Sukses

Resep Jamu Pahitan yang Terbukti Ampuh Turunkan Kolesterol dan Diabetes

Banyak orang yang mengonsumsi jamu paitan untuk menjaga kesehatan, mengatasi berbagai keluhan fisik, dan sebagai bentuk pengobatan alami.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki kekayaan tradisi herbal yang luar biasa, dan salah satu yang paling menonjol adalah jamu paitan atau pahitan. Ramuan kesehatan ini sudah dikenal sejak zaman dahulu, terkenal dengan efektivitasnya meskipun rasanya sangat pahit.

Nama paitan sendiri sudah mencerminkan rasa khas dari jamu ini yang mungkin tidak mudah diterima oleh semua orang. Namun, di balik rasa pahitnya tersebut, terdapat berbagai khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Menurut laman resmi Kementerian Kesehatan, jamu paitan mengandung berbagai bahan herbal yang memiliki rasa pahit, seperti sambiloto, brotowali, meniran, lempuyang, widoro laut, doro putih, babakan pule, adas, dan berbagai empon-empon lainnya. Kombinasi bahan-bahan ini tidak hanya memberikan rasa yang khas tetapi juga membawa manfaat kesehatan yang signifikan.

Banyak orang yang mengonsumsi jamu paitan untuk menjaga kesehatan, mengatasi berbagai keluhan fisik, dan sebagai bentuk pengobatan alami. Jika kamu juga ingin merasakan manfaat dari jamu pahitan ini, yuk intip resepnya yang telah dilansir oleh Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (23/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bahan-bahan

- 5 cm batang brotowali

- 5 cm lempuyang

- 6 serut doro putih

- 1 batang sambiloto

- 1 batang meniran

- 1 lembar daun pandan

- Gula merah atau gula pasir secukupnya

- Air secukupnya 

3 dari 5 halaman

Cara membuat

1. Mulailah dengan mencuci bersih semua bahan yang diperlukan. Kemudian, iris tipis brotowali, sambiloto, lempuyang, meniran, dan daun pandan.

2. Selanjutnya, rebus air dalam panci hingga mendidih. Setelah air mendidih, masukkan semua bahan yang telah diiris tadi bersama dengan doro putih.

3. Biarkan campuran tersebut mendidih selama 10 menit. Setelah itu, tambahkan gula secukupnya dan aduk hingga gula larut sempurna.

4. Angkat panci dari kompor dan diamkan ramuan hingga agak hangat. Saring ramuan tersebut untuk memisahkan ampasnya, dan ramuan herbal siap diminum selagi hangat.

Nikmati kehangatan dan manfaat kesehatan dari ramuan herbal buatan sendiri ini!

4 dari 5 halaman

Manfaat kesehatan jamu pahitan

Walaupun memiliki rasa yang pahit, jamu pahitan menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Dengan rutin mengonsumsinya, Anda bisa menurunkan kadar kolesterol, meredakan pegal-pegal, mengatasi alergi biduran, dan mengatur gula darah bagi penderita diabetes. Tak hanya itu, jamu pahitan juga dikenal sebagai jamu detoks yang efektif dalam membersihkan darah Anda.

5 dari 5 halaman

Tips konsumsi jamu pahitan

Bagi penderita diabetes, sangat disarankan untuk tidak menambahkan gula pada jamu pahitan. Jika rasanya terlalu pahit, cukup minum dalam jumlah sedikit saja. Sebaiknya, konsumsi jamu ini selagi hangat agar rasa pahitnya berkurang.

Jamu pahitan mungkin memiliki rasa yang kurang bersahabat bagi sebagian orang, namun manfaat kesehatannya sungguh luar biasa. Dengan berbagai kandungan herbal yang berkhasiat, jamu ini mampu menjadi solusi alami untuk berbagai masalah kesehatan, mulai dari menurunkan kolesterol hingga mengatur kadar gula darah. Resep jamu pahitan yang sederhana dan mudah dibuat di rumah memungkinkan siapa saja untuk merasakan manfaatnya tanpa kesulitan mencari bahan-bahan yang langka.

Walaupun rasanya pahit, konsistensi dalam mengonsumsi jamu pahitan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba, jangan ragu untuk membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep yang telah disediakan. Semoga dengan rutin mengonsumsi jamu pahitan, kesehatan Anda semakin terjaga.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.