Sukses

7 Makanan Lezat dan Sehat yang Efektif Menurunkan Kolesterol Tinggi

Ada beberapa makanan enak yang bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi tanpa membuat bosan.

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan sangat dipengaruhi oleh makanan yang di konsumsi setiap hari. Ada makanan yang sangat baik untuk kesehatan, tetapi ada juga makanan yang dianggap buruk dan dapat memperburuk kesehatan. Beberapa makanan dapat meningkatkan kadar kolesterol, tekanan darah, dan gula darah.

Tetapi jangan khawatir, di antara makanan-makanan yang tidak sehat yang menyebabkan kolesterol tinggi, ada beberapa makanan yang sangat efektif dalam menurunkan kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi sendiri merupakan salah satu faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan stroke.

Namun, mengontrol kolesterol tidak selalu berarti harus mengonsumsi makanan yang hambar dan tidak menarik. Berikut ini adalah beberapa makanan enak yang dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi secara alami, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (2/10/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Buah Alpukat

Dengan mengonsumsi alpukat secara rutin dan dalam porsi yang tepat, tidak hanya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, tetapi juga membantu menjaga kadar lemak dan gula darah dalam tubuh. Alpukat dapat ditambahkan dalam salad, sandwich, atau digunakan untuk membuat guacamole yang lezat.

3 dari 8 halaman

2. Makanan Ikan

Ikan berlemak seperti salmon, makarel, dan sarden mengandung banyak asam lemak omega-3. Nutrisi ini dapat membantu menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolesterol HDL. Disarankan untuk mengonsumsi ikan berlemak minimal dua kali seminggu. Selain membantu menurunkan kolesterol, ini juga dapat meningkatkan kecerdasan otak dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4 dari 8 halaman

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang mete memiliki kandungan lemak baik, serat, dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Sebagai alternatif camilan yang tidak sehat, camilan ini bisa menjadi pilihan yang sehat dan enak.

5 dari 8 halaman

4. Oatmeal

Anda dapat memulai hari Anda dengan sarapan oatmeal yang lezat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dan juga cocok untuk menu diet sehari-hari. Tambahkan buah-buahan segar untuk rasa yang lebih nikmat.

6 dari 8 halaman

5. Minyak Zaitun

Mengganti minyak sayur dengan minyak zaitun akan membuat makanan lebih sehat dan efektif dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi karena minyak zaitun extra virgin kaya akan antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Selain itu, minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai dressing salad atau untuk memasak makanan sehari-hari.

7 dari 8 halaman

6. Teh Hijau

Mengonsumsi teh hijau secara teratur adalah tambahan yang baik untuk diet sehari-harimu karena teh hijau mengandung katekin dan antioksidan lainnya yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

8 dari 8 halaman

7. Buah Beri

Buah beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry mengandung banyak serat dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Kamu bisa menambahkan buah beri ke dalam yogurt, oatmeal, atau mengonsumsinya sebagai camilan segar. Selain itu, buah beri juga mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Rutin mengonsumsi buah ini tidak hanya membuat kamu sehat, tetapi juga membuatmu terlihat cantik alami dari dalam tubuh. Selain itu, buah beri juga dapat membantu menjaga keawetan kulit.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.