Sukses

Detective Chinatown, Kisah Detektif Jenius dan Pamannya yang Lucu

Alur cerita dan pemeran Detective Chinatown.

Liputan6.com, Jakarta Detective Chinatown adalah sebuah film komedi-misteri yang dirilis pada tahun 2015, menampilkan Wang Baoqiang dan Liu Haoran dalam peran utama. Film ini, yang disutradarai oleh Chen Sicheng, berhasil menarik perhatian penonton dengan plot yang menarik dan penuh kejutan. Dirilis pada tanggal 31 Desember 2015 di China, Detective Chinatown segera menjadi perbincangan di kalangan pecinta film. Apa yang membuat film ini begitu istimewa? Simak lebih lanjut!

Cerita dalam Detective Chinatown mengikuti petualangan seorang detektif jenius bersama pamannya. Kombinasi unik antara misteri yang kompleks dan humor yang cerdas menjadikan film ini sesuatu yang berbeda dari film-film detektif lainnya. Tidak heran jika film ini kemudian memiliki sekuel yang dirilis pada Februari 2018, diikuti dengan film ketiga pada Februari 2021. Bagaimana perjalanan duo detektif ini berlanjut? Penasaran dengan kelanjutan kisah mereka?

Setiap film Detective Chinatown menawarkan pengalaman menonton yang menyegarkan dan penuh dengan twist yang tidak terduga. Kepopuleran film ini membuktikan bahwa penonton menyukai kombinasi antara cerita detektif yang penuh teka-teki dan humor yang menghibur. Dengan sekuel yang terus berlanjut, apakah misteri berikutnya yang akan dihadapi oleh detektif jenius dan pamannya? 

Untuk informasi lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber synopsis, alur cerita dan pemerannya, Rabu (3/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alur Cerita Detective Chinatown

Setelah ditolak dari akademi kepolisian, Qin Feng (Liu Haoran) pergi berlibur ke Bangkok. Ia berencana menghabiskan waktu bersama pamannya Tang Ren (Wang Baoqiang), yang terkenal sebagai detektif nomor satu di Chinatown, Bangkok. Namun, Tang Ren ternyata hanyalah seorang penipu kecil yang bekerja di bawah sersan polisi yang tidak kompeten, Kon Tai (Xiao Yang). Sementara itu, tersangka utama dalam kasus perampokan emas, Sompat, dibunuh dan emasnya hilang. Emas tersebut milik gangster lokal terkemuka, Mr. Yan (Chin Shih-chieh). Kon Tai dan saingannya yang ambisius, Huang Landeng (Chen He), bersaing untuk memecahkan kasus ini dan menemukan kembali emas tersebut agar dapat diangkat menjadi wakil kepala polisi berikutnya.

Setelah serangkaian petualangan lucu dengan Qin di Bangkok, Tang dikejar oleh polisi karena menjadi tersangka utama dalam pembunuhan Sompat, sebagai orang terakhir yang memasuki dan meninggalkan bengkel Sompat tempat ia dibunuh. Tang meminta bantuan Qin, yang ternyata adalah seorang jenius dalam memecahkan kejahatan. Dalam pelarian mereka, Qin dan Tang ditangkap oleh anak buah Sompat yang ingin menemukan emas yang hilang. Qin dan Tang, yang sekarang menjadi buronan, berhasil melarikan diri dan bersembunyi di rumah Xiang (Tong Liya), pemilik rumah Tang yang cantik. Namun, mereka diikuti oleh para perampok emas, yang tiba tepat sebelum Kon dan kemudian Huang, sehingga terjadi konfrontasi yang canggung antara semua pihak.

Qin kemudian mengetahui mengapa Tang terlibat: pada hari pembunuhan, Tang menerima telepon yang memintanya untuk mengantarkan patung Buddha dari bengkel Sompat pada tengah malam. Mereka memutuskan untuk tetap tinggal di Thailand daripada melarikan diri dan pergi ke tempat parkir tempat Tang mengantarkan kotak tersebut. Qin menemukan jejak ikan di area tersebut, lalu mereka pergi ke pasar ikan dan tempat barang rongsokan terdekat. Malam itu, Qin dan Tang mencari di bengkel, nyaris menghindari pertemuan dengan para perampok. Qin menyimpulkan bahwa asisten Huang Landeng, Tony, adalah bagian dari skema tersebut.

