Sukses

Cara Agar Kulit Tetap Sehat di Tengah Cuaca Ekstrem, Wajib Diperhatikan

Perubahan cuaca yang ekstrem ini dapat berdampak pada kesehatan tubuh dan kulit kita.

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu merasa akhir-akhir ini cuaca berubah dengan sangat ekstrem? Pagi hari matahari bersinar terik, namun tiba-tiba gelap dan hujan di sore harinya. Perubahan cuaca yang ekstrem ini dapat berdampak pada kesehatan tubuh dan kulit kita.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kondisi cuaca yang tidak menentu membuat kulit kita membutuhkan perawatan ekstra. Salah satu cara yang mudah untuk menjaga kulit tetap sehat selama cuaca ekstrem adalah dengan menjaga kelembapan kulit.

Kulit yang kering dan kusam akibat perubahan cuaca ekstrem seringkali membuat penampilan kita menjadi kurang menarik, tidak nyaman, dan bahkan dapat menyebabkan gatal-gatal akibat alergi. Oleh karena itu, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa tips agar kulit tetap sehat dan lembab di tengah cuaca panas, Selasa (23/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minum Air Putih Cukup dan Makan yang Mengandung Vitamin

Kapan sih waktu yang tepat untuk minum air putih? Saat kamu bangun tidur, tubuhmu mengalami dehidrasi, jadi minumlah air putih agar tubuhmu tidak kekurangan cairan. Jangan lupa, saat perutmu kosong di pagi hari, minum air putih dapat meningkatkan laju metabolisme sebanyak 24 persen.

Selain itu, air putih juga membantu tubuhmu mencerna makanan dan membuang racun dari dalam tubuh, membuatnya lebih mudah. Terakhir, jangan lupa minum air putih sebelum tidur agar kulitmu tetap terhidrasi saat tidur.

Selain minum air putih, makan buah dan vitamin juga sangat penting untuk menjaga asupan nutrisimu. Terutama buah-buahan yang mengandung Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin E, seperti jeruk, kiwi, tomat, anggur, dan strawberry. Terlebih dianjurkan pula setiap harinya minum delapan gelas air putih dengan ukuran 230 ml atau sekitar 2 liter.

Jika kamu jarang makan buah, kamu bisa mengonsumsi Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin E sebagai suplemen harianmu agar kulitmu tetap sehat.

3 dari 3 halaman

Menggunakan Sunscreen

Menggunakan sunscreen juga merupakan pilihan yang tepat untuk melindungi kulit wajah dari paparan langsung sinar matahari. Produk dengan SPF 50 PA++++ dapat melindungi kulit dari sinar UV A/B yang berbahaya.

Penting juga untuk menggunakan sunscreen dengan kandungan skincare agar kulit tetap terjaga dari sinar matahari dan tidak terlihat kusam. Selain itu, sunscreen juga dapat membantu mencerahkan wajah. Namun, seringkali penggunaan sunscreen terasa tidak nyaman karena teksturnya yang lengket, tebal, dan terlihat berminyak. Kamu juga sebaiknya memilih sunscreen yang cocok dengan jenis kulit agar terasa nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.