Sukses

7 Cara Mengecilkan MB Foto di HP dengan Mudah, Begini Langkah-Langkahnya

Mengecilkan ukuran MB foto di hp menjadi penting untuk menghemat ruang penyimpanan dan memudahkan proses pengiriman melalui aplikasi pesan singkat.

Liputan6.com, Jakarta Mengecilkan ukuran MB foto di hp menjadi penting untuk menghemat ruang penyimpanan dan memudahkan proses pengiriman melalui aplikasi pesan singkat. Terdapat beberapa cara efektif yang bisa dilakukan, seperti menggunakan aplikasi khusus untuk kompresi gambar. Aplikasi-aplikasi ini dapat dengan mudah diunduh dan digunakan untuk mengurangi ukuran file foto tanpa mengurangi kualitasnya secara signifikan.

Salah satu aplikasi populer untuk mengecilkan ukuran foto adalah Photo Compress, yang memungkinkan pengguna untuk memilih tingkat kompresi sesuai kebutuhan. Selain itu, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur bawaan di beberapa ponsel, seperti fitur pengeditan gambar yang sering kali menyertakan opsi untuk mengubah resolusi dan ukuran file.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara mengecilkan MB di hp yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Menggunakan Perangkat dari HP

Bagi pengguna Samsung, sebenarnya bisa langsung mengecilkan MB foto dari aplikasi galeri. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama adalah membuka galeri di HP Samsung.
  2. Buka foto yang mau di-resize.
  3. Tekan menu tiga titik di sisi bawah kanan layar, lalu lihat detail foto untuk mengecek ukurannya.
  4. Setelah itu, pilih tombol edit pada sisi bawah untuk membuka fitur pengeditan gambar
  5. Tekan menu tiga titik di sisi bawah kanan dan pilih "Resize".
  6. Selanjutnya, Anda bisa me-resize foto dari 20%, 40%, 60%, hingga 80%.
  7. Tekan tombol radia untuk menentukan ukuran yang Anda mau, lalu "Done".
  8. Terakhir, pilih tombol "Save" untuk menyimpan hasil resize. Tunggu sebentar nanti foto yang anda edit akan tersimpan otomatis di HP.
3 dari 8 halaman

2. Dengan Compress Image Size

Salah satu aplikasi untuk mengecilkan MB foto yang tersedia di Play Store adalah 'Compress Image Size'. Berikut tata caranya, yakni:

  1. Langkah yang pertama adalah download dan instal 'Compress Image Size' dari Play Store.
  2. Setelah itu, buka aplikasi dan pilih foto yang mau di-resize.
  3. Cek ukuran orisinil foto, lalu geser toggle "Quality" untuk resize foto.
  4. Selanjutnya, Anda bisa me-resize secara otomatis atau menentukan sendiri preferensi ukuran foto yang diinginkan, lalu tekan "Compress".
  5. Tunggu beberapa saat, lalu hasil foto yang dikompres bisa disimpan di ponsel.
4 dari 8 halaman

3. Gunakan Photo Compressor and Resize

Aplikasi lain yang bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan MB foto di HP adalah 'Photo Compressor and Resize'. Tool ini bisa mengecilkan MB banyak foto sekaligus di HP Anda. Berikut langkah-langkahnya, yakni:

  1. Langkah pertama adalah download dan instal 'Photo Compressor dan Resize' di Play Store.
  2. Buka aplikasi dan berikan izin untuk mengakses semua foto di HP.
  3. Setelah itu, pilih "Compress Photos".
  4. Tekan tombol radio di samping foto yang ingin dikecilkan ukurannya.
  5. Kemudian, pilih "Next" untuk melihat berapa banyak foto yang hendak Anda resize beserta ukurannya.
  6. Pilih "Auto" untuk resize secara default atau "Compressed to the specified size" untuk mengatur ukuran yang Anda inginkan.
  7. Setelah proses selesai, cek ukuran foto sebelum dan sesudah resize.
5 dari 8 halaman

4. Buka Situs iLoveIMG

Situs iLoveIMG menjadi salah satu alternatif yang sangat berguna bagi Anda yang tidak ingin mendownload aplikasi untuk mengecilkan ukuran MB foto. Anda hanya perlu mencari 'iLoveIMG' di browser, dan situs ini akan muncul dengan berbagai pilihan untuk memodifikasi foto, termasuk mengubah format dan meresize foto. Ketika membuka iLoveIMG, Anda akan melihat opsi "Resize Image" yang terletak di bagian atas menu, memudahkan akses untuk mengurangi ukuran foto.

