.

Untuk pengguna Android, cukup tambahkan tanda garis bawah (_) di awal dan akhir kata atau frasa yang ingin Anda miringkan. Teknik ini juga berlaku bagi pengguna iPhone, menjadikannya cara yang seragam dan mudah diingat untuk semua pengguna WA.

Selain metode manual tersebut, pengguna iPhone juga bisa memanfaatkan fitur bawaan WA dengan menyorot teks yang ingin diubah, lalu memilih opsi "Italic" dari menu yang muncul. Metode ini memberikan fleksibilitas tambahan, terutama bagi mereka yang lebih suka menggunakan antarmuka grafis.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara membuat tulisan miring di WA untuk HP Android dan iPhone yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Cara Membuat Tulisan Miring di WA (Italic) untuk HP Android dan iPhone

Cara membuat tulisan miring di WA atau Italic yakni hanya perlu menerapkan simbol underscore (_) di awal dan akhir kata maupun kalimat yang ingin dijadikan miring. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP Android maupun iPhone.
  2. Pilih salah satu kontak yang ingin dikirimkan pesan.
  3. Pada kolom pesan, tambahkan tanda underscore ( _ ) di depan dan belakang kata yang ingin dimiringkan. Contoh: _miring_
  4. Setelah itu, kirim pesan tersebut.
  5. Selesai, kamu berhasil membuat tulisan miring di WA.
3 dari 7 halaman

2. Cara Membuat Tulisan Tebal di WA (Bold) untuk HP Android dan iPhone

Cara membuatnya yakni kamu cukup menambahkan simbol bintang (*) di awal dan akhir kata yang akan dikirim. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP Android maupun iPhone.
  2. Pilih salah satu kontak yang ingin dikirimkan pesan.
  3. Pada kolom pesan, tambahkan tanda simbol bintang (*) di awal dan akhir kata yang akan dikirim. Contohnya: *tebal*
  4. Kemudian tekan Enter untuk mengirim pesan tersebut.
  5. Perhatikan bahwa bentuk teks sudah berubah menjadi tebal atau bold.
  6. Setelah itu, kirim pesan tersebut.
  7. Selesai, kamu berhasil membuat tulisan tebal di WA.
4 dari 7 halaman

3. Cara Membuat Tulisan Tercoret di WA (Strikethrough) Untuk HP Android dan Iphone

Selanjutnya, cara membuat tulisan tercoret di WA adalah dengan meletakkan simbol tilde (~) di awal dan akhir kata yang ingin kamu buat tercoret. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP Android maupun iPhone.
  2. Pilih salah satu kontak yang ingin dikirimkan pesan.
  3. Pada kolom pesan, tambahkan tanda simbol tilde (~) di awal dan akhir kata yang ingin kamu buat tercoret. Contoh: ~coret~
  4. Koreksi kembali.
  5. Setelah itu, kirim pesan tersebut.
  6. Selesai, kamu berhasil membuat tulisan tercoret di WA.
5 dari 7 halaman

4. Cara Membuat Tulisan Kombinasi (Miring, Tebal, dan Tercoret)

Ketiga cara di atas dapat dikombinasikan sehingga tulisan yang hendak dikirim menjadi tebal, miring, dan tercoret. Teknik ini juga bisa dipraktikkan di HP Android maupun iPhone. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP.
  2. Buka salah satu kontak teman yang ingin dikirimkan pesan.
  3. Masukkan tiga tanda underscore, bintang, tilde seperti ini ( *_~ ), pada depan dan belakang teks. Contohnya Contoh: *_~kombinasi~_*
  4. Selanjutnya kirim pesan tersebut dan perhatikan bahwa bentuk teks berubah menjadi monospace seperti bahasa pemrograman.
6 dari 7 halaman

5. Cara Membuat Tulisan Terbalik

Bagi anda yang ingin membuat tulisan di WA bisa terbalik dengan menggunakan cara berikut ini:

  1. Install lebih dulu aplikasi Upside Down. 
  2. Setelah selesai, buka aplikasi dan tuliskan kata maupun kalimat yang ingin dibalik di kolom paling atas atau yang paling pertama.
  3. Selanjutnya, teks terbalik akan muncul di kolom kedua.
  4. Kemudian salin teks tersebut.
  5. Buka WhatsApp lalu tempel ke kolom pesan di grup maupun chat pribadi.
  6. Klik enter atau tekan simbol kirim dan pesan terbalik pun terkirim.
7 dari 7 halaman

6. Cara Ganti Gaya dan Font

a. Ganti Gaya Huruf atau Font

Anda bisa membubuhkan tiga simbol backtick (```) untuk mengubah font pada pesan di WA. Namun, font hanya bisa diubah dalam satu gaya. Cara ini bisa digunakan jika Anda bosan dengan font default WA selama ini.

Contoh format: ```Selamat Berbuka Puasa```

b. Menambahkan Quote Block

Untuk meng-highlight suatu quote atau pesan tertentu, Anda bisa menggunakan format quote block. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengawali kata atau kalimat dengan tanda angle bracket (>) lalu spasi sebelum memulai kata atau kalimat. Berikut ini contoh formatnya : > Selamat Berbuka Puasa

c. Highlight Chat

Cara lain untuk meng-highlight suatu kata atau kalimat di WA, bisa dengan membubuhkan satu tanda backtick (`) di awal dan akhir pesan singkat anda. Berikut ini contoh format: `Selamat Berbuka Puasa`

d. Membuat Bullet Points

Bullet points ini memang sudah lumayan banyak digunakan, tetapi belum sesering bold, italic, maupun strikthrough. Biasanya bullet points digunakan untuk mempermudah ketika Anda membuat daftar. Misalnya daftar barang yang harus dibeli, hingga daftar nama peserta rapat.

Tahapannya cukup mudah, anda hanya membubuhkan simbol bintang (*) atau hyphen (-) di awal pesan, lalu spasi. Selanjutnya, mulai dengan kata atau kalimat yang hendak ditulis. Berikut ini contoh formatnya: * Selamat Berbuka Puasa atau - Selamat Berbuka Puasa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.