Sukses

Jangan Dibuang! Ini 6 Cara Kreatif Manfaatkan Kembali Makeup yang Sudah Kedaluwarsa

Perhatikan langkah-langkah penggunaan makeup yang sudah kedaluwarsa.

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu seorang pecinta makeup? Jika iya, pernahkah kamu memeriksa tanggal kedaluwarsa setiap produk yang kamu gunakan? Setiap produk makeup memiliki batas waktu penggunaan yang perlu diperhatikan untuk memastikan keamanan penggunaannya.

Menurut Dr. Geetika Mittal Gupta, seorang dokter estetik dari ISAAX Luxe, produk makeup yang sudah kedaluwarsa kemungkinan besar telah terkontaminasi oleh bakteri, jamur, atau patogen berbahaya lainnya. Menggunakan produk makeup yang sudah expired dapat membahayakan kesehatan kulitmu.

Oleh karena itu, sebaiknya produk makeup yang sudah kedaluwarsa dibuang dan digantikan dengan yang baru. Namun, menurut India Times, kamu tidak perlu buru-buru membuang produk makeup yang sudah expired karena ada beberapa cara kreatif untuk memanfaatkannya kembali, sebagaimana dilansir oleh Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (23/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara manfaatkan kembali makeup yang sudah kedaluwarsa

1. Maskara

Biasanya, maskara akan kedaluwarsa dalam tiga hingga enam bulan pemakaian. Namun, jangan buru-buru membuangnya! Kamu masih bisa memanfaatkan spoolie atau kuas dari maskara tersebut untuk merapikan alis. Selain itu, maskara yang sudah kedaluwarsa juga bisa digunakan untuk menutupi uban yang tiba-tiba muncul.

2. Eye Shadow

Seringkali, beberapa warna dalam palet eyeshadow habis karena sering digunakan, sementara sisanya dibiarkan hingga kedaluwarsa. Daripada dibuang, kamu bisa memanfaatkan sisa warna eyeshadow sebagai cat kuku. Campurkan bubuk eyeshadow dengan cat kuku transparan untuk menambahkan warna yang menarik.

3. Lipstik

Lipstik yang sudah kedaluwarsa dapat diubah menjadi produk dekoratif dengan cara dipanaskan terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk membunuh bakteri dan jamur yang mungkin ada pada lipstik. Akan lebih baik jika lipstik tersebut dimasukkan ke dalam UV Sterilizer untuk memastikan semua bakteri benar-benar mati. Setelah itu, campurkan dengan petroleum jelly untuk membuat lip balm yang baru.

3 dari 3 halaman

Cara manfaatkan kembali makeup yang sudah kedaluwarsa

4. Loose Powder

Bedak tabur yang sudah melewati masa pakainya ternyata masih bisa bermanfaat, lho! Kamu bisa menggunakannya untuk mengatasi rambut berminyak, mirip seperti dry shampoo. Caranya mudah, cukup taburkan sedikit loose powder pada bagian rambut yang lepek, lalu usapkan perlahan agar minyak berlebih terserap.

5. Eyeliner

Masih punya banyak eyeliner yang sudah kadaluwarsa? Jangan khawatir, kamu bisa memanfaatkannya untuk mempercantik kuku. Gunakan eyeliner pen untuk membuat berbagai desain grafis pada kuku, dan tampilkan gaya unikmu!

6. Lip Balm

Lip balm yang sudah expired juga masih bisa berguna, terutama untuk mengatasi resleting yang macet atau memoles sepatu agar lebih berkilau. Cukup aplikasikan sedikit lip balm pada resleting yang macet sebagai pelumas, dan resleting pun akan kembali lancar. Untuk sepatu, gunakan sikat sepatu untuk meratakan lip balm ke seluruh permukaan sepatu agar terlihat lebih mengkilap.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.