Sukses

7 Tips Ampuh untuk Menjaga Kulit Sehat, Lembap, dan Terawat Setiap Hari

Cuaca yang tidak menentu sering membuat kita menghadapi masalah umum yaitu kulit kering.

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu sering merasa kulitnya kering dan kasar? Bagi yang sering merasakannya, tenang, kamu nggak sendiri! Kulit tubuh yang sering kering memang masalah umum yang sering dihadapi manusia di antara padatnya aktivitas.

Melakukan perawatan yang tepat untuk kulit sangat penting. Terlebih, jika kamu hidup dengan cuaca yang nggak menentu dan lifestyle yang sibuk. Pastikan kamu memahami penyebab masalah kulitmu sehingga kamu dapat mengatasinya. Perawatan yang tepat akan memudahkanmu untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Nah, supaya kulit tubuh tetap lembap dan terawat, ada beberapa kiat yang bisa kamu coba. Yuk, simak tujuh kiat agar kulit menjadi sehat dan lembab sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (16/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Memilih Sabun yang Sesuai Jenis Kulit

Dalam menjaga kelembapan kulit, penting untuk memilih sabun mandi yang tepat. Sabun yang mengandung bahan kimia keras seperti sulfat harus dihindari karena dapat membuat kulit semakin kering. Lebih baik memilih sabun yang mengandung pelembap alami seperti glycerin, minyak zaitun, atau aloe vera.

Sebagai saran, untuk mendapatkan kelembapan ekstra, disarankan untuk memilih sabun dengan kandungan minyak zaitun. Selain itu, sabun berbahan dasar aloe vera dapat memberikan kulit yang lebih lembut dan terhidrasi.

3 dari 8 halaman

2. Rajin Mengaplikasikan Lotion Pelembap pada Kulit Tubuh

Setelah selesai mandi, pastikan untuk selalu mengaplikasikan pelembap di seluruh tubuh. Dengan menggunakan pelembap, kelembapan di kulit akan terjaga dan membuat kulit tetap lembut serta halus. Pilihlah pelembap yang cocok dengan jenis kulitmu dan memiliki bahan-bahan alami. Disarankan untuk mengoleskan pelembap segera setelah mandi, ketika kulit masih sedikit basah. Fokuskan pada area kulit yang cenderung kering, seperti siku, lutut, dan tumit.

4 dari 8 halaman

3. Minum Air Putih yang Cukup

Untuk menjaga kulit tetap lembap, tidak hanya diperlukan perawatan luar tetapi juga perawatan dari dalam tubuh. Pastikan kamu mengonsumsi cukup air putih setiap hari agar kulit tetap lembap. Air membantu menjaga elastisitas kulit dan memberikan kesan segar. Agar tidak lupa minum, bawalah botol air kemana pun kamu pergi. Kamu juga bisa menambahkan irisan buah seperti lemon atau mint untuk memberikan rasa yang lebih segar.

5 dari 8 halaman

4. Proteksi Kulit dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Selalu gunakan tabir surya setiap kali kamu keluar rumah, bahkan saat cuaca mendung, agar kulit tetap terlindungi dan terhidrasi. Pilih tabir surya dengan SPF yang sesuai dan kandungan pelembap yang dapat menjaga kelembapan kulit. Untuk perlindungan maksimal, gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Pilih produk yang mengandung hyaluronic acid atau ceramide untuk memberikan kelembapan ekstra.

6 dari 8 halaman

5. Lakukan Eksfoliasi Teratur

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit mati adalah langkah penting untuk menjaga kulit tetap lembut dan lembap. Dengan menghilangkan sel kulit mati, pelembap bisa menyerap lebih baik ke dalam kulit. Namun, jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi, cukup satu atau dua kali seminggu agar kulit tidak iritasi. Caranya, gunakan scrub yang lembut dengan bahan alami seperti gula atau oatmeal. Lakukan dengan gerakan memutar dan lembut, hindari menggosok terlalu keras.

 

7 dari 8 halaman

6. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Nutrisi yang baik dari makanan berdampak langsung pada kesehatan kulit. Konsumsi makanan kaya antioksidan, vitamin, dan mineral seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan berlemak sehat dapat mendukung kesehatan kulit. Makanan yang kaya akan omega-3 dan vitamin E juga membantu menjaga kelembapan dan elastisitas kulit.

8 dari 8 halaman

7. Beristirahat yang Cukup

Tidur yang berkualitas adalah faktor penting dalam menjaga kesehatan kulit. Selama tidur, kulit melakukan proses regenerasi dan perbaikan. Usahakan untuk tidur cukup setiap malam—sekitar 7-8 jam—untuk memberikan waktu bagi kulit untuk memperbaiki dirinya dan mengurangi stres yang dapat mempengaruhi kondisi kulit.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.