Sukses

9 Cara Mengenali Cintamu Bertepuk Sebelah Tangan, Menganggapmu Sebatas Teman

Meskipun cinta adalah perasaan yang indah, namun jika itu tidak berbalas, bisa sangat menyakitkan dan membingungkan.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun cinta adalah perasaan yang indah, namun jika itu tidak berbalas, bisa sangat menyakitkan dan membingungkan. Mencintai seseorang yang tidak merasakan hal yang sama dapat membuatmu merasa diabaikan, tidak dihargai, dan tidak berarti.

Menyadari tanda-tanda bahwa cintamu tidak terbalas atau bertepuk sebelah tangan dapat membantu kamu memahami situasi dan membuat keputusan terbaik untuk dirimu sendiri. Mengenali tanda-tanda bahwa cintamu tidak terbalas juga memberikan ruang bagimu untuk membuka hati pada yang lebih tulus di masa mendatang.

Berikut adalah sembilan tanda yang dapat menunjukkan bahwa cintamu bertepuk sebelah tangan. Simak penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (26/9/2024):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Kurangnya Inisiatif dari Pihaknya

Jika kamu selalu menjadi orang yang menghubungi terlebih dahulu, merencanakan pertemuan, atau memulai percakapan, ini bisa menunjukkan bahwa dia tidak memiliki ketertarikan yang sama denganmu. Ketika seseorang tertarik, mereka akan berusaha untuk terlibat dan mengambil inisiatif dalam berkomunikasi. Jika tidak, jangan berharap ada inisiatif yang datang darinya.

3 dari 10 halaman

2. Respon yang Singkat,Tidak Antusias

Orang yang tidak memiliki perasaan yang sama denganmu, cenderung memberikan respon yang singkat dan kurang antusias. Jika balasan pesan atau tanggapan mereka terhadap obrolanmu selalu singkat dan tidak menunjukkan minat, ini bisa menjadi indikasi bahwa mereka tidak menyukaimu. 

4 dari 10 halaman

3. Jarang atau Tidak Pernah Mengajak Bertemu

Jika kamu selalu yang berinisiatif untuk mengajaknya bertemu dan dia jarang atau tidak pernah mengajakmu bertemu, ini menunjukkan bahwa dia mungkin kurang tertarik. Seseorang yang tertarik padamu akan berusaha meluangkan waktu untuk bertemu dan menghabiskan waktu bersama.

5 dari 10 halaman

4. Tidak Ada Perhatian Khusus

Ketika seseorang menyukaimu, mereka akan menunjukkan perhatian khusus. Seperti mengingat hal-hal kecil tentangmu atau menunjukkan rasa peduli terhadap kesejahteraanmu. Jika dia tampak tidak peduli atau tidak ingat detail tentang dirimu, ini bisa menjadi tanda bahwa perasaannya tidak sama, dengan apa yang kamu rasakan selama ini padanya. 

6 dari 10 halaman

5. Sering Menghindar atau Membatalkan Rencana

Bila dia kerap menghindari atau membatalkan rencana yang telah kamu buat, ini menunjukkan kurang minatnya. Orang yang tertarik akan berusaha untuk mematuhi komitmen mereka. Mereka tidak akan menghindari atau membatalkan rencana tanpa alasan yang jelas.

7 dari 10 halaman

6. Tidak Terbuka tentang Kehidupan Pribadi

Jika seseorang tertarik padamu, mereka akan berbagi tentang kehidupan pribadi mereka, termasuk cerita, pengalaman, dan perasaan. Jika mereka tidak mau membicarakan hal-hal pribadi, ini mungkin menunjukkan bahwa mereka tidak menganggapmu penting dalam hidup mereka.

Seseorang yang tertarik juga akan antusias mendengarkan cerita pribadimu. Jika mereka sama sekali tidak tertarik, cobalah bertanya lagi apakah mereka merasakan hal yang sama denganmu.

8 dari 10 halaman

7. Tidak Ada Upaya untuk Mengenal Lebih Dalam

Jika dia tidak berusaha untuk mengenalmu lebih dalam atau tidak menunjukkan minat untuk memahami perasaan dan pandanganmu, ini bisa menjadi tanda bahwa dia tidak merasakan ketertarikan yang sama. Orang yang tertarik memiliki keinginan untuk mengetahui lebih banyak tentang dirimu. Dia juga mengusahakan apa yang membuatmu bahagia.

9 dari 10 halaman

8. Bercerita tentang Orang Lain

Jika dia sering bercerita tentang orang lain yang dia sukai atau bagaimana dia berkencan dengan orang lain, ini bisa sangat menyakitkan dan menunjukkan bahwa dia tidak melihatmu sebagai calon pasangan. Hal ini menunjukkan bahwa fokus emosionalnya tidak pada dirimu. 

10 dari 10 halaman

9. Merasa Tidak Nyaman Saat Mendekat

Jika kamu merasa ada ketegangan atau ketidaknyamanan ketika berusaha mendekatinya, ini bisa menjadi tanda bahwa dia tidak terbuka untuk hubungan yang lebih dekat. Rasa tidak nyaman ini bisa jadi pertanda bahwa dia tidak siap atau tidak tertarik untuk melanjutkan ke tahap yang lebih intim. 

Jika jelas bahwa dia tidak merasakan hal yang sama, pertimbangkan untuk melanjutkan hidup dan membuka diri lagi. Ini demi hubungan baru yang lebih sehat dan saling. Saat mendapati kenyataan ini, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan emosional dan fisikmu. Lakukan aktivitas yang bisa membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraanmu.

Ingatlah bahwa cinta sejati adalah tentang saling menghargai dan saling merasakan. Jangan ragu untuk mencari hubungan yang lebih baik dan sehat, jika memang hubungan yang kamu jalani tak memberikan kedua hal itu. Berjuang sendiri akan terasa sangat menyakitkan. Jadi, buatlah keputusan terbaik dan terbijak yang bisa kamu lakukan.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.