Sukses

Refund HP Harga Rp 16 Juta Bermasalah, Pria Ini Malah Dikirimi 10 HP Baru

Pengalaman unik belanja hp via online.

Liputan6.com, Jakarta Teknologi yang semakin berkembang menuntut manusia mengikutinya. Tak usah jauh-jauh, Handphone (HP) atau smartphone yang semakin canggih membuat gadget ini semakin mahal. Jutaan hingga puluhan juta harga HP semakin wajar. Namun harga mahal tak serta-merta kualitas elektronik bisa sempurna.

Seperti kisah seorang pria yang belanja HP baru via online justru bermasalah. Seorang netizen baru-baru ini berbagi pengalaman menyebalkan yang dialaminya. Ketika Google Pixel 3 miliknya tidak berfungsi, ia hanya ingin mendapatkan pengembalian uang. 

Namun, alih-alih menerima uangnya kembali sebesar $900 (Rp 14 juta), ia justru menerima 10 ponsel baru dengan nilai sekitar $10.000 (Rp 164 juta). Pengguna medsos Reddit dikabarkan Unilad, membagikan gambar ponsel yang diterimanya dan mengaku tidak tahu bagaimana menyelesaikan masalah tersebut. 

Dalam unggahannya, ia menyampaikan keprihatinannya kepada Google dengan nada frustrasi. Bisa dibilang untung, namun pria yang tak disebutkan namanya itu tetap merasa mengalami kerugian. Berikut Liputan6.com merangkum pengalaman uniknya melansir dari Unilad, Kamis (27/6/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pilih Kembalian Ketimbang Untung Ratusan Juta

Awalnya, ia mengembalikan Pixel 3 putih yang rusak untuk membeli model baru yang bukan berwarna pink. Namun, pengembalian dana yang ia terima hanya sebesar $80 (Rp 1.3 juta), sedangkan Google masih berhutang $900 (Rp 14 juta). 

Google kemudian membuat kesalahan dengan mengirimkan 10 ponsel baru, yang masing-masing bernilai $1.000(Rp 16 juta). Dengan demikian, ia sekarang memiliki produk senilai $10.000 (Rp 164 juta) secara sah, membuatnya secara teori untung $8.000 (Rp 131 juta).

Meskipun ia ingin melakukan hal yang benar dengan mengembalikan ponsel tersebut, ia menolak melakukannya sampai pengembalian dana diproses dengan benar. Ia mengultimatum bahwa jika tidak mendapatkan dukungan yang sesuai, ia akan mengirim kembali 9 ponsel dengan biaya kirim COD senilai $1.000 per unit. 

Jika pengiriman ditolak, ia berencana menjual ponsel tersebut untuk mendapatkan kembali uangnya.

3 dari 3 halaman

Temukan Titik Temu Masalah

Untungnya, cerita ini berakhir dengan baik. Setelah unggahan tersebut dipublikasikan, Google merespons melalui akun Reddit resminya, meminta pelanggan untuk menghubunginya sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan. Seorang perwakilan perusahaan mengirimkan pesan pribadi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dari pengguna tersebut.

Dalam pembaharuannya, pengguna mengonfirmasi bahwa Google telah menyelesaikan masalah pengembalian dana dan ia akan mengirimkan ponsel tersebut kembali ke perusahaan. Sebelumnya, LADbible juga menghubungi Google untuk memberikan komentar.

Beberapa pengguna Reddit memuji tindakan pengguna tersebut. Mereka menganggapnya sebagai contoh keberanian dan kejujuran dalam menghadapi situasi yang rumit. Salah satu pengguna bahkan menulis bahwa meskipun ia tidak punya banyak uang, ia akan mencoba untuk melakukan hal yang sama jika berada dalam situasi tersebut.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.