Untuk memecahkan pembunuhan tersebut, Qin dan Tang harus menonton rekaman pengawasan bengkel. Karena rekaman tersebut disimpan di komputer Huang, Tang mengalihkan perhatian pasukan polisi sementara Qin dan Kon mengambil rekaman tersebut dan dokumen lainnya tentang Sompat. Setelah menerjemahkan dokumen tersebut, Qin menemukan bahwa putra Sompat hilang setahun sebelumnya dan bahwa Sompat sering mengunjungi sebuah kafe. Mengikuti jejak tersebut, Qin dan Tang dipimpin ke Snow (Zhang Zifeng), yang merupakan teman sekelas putra Sompat.

Qin dan Tang segera ditangkap dan dibawa ke Mr. Yan, yang memberi mereka waktu 3 hari untuk menemukan emas yang dicuri. Qin dan Tang berpisah, dengan Qin bertemu Snow untuk kedua kalinya dan Tang kembali dikejar oleh Huang. Qin menemukan bahwa ayah tiri Snow bekerja di tempat barang rongsokan dekat tempat parkir, membuatnya menjadi tersangka.

Qin dan Tang bersatu kembali di bengkel, di mana mereka berhipotesis bahwa pembunuh bersembunyi di bengkel selama seminggu (karena rekaman pengawasan menimpa dirinya sendiri setelah seminggu), membunuh Sompat sebelum pengantaran Tang, dan melarikan diri dari bengkel dengan bersembunyi di dalam kotak yang diantarkan Tang. Mereka tiba-tiba disergap oleh pembunuh bertopeng, yang membakar bengkel. Qin dan Tang nyaris melarikan diri.

Setelah mengetahui bahwa Xiang diculik oleh Tony, Qin dan Tang menghadapi dan mengalahkannya. Mereka membawa Xiang ke rumah sakit, di mana mereka menyaksikan baku tembak antara polisi dan tiga perampok lainnya. Qin dan Tang kembali ke rumah Snow lagi, tetapi menemukan bahwa dia telah overdosis dan hampir mati. Setelah membawa Snow ke rumah sakit, Qin menemukan kisah di balik pembunuhan dalam jurnal Snow. Snow diperkosa oleh Sompat, yang diketahui oleh ayah tirinya, yang kemudian membunuh Sompat. Perampokan emas dan pembunuhan tersebut tidak terkait.

Setelah kejar-kejaran mobil di sekitar Bangkok, Qin dan Tang akhirnya mengungkapkan kepada polisi bahwa emas yang hilang disembunyikan di dalam patung di bengkel. Di rumah sakit tempat Snow berada, Qin dan Tang menyampaikan temuan mereka kepada polisi di hadapan Snow dan ayah tirinya. Setelah terungkap, ayah tiri Snow melompat dari jendela rumah sakit dan tewas tertabrak mobil Kon. Kon kemudian dipromosikan menjadi wakil kepala polisi karena mencegah pelarian pembunuh, yang membuat Huang yang terluka parah kesal.

Namun, Qin segera menyadari bahwa Sompat adalah seorang homoseksual, artinya dia tidak memperkosa Snow. Qin menyadari bahwa Snow diikuti oleh Sompat karena dia mencurigai Snow membunuh putranya yang hilang. Dengan demikian, Snow merencanakan pembunuhan Sompat, memfitnahnya atas pemerkosaan dalam jurnalnya, dan membuat bukti palsu untuk menyingkirkan baik Sompat maupun ayah tirinya yang pervert, yang dia benci. Qin menghadapi Snow, tetapi memutuskan untuk meninggalkannya.

Dalam kredit penutup, Qin dan Tang diundang ke pusat Intel di mana mereka diminta untuk memecahkan kasus baru di New York.

 
3 dari 4 halaman

Pemeran Detective Chinatown

Berikut ini adalah penjelasan mengenai para pemeran utama dalam film Detective Chinatown:

Wang Baoqiang sebagai Tang Ren (Chinese: 唐仁)

Tang Ren adalah paman Qin dan seorang penipu yang tinggal di Bangkok. Ia mengklaim dirinya sebagai detektif terbaik di Chinatown. Tang menerima pekerjaan pengiriman anonim sebelum Qin tiba dan menjadi orang terakhir yang memasuki tempat kejadian pembunuhan Sompat. Karena itu, baik polisi maupun para perampok menganggapnya sebagai pelaku pembunuhan Sompat yang kemudian melarikan diri dengan emas yang dicuri.

