Sukses

Mengatasi Kerinduan, Ini 8 Sikap yang Dapat Membantu Anda Move On

Apa yang bisa dilakukan agar tidak merindukan orang yang tak bisa dimiliki?

Liputan6.com, Jakarta Kerinduan adalah perasaan yang sangat manusiawi dan alami ketika seseorang kehilangan atau tidak bisa bersama dengan orang yang dicintai. Meskipun merindukan seseorang adalah hal yang wajar, terlalu larut dalam perasaan ini dapat berdampak negatif pada kesejahteraan emosional dan mental. Kerinduan yang berlarut-larut bisa mengganggu produktivitas, menghambat kemampuan untuk menikmati momen saat ini, dan bahkan mempengaruhi hubungan dengan orang lain.

Oleh karena itu, penting untuk menemukan cara-cara yang sehat dan konstruktif dalam mengatasi kerinduan dan melanjutkan hidup. Ada beberapa sikap yang dapat membantu dalam proses move on dari perasaan kerinduan yang mendalam. Sikap-sikap ini tidak hanya memperkuat mental, tetapi juga membantu fokus pada hal-hal positif dalam hidup.

Dengan menerapkan sikap-sikap tersebut, seseorang dapat membangun kembali kebahagiaan dan kesejahteraan, serta membuka diri untuk peluang-peluang baru yang mungkin datang. Berikut adalah delapan sikap yang dapat membantu mengatasi kerinduan dan melanjutkan hidup dengan lebih optimis, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (20/9/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Menghadapi Kenyataan dengan Penuh Ketulusan

Menerima kenyataan bahwa seseorang tidak dapat bersama anda adalah langkah pertama untuk berhenti merindukannya. Meskipun proses ini tidaklah mudah dan membutuhkan waktu, menerima kenyataan dengan ikhlas akan memberikan ketenangan hati.

Penting untuk diingat bahwa merelakan adalah bagian dari perjalanan hidup yang harus dilewati. Dengan menerima kenyataan, anda dapat melepaskan harapan yang tidak realistis dan memulai membangun kembali kehidupan anda tanpa terbayang oleh orang tersebut.

3 dari 9 halaman

2. Menitikberatkan pada Diri Pribadi

Salah satu cara yang efektif untuk menghentikan kerinduan terhadap seseorang adalah dengan fokus lebih pada diri sendiri. Temukan apa yang membuatmu bahagia dan mulailah mengejar hal tersebut.

Misalnya, dapat mencoba hobi baru, berolahraga, atau menyelesaikan proyek-proyek pribadi yang tertunda. Dengan mengalihkan perhatian ke hal-hal yang positif dan produktif, pikiran akan semakin jarang kembali kepada kerinduan yang menimbulkan rasa sakit.

4 dari 9 halaman

3. Mencegah Pemicu Kenangan

Sementara waktu, menghindari pemicu-pemicu kenangan akan membantu mengurangi rasa rindu yang dirasakan setiap orang. Lagu, tempat, atau aktivitas tertentu dapat menjadi pemicu kenangan yang membuat seseorang merindukan orang lain. Tidak perlu merasa bersalah ketika menghindari hal ini, karena hal tersebut hanya merupakan langkah sementara sampai seseorang benar-benar mampu menghadapi kenangan tersebut tanpa merasa terlalu sakit.

5 dari 9 halaman

4. Mencari Teman Curhat

Mengungkapkan perasaan dan berkomunikasi dengan orang-orang yang dipercaya dapat menjadi cara yang efektif untuk meredakan rasa kangen. Mereka mungkin memiliki sudut pandang baru yang dapat membantu anda melihat situasi dengan lebih jelas.

Berbicara dengan teman atau keluarga yang mendukung juga dapat memberikan perasaan lega dan mengurangi beban emosional. Jangan ragu untuk mencari dukungan dari orang-orang terdekat anda.

6 dari 9 halaman

5. Mempertahankan Jarak

Menghindari kontak fisik dan emosional dengan orang yang dirindukan adalah langkah penting dalam proses pemulihan. Jika memungkinkan, sebaiknya mengurangi pertemuan atau komunikasi dengannya untuk sementara waktu.

Ini tidak berarti mengakhiri hubungan secara permanen, tetapi memberikan kesempatan untuk menyembuhkan diri dan belajar hidup tanpa kehadirannya. Menjaga jarak akan membantu membangun kembali keseimbangan emosional dan mengurangi rasa rindu.

7 dari 9 halaman

6. Menemukan Pengalaman Baru

Mengalihkan perhatian dari kerinduan bisa dilakukan dengan mencoba hal-hal baru. Misalnya, kamu bisa melakukan perjalanan ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, bergabung dengan komunitas baru, atau mengikuti kursus yang menarik. Selain dapat mengalihkan pikiran, pengalaman baru juga membuka kesempatan untuk bertemu orang-orang baru yang mungkin bisa memberikan pengaruh positif dalam hidupmu.

8 dari 9 halaman

7. Membuat Catatan Harian

Menulis jurnal atau diary tentang perasaan adalah cara yang ampuh untuk mengekspresikan diri tanpa takut dihakimi. Dalam tulisan tersebut, semua perasaan dan pikiran yang muncul, termasuk kerinduan, dapat dicurahkan.

Proses menulis ini akan membantu untuk lebih memahami dan menerima perasaan tersebut. Selain itu, saat membaca kembali tulisan-tulisan di masa depan, perspektif baru tentang sejauh mana telah tumbuh dan sembuh dari kerinduan akan didapatkan. 

9 dari 9 halaman

8. Merawat Kesehatan Fisik dan Mental

Untuk mengatasi kerinduan, penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Pastikan mendapatkan istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan yang sehat, dan rutin berolahraga. Melakukan aktivitas fisik dapat membantu melepaskan endorfin yang meningkatkan mood dan membuat merasa lebih baik secara keseluruhan.

Selain itu, mencoba teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga dapat menjaga keseimbangan emosional dan mental. Merindukan seseorang yang tidak bisa dimiliki memang sulit. Namun, dengan sikap yang tepat, mental dapat diperkuat dan hidup menjadi lebih bahagia.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.