Sukses

5 Makanan Ini Dapat Mencegah Proses Penuaan Diri, Apa Saja?

Anda dapat memperlambat proses penuaan dan mempertahankan kulit tetap muda lebih lama dengan menikmati hidangan-hidangan lezat berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang rela mengeluarkan biaya besar demi mendapatkan kulit dan wajah yang tampak lebih muda. Padahal, kulit yang sehat dan awet muda bisa diperoleh melalui rutinitas perawatan dan pola makan yang baik.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi dapat membantu memperlambat proses penuaan kulit. Namun, ini bukan berarti kerutan akan hilang dalam semalam.

Menurut Rajani Katta MD, seorang dokter kulit bersertifikat dan anggota fakultas klinis di Fakultas Kedokteran Baylor AS, diperlukan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan kulit yang sehat melalui kebiasaan makan yang baik.

"Ketika Anda memikirkan cara makan untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat atau tampak lebih muda, itu adalah sebuah proses jangka panjang," ujar Katta, seperti dikutip Liputan6.com dari Verywell Health, Selasa (23/7/2024).

Meski demikian, tambahnya, tidak pernah ada kata terlambat untuk mulai mengubah pola makan, bahkan jika kolagen atau protein yang memberikan elastisitas pada kulit sudah mengalami kerusakan permanen. Kehilangan kolagen bisa disebabkan oleh penuaan, paparan sinar matahari, merokok, atau polusi.

Selain itu, berbagai faktor seperti genetika, stres, masalah tidur, dan asupan air juga dapat memengaruhi kondisi kulit. Namun, makanan yang kita konsumsi juga dapat memberikan perbedaan yang signifikan.

"Meskipun tidak ada satu jenis makanan yang bisa mengubah proses penuaan, pola makan yang sehat secara keseluruhan dapat membantu memengaruhi cara kita menua," kata Allison Tallman, MS, RD, seorang ahli diet terdaftar yang berbasis di Nashville, AS.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa makanan yang bisa mencegah proses penuaan dini, Selasa (23/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Alpukat

Ketika berkunjung ke toko kecantikan, sering kali kamu menemui produk yang mengklaim mengandung alpukat, lengkap dengan gambar alpukat hijau yang menarik perhatian.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi alpukat juga dapat memberikan beberapa manfaat anti-penuaan.

Sebuah studi kecil yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology mengungkapkan bahwa wanita yang mengonsumsi alpukat setiap hari selama delapan minggu mengalami peningkatan elastisitas dan kekencangan kulit.

Para peneliti menyarankan bahwa makanan yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan karotenoid dapat membuat kulit tampak lebih muda. Karotenoid adalah pigmen alami yang terdapat pada banyak buah, sayuran, dan jamur, serta berfungsi sebagai antioksidan yang dapat meminimalisir kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif.

3 dari 6 halaman

2. Buah Beri

Buah beri dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung, mengurangi risiko beberapa jenis kanker, serta mendukung perlindungan kulit.

Kathryn Piper, seorang ahli diet, menyatakan, “Stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry mengandung antioksidan yang, berdasarkan penelitian, dapat mencegah kerusakan kulit serta melindungi kulit Anda dari dampak buruk sinar UV dan polutan.”

Walaupun penelitian mengenai bagaimana makanan yang kaya antioksidan dapat melindungi kulit dari sinar UV masih terbatas, beberapa ilmuwan berpendapat bahwa antioksidan alami bisa membantu mengurangi efek merusak dari paparan sinar UV dan melindungi kulit dari penuaan akibat sinar matahari.

4 dari 6 halaman

3. Tomat

Tomat kaya akan vitamin C dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Tidak jarang kita melihat video di TikTok yang memberikan tips mencampurkan tomat dengan yoghurt untuk membuat masker wajah alami.

Mengonsumsi tomat juga bisa membantu kulit tampak lebih muda dan bercahaya. Sebuah uji coba terkontrol secara acak pada tahun 2001 menemukan bahwa konsumsi pasta tomat dapat meningkatkan ketahanan kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

Menurut Katta, studi ini adalah salah satu pengecualian di mana orang dapat melihat perubahan pada kulit mereka dalam waktu relatif singkat. Setelah tiga bulan, kulit orang menjadi lebih tahan terhadap sengatan matahari, ujarnya.

5 dari 6 halaman

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli kaya akan kandungan seperti vitamin, mineral, serta antioksidan seperti vitamin C dan E.

Nutrisi-nutrisi ini tidak hanya melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari, tetapi juga membantu meredakan peradangan.

6 dari 6 halaman

5. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan seperti almond dan kenari, serta biji-bijian seperti chia dan biji labu, merupakan sumber kaya vitamin E, seng, dan selenium yang sangat penting untuk merawat kesehatan kulit dan rambut Anda.

Mengonsumsi makanan ini secara teratur dipercaya dapat membantu mencegah penuaan dini, sehingga Anda akan tampak lebih awet muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.