Sukses

Sulit Cari Kerja, Pria Ini Cetak CV di Kaus yang Jadi Iklan Berjalan

Aksi pelamar kerja anti mainstream.

Liputan6.com, Jakarta Seorang sarjana baru di Tiongkok berhasil menarik perhatian jagat maya dengan cara yang unik dan kreatif. Song Jiale, 21 tahun, mencetak resume (CV) untuk pekerjaan di sebuah kaus, menjadikannya iklan berjalan yang mengundang perhatian dan kekaguman netizen.

Baru saja meraih gelar sarjana dari Sekolah Geomatika Universitas Wuhan di Provinsi Hubei, Cina tengah, Song menghadapi kesulitan dalam mencari kerja. Meskipun telah mengirimkan banyak lamaran, ia tetap gagal mendapat kesempatan. Tidak menyerah, Song mencetak bagian depan kaosnya dalam bahasa mandarin yang artinya;

"Angkatan 2024 mencari pekerjaan, silakan lihat bagian belakang." Di bagian belakang, terdapat salinan lengkap CV-nya yang mencantumkan nama, universitas, jurusan, kegiatan kemahasiswaan, dan pengalaman magang nya.

Untuk memudahkan perekrut, Song juga menambahkan kode QR di atas fotonya. Cara ini memungkinkan siapa saja untuk menghubunginya dengan mudah. Di samping kode tersebut, tertulis pesan:

"Bagi staf HR yang merasa terkesan, dan lulusan lain yang ingin membangun jaringan, cukup pindai ini!"

"Mencari pekerjaan sama sulitnya dengan mencari pasangan, mari kita saling membantu,” tulis pesan inspiratif dalam CV di kaos tersebut Dikutip Liputan6.com dari South China Morning Post, Selasa (16/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Inspirasi Orang Tua di Kampung

Song mengenakan kaus CV tersebut saat melakukan perjalanan dengan kereta api dari kampung halamannya kembali ke Hubei. Ide unik ini terinspirasi dari penduduk lanjut usia di kampung halamannya di Provinsi Henan, yang sering berjalan-jalan sambil membawa papan iklan.

"Dengan begitu banyak orang di jalan, saya seperti papan reklame berjalan, yang pasti diperhatikan oleh para pemberi kerja dan profesional SDM," tulis Song di media sosial Xiaohongshu.

Aksi kreatifnya memicu banyak percakapan dengan penumpang lain yang tertarik. Selain itu, fotonya menjadi viral di media sosial setelah seorang pejalan kaki mengunggahnya, menarik sekitar 385.000 tampilan di Douyin.

Song Jiale telah membuktikan bahwa kreativitas dan keberanian bisa membuka peluang di tengah persaingan yang ketat.

3 dari 3 halaman

Banyak Panggilan Interview

Aksi unik yang dilakukan Song berbuah manis. Banyak perusahaan menghubunginya. Pada akhirnya, ia menemukan magang di sebuah perusahaan di industri pakaian olahraga. Postingan yang viral kemungkinan menjadi faktor kunci diterimanya dia.

Begitu tiba di perusahaan untuk wawancara kerja, seorang anggota staf mengangkat telepon dan menunjukkan fotonya, bertanya apakah itu benar dirinya. Hal ini diungkapkan Song melalui platform Xiaohongshu.

Pengamat daring memuji Song sebagai bakat dalam pemasaran media sosial. Beberapa orang bahkan menyarankan Song untuk bekerja di bidang tersebut, mengingat kehebatannya dalam menciptakan konten viral. Ada juga yang berharap Song bisa bergabung dengan perusahaan mereka, mengakui bakat luar biasanya.

Di tengah tantangan pasar kerja Tiongkok yang semakin sulit, upaya kreatif Song memberikan inspirasi. Tahun ini, 11,58 juta lulusan universitas baru memasuki pasar kerja. Meningkat di China, ada 820.000 dari tahun lalu dengan tingkat pengangguran di kalangan muda berusia 16 hingga 24 tahun melonjak di atas 18 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.