Sukses

Ular 'Jantan' Melahirkan 14 Bayi Tanpa Pembuahan, Kejadian Langka

Kejadian langka seekor ular boa 'jantan' melahirkan 14 bayi, bikin semua orang hampir tidak percaya.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, seekor ular 'jantan' melahirkan 14 bayi ular secara ajaib. Ular itu bernama Ronaldo. Awalnya, semua orang mengira ular itu jantan. Ronaldo diidentifikasi sebagai laki-laki ketika dia diselamatkan dari pemilik sebelumnya beberapa tahun lalu. 

Semua orang baru mengetahui Ronaldo ternyata berjenis kelamin perempuan setelah melahirkan. Pengasuh ular mengetahui hal itu setelah boa pelangi Brazil itu menghamili dirinya sendiri dan melahirkan 14 anak ular yang sehat. Ini benar-benar kejadian langka

Ronaldo merupakan seekor ular boa pelangi Brazil berusia 13 tahun. Dengan panjang enam kaki, ular itu menjadi pemandangan yang mengesankan. Itu lah sebabnya Ronaldo menjadi daya tarik populer di rumahnya, City of Portsmouth College, Inggris Selatan. Namun, ular boa raksasa itu tidak lahir di sana.

Mereka tidak dapat mengetahui dari mana Ronaldo berasal, tetapi di mana pun dia berada, itu bukanlah tempat yang baik. Sekitar sembilan tahun lalu, Royal Society for the Prevention of Cruelty to Animals (RSPCA) menyelamatkan ular tersebut dari pemilik sebelumnya.

Dilansir Liputan6.com dari Oddee, Selasa (2/7/2024), saat itu Ronaldo tiba di Portsmouth College. Saat pemeriksaan fisik awal, ular tersebut dipastikan berjenis kelamin jantan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kejadian unik dan sangat langka

Sejak Ronaldo tiba di Portsmouth College dan dipastikan berjenis kelamin jantan, ia menjalani kehidupan yang bahagia, namun menyendiri di kandangnya. Menurut pihak kampus, Ronaldo belum pernah melakukan kontak dengan ular lain setidaknya selama dia bersama mereka.

Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi siapa pun untuk mempertanyakan jenis kelamin Ronaldo karena ular tersebut tidak memiliki jenis kelamin apa pun.

Namun, tampaknya semua orang yang mengira mereka tahu tentang Ronaldo hilang begitu saja awal tahun ini. Semuanya dimulai ketika ular boa itu tiba-tiba tampak mulai menambah berat badannya.

"Ronaldo terlihat sedikit lebih gemuk dari biasanya, seperti dia baru saja makan dalam porsi besar," kata spesialis reptil Pete Quinlan, yang telah merawat Ronaldo sejak ular itu berada di Portsmouth College.

Namun ternyata, Ronaldo gemuk karena sedang hamil. Dan melahirkan anak ular berjumlah 14 ekor. Mereka mengerami telurnya di dalam tubuhnya dan mengeluarkan bayinya setelah menetas.

3 dari 4 halaman

Sempat tidak percaya

Bayi-bayi ular yang dilahirkan Ronaldo itu ditemukan oleh salah satu siswa yang sedang melakukan pemeriksaan rutin vivarium. Bahkan, teknisi perawatan hewan, Amanda McLeod, sempat tidak percaya. Ia mengira apa yang dilihat oleh sang siswa salah.

Spesialis reptil Pete Quinlan juga sangat terkejut. Ia mengungkapkan tidak pernah berpikir bahwa Ronaldo hamil dan melahirkan anak. Kejadian itu pun tergolong sangat langka. 

Anda tidak dapat menyalahkan siapa pun karena tidak mengharapkan Ronaldo (atau Ronalda?) untuk hamil, apalagi karena tidak memiliki akses ke ular lain. Namun, masalahnya adalah beberapa bentuk kehidupan tidak mempedulikan hal tersebut dan dapat menghancurkan dirinya sendiri.

Beberapa tumbuhan dan hewan mampu melakukan partenogenesis. Mereka memiliki semua materi genetik yang mereka perlukan untuk hamil tanpa pembuahan, sehingga secara teoritis mereka dapat mulai menghasilkan bayi kejutan kapan saja.

4 dari 4 halaman

Adanya partenogenesis

Fenomena ini sangat jarang terjadi pada boa pelangi Brazil. Portsmouth College mengatakan bahwa ini adalah ketiga kalinya dalam sejarah hewan yang ditangkap menjalani partenogenesis.

"Saya telah membiakkan ular selama 50 tahun dan saya belum pernah mengetahui hal ini terjadi sebelumnya," kata Quinlan.

Meskipun demikian, partenogenesis tidak sama dengan kehamilan "sebenarnya", karena tidak meningkatkan keragaman genetik. Semua bayi Ronaldo merupakan klon genetik dari ibunya.

Meskipun demikian, cara kerja kromosom seks ular berbeda dengan mamalia, sehingga ular-ular tersebut mungkin tidak semuanya berjenis kelamin betina meskipun mereka adalah kloningan Ronaldo. Quinlan sekarang bekerja keras untuk mencoba menentukan makhluk kecil merayap mana yang jantan atau betina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.