Sukses

Cara Merebus Jantung Pisang yang Kaya Serat, Cocok untuk Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi jantung pisang bisa menjadi solusi alami untuk menurunkan kadar kolesterol. Ini karena jantung pisang kaya akan serat, vitamin C, potasium, dan antioksidan, yang semuanya memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta Jantung pisang, bagian inti dari bunga pisang yang masih muda, sering kali diabaikan sebagai bahan makanan, padahal memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Salah satu manfaat utamanya adalah kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Jantung pisang kaya akan serat, vitamin C, potasium, dan antioksidan, yang semuanya berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Mengonsumsi jantung pisang bisa menjadi cara alami untuk menurunkan kolesterol.

Cara penyajiannya pun cukup sederhana, cukup direbus dan disajikan sebagai sayur. Selain itu, jantung pisang juga rendah gula, sehingga dapat membantu mengurangi risiko diabetes dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara merebus jantung pisang sebagai penurun kolesterol, simak panduan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (21/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara merebus jantung pisang

Bahan-bahan:

  • 1 buah jantung pisang
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Kupas kulit terluar jantung pisang yang berwarna merah karena bagian ini cenderung alot saat dimakan. Ambil calon pisang muda atau bunga pisang yang menempel di setiap lapisan kulit jantung pisang. Bagian ini jangan dibuang karena bisa dimakan. Cukup buang putik bagian dalamnya yang panjang karena teksturnya keras seperti karet dan tidak bisa dimakan.
  2. Rebus air hingga mendidih di dalam panci. Masukkan calon pisang yang masih berupa bunga tersebut. Rebus selama 5 menit atau hingga layu.
  3. Potong-potong jantung pisang dengan cepat. Tidak masalah jika ukurannya besar. Langsung masukkan potongan jantung pisang ke dalam panci. Aduk rata hingga terendam air. Saat memotong, jangan biarkan terlalu lama di atas talenan karena warnanya akan menghitam dan kurang menarik dilihat.
  4. Begitu jantung pisang sudah empuk, angkat dan tiriskan. Rendam ke dalam air bersih untuk menghilangkan sisa getah dan air hitamnya. Tiriskan kembali.
  5. Jantung pisang siap diolah menjadi sayur pecel, sayur urap, atau tumis dengan sedikit bumbu sebagai perasa. Usahakan untuk tidak mengolah jantung pisang dengan santan atau bahan dengan kadar kolesterol tinggi agar manfaatnya dalam menurunkan kolesterol tetap terjaga.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.