Setelah memilih opsi "Resize Image", langkah selanjutnya adalah mengunggah foto yang ingin dikecilkan ukurannya dengan menggunakan tombol "Select Images". Anda memiliki pilihan untuk mereduksi ukuran foto berdasarkan piksel atau persentase, sehingga Anda bisa menyesuaikan hasil akhir sesuai kebutuhan. Langkah terakhir adalah mengklik tombol "Resize Images". Setelah itu tunggu sebentar dan foto yang sudah dikecilkan bisa diunduh di HP anda.

6 dari 8 halaman

5. Dengan Menggunakan WhatsApp Grup

Cara mengeclkan MB foto di HP selanjutnya adalah dengan menggunakan WhatsApp grup. Ketika Anda mengirim foto berukuran besar di WhatsApp, aplikasi pesan singkat tersebut secara otomatis akan mereduksi ukuran file untuk mengoptimalkan pengiriman. Proses ini cukup mudah dilakukan; Anda hanya perlu memilih foto yang ingin diresize dari galeri ponsel Anda, lalu mengirimkannya ke grup WhatsApp yang telah Anda buat sebelumnya.

Setelah mengirim foto ke grup WhatsApp, langkah berikutnya adalah membuka grup tersebut dan mengunduh ulang foto yang telah Anda kirim. Proses pengunduhan ini akan menghasilkan foto dengan ukuran file yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan ukuran aslinya, berkat kompresi otomatis yang dilakukan oleh WhatsApp. Dengan cara ini, Anda dapat dengan cepat dan mudah mengurangi ukuran foto tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan atau layanan online, cukup dengan memanfaatkan fitur yang sudah ada di aplikasi pesan instan tersebut.

7 dari 8 halaman

6. Menggunakan Tiny PNG

Cara mengecilkan MB foto yang berikutnya adalah melalui situs Tiny PNG. Berikut ini langkah-langkahnya, yaitu:

  1. Langkah pertama adalah kunjungi situs Tiny PNG.
  2. Kemudian, pengguna hanya perlu mengunggah dokumen foto yang akan dikompres ke dalam situs.
  3. Selanjutnya, selama proses kompres berlangsung, pengguna hanya perlu menunggu.
  4. Terakhir, pengguna bisa langsung mengunduhnya untuk menyimpan hasil kompresan tersebut.

Perlu diketahui oleh pengguna bahwa situs ini  mampu mengoptimalkan ukuran foto dengan jenis file JPEG dan PNG dengan ukuran hingga 5 MB dan bisa sekaligus untuk maksimal 20 gambar.

8 dari 8 halaman

7. Dengan Menggunakan Compress JPEG

Bagi anda yang ingin mengecilkan ukuran atau MB foto dapat dilakukan dengan menggunakan website compress JPEG. Berikut ini langkah-langkahnya, yakni:

  1. Langkah pertama adalah membuka situs Compress JPEG.
  2. Setelah itu, pengguna hanya perlu memilih jenis file yang akan dikompres.
  3. Selanjutnya, unggah foto dengan jenis JPG, JPEG, atau PNG sesuai dengan kebutuhan anda.
  4. Lalu tunggu sampai pemrosesan selesai dilakukan.
  5. Langkah terakhir, pengguna hanya perlu mengeklik Download dengan persentase tertentu dan tunggu proses unduh, maka foto anda akan secara otomatis tersimpan di HP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.