Sukses

4 Dampak Buruk Kesepian, Perlu Pikirkan Lagi Pilihan untuk Tidak Sendirian

Yuk baca informasi berikut ini jika kamu ingin tahu apa saja dampak buruk dari kesepian.

Liputan6.com, Jakarta Sudah pernahkah kamu merasakan kesendirian di tengah-tengah menjalani kehidupan? Kesendirian sebenarnya dapat dialami oleh siapa pun, tanpa memandang usia atau gender. Biasanya, kondisi ini muncul karena seseorang cenderung suka menyendiri dan enggan bergaul atau bersosialisasi dengan orang lain.

Namun, tahukah kamu bahwa kesendirian dapat membawa dampak negatif? Mulai dari mengganggu kesehatan tubuh hingga mengurangi kebahagiaan dalam hidup. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk tidak menjauh dari kehidupan sosial.

Terlebih lagi, manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang membutuhkan bantuan dan peran dari orang lain. Bagi kamu yang penasaran dengan dampak negatif dari kesendirian, mari bersama baca informasi berikut ini, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (1/10/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Fungsi Otak Menurun

Ternyata, penelitian menunjukkan bahwa kesepian yang berlarut-larut dapat menyebabkan gangguan kognitif, termasuk demensia. Jika terjadi demensia, kamu mungkin akan mengalami kesulitan dalam mengingat dan berkonsentrasi.

3 dari 5 halaman

2. Menurunnya Kekebalan Tubuh

Tidak hanya berdampak pada fungsi otak, kesepian juga dapat melemahkan daya tahan tubuh karena dapat mengabaikan pola hidup sehat seperti sering makan yang tidak sehat, lebih suka begadang, dan terlalu banyak overthinking terhadap segala sesuatu. Jika terus dilakukan, imunitas tubuh akan semakin melemah dan rentan terhadap masalah kesehatan.

4 dari 5 halaman

3. Cenderung Mudah Stres dan Depresi

Ketika merasa kesepian, kamu akan kehilangan motivasi dalam melakukan segala sesuatu, baik itu dalam pekerjaan, sekolah, maupun aktivitas di rumah. Kesepian dapat menyebabkan stres dan depresi, yang bisa berbahaya karena dapat mendorong seseorang untuk melakukan tindakan negatif yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Oleh karena itu, penting untuk tetap bersosialisasi dengan orang di sekitar, namun tetap selektif.

5 dari 5 halaman

4. Tidak Terlalu Bahagia

Kesepian dapat menyebabkan stres dan depresi, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kebahagiaan seseorang. Tanpa adanya orang yang dekat di sekitar, seseorang akan merasa sedih dan terbebani. Menceritakan banyak masalah juga menjadi sulit, apalagi membagi beban hidup. Jika itu terjadi, kehidupan akan menjadi sulit.

Oleh karena itu, jangan meremehkan kesepian yang dirasakan. Dampak buruk dari kesepian sudah dijelaskan di atas. Untuk mengatasinya, mulailah bersosialisasi dengan orang lain mulai sekarang. Jika sulit dilakukan dalam kehidupan nyata, kamu dapat mencoba bergaul dengan orang lain melalui aplikasi sosial.

Lebih menarik lagi, kamu dapat bertemu dengan orang-orang dari seluruh dunia secara online di platform ini. Kamu juga dapat memulai percakapan video langsung dengan mereka. Sungguh keren, bukan?

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.