Liu Haoran sebagai Qin Feng (Chinese: 秦风)

Qin Feng adalah keponakan Tang, seorang remaja berbakat yang memiliki persepsi dan memori yang luar biasa. Namun, ia ditolak dari akademi kepolisian, kemungkinan besar karena ia mengatakan ingin melakukan kejahatan sempurna saat ujian masuk. Ia pergi ke Bangkok untuk berlibur, tetapi secara tidak sengaja terlibat dalam kasus Sompat.

Tong Liya sebagai Xiang (Chinese: 阿香)

Xiang adalah pemilik rumah Tang sekaligus wanita yang dicintainya. Xiang memberikan tempat berlindung bagi Tang dan Qin selama mereka melarikan diri dari kejaran polisi dan perampok.

Chen He sebagai Huang Landeng (Chinese: 黄兰登)

Huang Landeng adalah saingan Kon Tai di departemen kepolisian. Ia sangat ambisius dan bersemangat untuk memecahkan kasus pembunuhan Sompat demi mendapatkan promosi sebagai wakil kepala polisi.

Xiao Yang sebagai Kon Tai (Chinese: 坤泰)

Kon Tai adalah seorang sersan polisi di departemen kepolisian Chinatown. Ia adalah teman dekat Tang dan saingan sersan Huang dalam penyelesaian kasus pembunuhan Sompat.

Xiaoshenyang sebagai Bei Ge (Chinese: 北哥)

Bei Ge adalah salah satu karakter pendukung dalam film ini, meskipun perannya tidak dijelaskan secara rinci.

Pan Yueming sebagai Lee (Chinese: 李)

Lee adalah salah satu karakter pendukung lainnya yang perannya juga tidak dijelaskan secara rinci.

Marc Ma sebagai Tony (Chinese: 托尼)

Tony adalah wakil Huang Landeng. Ia terlibat dalam skema perampokan emas dan berperan sebagai antagonis dalam film ini.

Zhang Zifeng sebagai Snow (Chinese: 斯诺)

Snow adalah seorang gadis muda yang merupakan teman sekelas putra Sompat yang hilang. Ia memiliki peran kunci dalam mengungkap latar belakang kasus pembunuhan Sompat.

Zhao Yingjun sebagai Vietnamese (Chinese: 越南仔)

Vietnamese adalah salah satu perampok emas dalam film ini.

Ekapan Bunluerit sebagai Rames SaengTham

Rames SaengTham adalah salah satu pemeran pendukung dalam film ini, meskipun perannya tidak dijelaskan secara rinci.

Chalee Immak sebagai Chalee Immak

Chalee Immak adalah salah satu pemeran pendukung dalam film ini, meskipun perannya tidak dijelaskan secara rinci.

Para pemeran dalam film Detective Chinatown membawa karakter-karakter yang menarik dan beragam, memberikan warna dan dinamika pada alur cerita komedi-misteri ini. Setiap karakter memiliki peran penting dalam mengembangkan plot dan menjaga ketegangan serta humor sepanjang film.

4 dari 4 halaman

Sekuel Detective Chinatown

Sekuel pertama, Detective Chinatown 2, yang juga ditulis dan disutradarai oleh Chen Sicheng, berlatar di Chinatown, New York City. Film ini dirilis pada 16 Februari 2018 selama musim liburan Tahun Baru Imlek. Selain dua pemeran utama, Wang Baoqiang dan Liu Haoran, yang kembali memerankan karakter mereka, film ini juga memperkenalkan pemeran pendukung baru seperti Xiao Yang, Michael Pitt, Natasha Liu Bordizzo, Yuen Wah, dan Satoshi Tsumabuki.

Sekuel lainnya, Detective Chinatown 3, dirilis pada 12 Februari 2021. Film ini melanjutkan petualangan karakter utama dan menambahkan elemen baru serta plot yang lebih kompleks.

Serial Web

Pada Januari 2020, serial web yang dibintangi oleh Lin Mo (Roy Chiu) dan Sa Sha (Zhang Yishang) memperluas semesta Detective Chinatown. Serial ini mengikuti kejadian setelah film pertama Detective Chinatown dan memperkenalkan detektif baru serta menggali lebih dalam misteri dan kasus yang terjadi bersamaan dengan peristiwa dalam film-film Detective Chinatown. Pada Februari 2024, musim kedua juga diproduksi, menampilkan kembalinya Kiko (Yuxian Shang) dari Detective Chinatown 2, yang mengulangi perannya sebagai salah satu protagonis utama dalam serial tersebut. Kedua musim ini tersedia secara eksklusif di layanan streaming video berlangganan iQIYI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.