Sukses

Ilmuwan Inggris Sebut Kuda Nil 1.8 Ton Bisa Terbang, Bikin Penasaran

Fakta aneh Kuda Nil terbang.

Liputan6.com, Jakarta Kuda Nil dikenal sebagai salah satu hewan yang punya bobot berat. Kuda Nil dewasa bisa mencapai berat 1800 kg atau 1.8 ton. Berarti 30 kali berat manusia 60 kg. Kuda Nil dikenal suka tinggal di kubangan air. Namun siapa sangka, ada pendapat aneh para ilmuwan yang menyebut Kuda Nil bisa terbang.

Penelitian terbaru dari Royal Veterinary College di Inggris telah mengungkapkan temuan mengejutkan tentang kuda nil, hewan besar dari Afrika yang ternyata bisa melontarkan keempat kakinya ke udara 15% dari waktunya saat berlari dengan kecepatan penuh. 

Temuan ini membuktikan bahwa kuda nil, yang beratnya bisa mencapai 4.000 pon (1800 kg), tampak seperti terbang saat mengejar spesies saingannya, dengan kecepatan mencapai 19 mil per jam.

Peneliti utama, John Hutchinson, berbicara kepada The Guardian mengenai tantangan yang dihadapinya dalam mempelajari kuda nil.

“Saya kesulitan menyelesaikan pekerjaan apa pun pada kuda nil sebelumnya karena mereka sangat sulit diakses. Mereka sangat berbahaya, mereka cenderung paling aktif di malam hari, dan menghabiskan banyak waktu di air,” ungkap Hutchinson dikutip Liputan6.com dari New York Post, Sabtu (6/7/2024). 

2 dari 3 halaman

Secara Teknis Kuda Nil Terbang

Untuk mengatasi kendala mempelajari kuda nil, para peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian di tempat perlindungan di Yorkshire Utara, di mana kuda nil memiliki ruang yang cukup untuk meluruskan kaki dan berlari sekencang-kencangnya. Hutchinson menjelaskan bahwa penelitian ini dilakukan sesederhana mungkin dalam konteks penelitian biomekanik.

Tim peneliti juga dengan cermat memeriksa video YouTube bingkai demi bingkai untuk memverifikasi bahwa keempat kaki kuda nil benar-benar terangkat dari tanah saat berlari. 

Hutchinson menjelaskan bahwa temuan ini penting untuk memahami bagaimana pergerakan pada hewan besar telah berevolusi sejak zaman dinosaurus, dan hal ini menjadi bagian penting dalam pemahaman kita tentang bagaimana hewan besar bergerak di darat.

Ke depannya, Hutchinson tertarik untuk mengeksplorasi apakah ada perbedaan kemampuan antara jenis dan usia kuda nil, dan dia penasaran apakah bayi kuda nil dapat melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan kuda nil dewasa, yang menurutnya akan sangat menarik.

 

 

3 dari 3 halaman

Fakta Unik Kuda Nil

Kuda nil terbesar yang pernah tercatat memiliki berat hingga 4,5 ton. Ada beberapa fakta menarik tentang kuda nil yang mungkin belum Anda ketahui. 

1. Kerabat Dekat Paus

Kerabat terdekat kuda nil adalah cetacea (paus, lumba-lumba) yang berasal dari nenek moyang yang sama.

2. Pecinta Air

Mereka menghabiskan banyak waktu di air agar tetap sejuk dan hidup di sepanjang Sungai Nil. Nama "kuda nil" berasal dari bahasa Yunani yang berarti 'kuda sungai'.

3. Tidur di Air

Kuda nil bisa tidur di dalam air dan otomatis muncul ke permukaan untuk bernapas tanpa terbangun. Mereka aktif merumput pada malam hari.

4. Tidak Bisa Berenang

Kuda nil tidak bisa berenang atau mengapung, tetapi berjalan di dasar sungai dan melompat di air.

5. Herbivora

Mereka memakan rumput dan buah, dengan gigi taring yang panjang dan berat. Kuda nil bisa mengonsumsi hingga 35 kilogram rumput per malam.

6. Mulut Lebar

Kuda nil bisa membuka mulut hingga 150 derajat dan mencapai lebar 1,2 meter. Menguap adalah tanda peringatan.

7. Sunblock Alami

Kuda nil menghasilkan keringat berwarna merah dan oranye yang berfungsi sebagai antibiotik dan penangkal sinar UV.

8. Pelari Cepat

Meski besar, kuda nil bisa berlari lebih dari 40 kilometer per jam di darat.

9. Menandai Wilayah 

Kuda nil menyebarkan kotoran dengan ekor untuk menandai wilayah. Kotoran mereka bisa menjadi racun bagi satwa lain.

10. Mamalia Mematikan di Afrika

Kuda nil membunuh lebih dari 500 orang per tahun di Afrika. Mereka sangat agresif dalam mempertahankan wilayahnya.