Sukses

11 Contoh Kegiatan MPLS SMK yang Seru dan Antimainstream, Tidak Bikin Bosan

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di jenjang SMK merupakan kesempatan emas untuk mengenal dunia pendidikan dengan cara yang seru dan antimainstream.

Liputan6.com, Jakarta Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di jenjang SMK merupakan kesempatan emas untuk mengenal dunia pendidikan dengan cara yang seru dan antimainstream. Program MPLS kali ini tidak hanya berfokus pada pengenalan akademis, tetapi juga mengintegrasikan berbagai kegiatan menarik.

Kegiatan ini dirancang untuk membangun kekompakan dan semangat tim di kalangan siswa baru. Mulai dari permainan kelompok hingga sesi kreatif, MPLS SMK menawarkan pengalaman yang menyenangkan dan berbeda dari rutinitas tradisional.

Kegiatan MPLS di SMK kali ini dirancang untuk menggabungkan pembelajaran dengan hiburan, termasuk workshop praktis dan simulasi industri yang relevan dengan jurusan yang dipilih siswa. Semua kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran nyata mengenai dunia kerja sekaligus membuat proses adaptasi menjadi lebih menyenangkan.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai contoh kegiatan MPLS SMK yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/7/2024). 

2 dari 3 halaman

1. Simulasi Industri Terpadu

Mengadakan simulasi praktis yang berkaitan dengan jurusan siswa, seperti workshop teknik di mana siswa merakit perangkat elektronik atau membuat prototipe produk, atau simulasi bisnis di mana mereka merancang dan mempresentasikan rencana bisnis. Kegiatan ini memberikan pengalaman nyata dan langsung yang relevan dengan jurusan mereka.

2. Kegiatan Outdoor Challenge

Mengorganisir acara seperti lomba orientasi alam, treasure hunt, atau game strategi di luar ruangan yang melibatkan kerjasama tim. Aktivitas ini tidak hanya membangun kekompakan tetapi juga memberikan kesan menyenangkan dan berbeda dari kegiatan MPLS yang biasanya.

3. Workshop Kreatif dan Inovatif

Menyelenggarakan workshop kreatif seperti desain grafis, pembuatan video, atau produksi konten media sosial yang relevan dengan minat dan jurusan siswa. Misalnya, siswa desain grafis dapat belajar membuat poster digital, sedangkan siswa media sosial dapat membuat konten viral.

4. Pentas Seni dan Budaya

Mengadakan pentas seni yang melibatkan berbagai penampilan seperti musik, tari, teater, atau pertunjukan komedi yang menampilkan bakat siswa. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan kreativitas mereka dan merayakan keanekaragaman budaya.

5. Challenge Kreativitas dan Inovasi

Mengadakan lomba atau challenge seperti hackathon, kompetisi ide bisnis, atau challenge inovasi teknologi. Siswa dapat dibagi menjadi kelompok untuk menyelesaikan proyek tertentu dalam waktu terbatas, yang merangsang kreativitas dan kemampuan problem-solving.

6. Kunjungan Industri Virtual atau Fisik

Mengatur kunjungan ke perusahaan atau industri terkait dengan jurusan mereka, atau melakukan tur virtual ke fasilitas yang relevan. Kunjungan ini memberikan wawasan langsung tentang dunia kerja dan aplikasi praktis dari keterampilan yang mereka pelajari.

7. Forum Diskusi dan Talkshow

Menyelenggarakan forum diskusi atau talkshow dengan pembicara tamu dari berbagai bidang industri yang relevan dengan jurusan siswa. Pembicara dapat berbagi pengalaman dan memberikan wawasan tentang karir di bidang tertentu, memberikan inspirasi dan motivasi kepada siswa.

8. Kegiatan Sosial dan Pengabdian Masyarakat

Melibatkan siswa dalam proyek pengabdian masyarakat, seperti bersih-bersih lingkungan, atau mengadakan kampanye sosial. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman berharga tetapi juga membangun kesadaran sosial dan tanggung jawab.

9. Game dan Ice Breaking Kreatif

Mengadakan berbagai permainan kelompok yang memadukan unsur pendidikan dengan hiburan, seperti kuis trivia tentang jurusan atau sekolah, atau permainan teater improvisasi yang memicu kreativitas dan kerja sama tim.

10. Teka-teki MPLS

Permainan juga dibutuhkan untuk peserta didik baru agar kegiatan MPLS tidak membosankan, misalnya lewat teka-teki MPLS. Cara ini untuk melatih daya pikir dan analisisi siswa baru dengan cara memecahkan teka-teki berdasarkan clue yang diberikan, baik berupa makanan, minuman, atau benda.

11. Kelas Masak atau Keterampilan Praktis

Mengadakan kelas memasak atau pelatihan keterampilan praktis seperti pertukangan atau menjahit yang sesuai dengan minat siswa. Kegiatan ini memungkinkan siswa untuk belajar keterampilan baru sambil bersenang-senang.

3 dari 3 halaman

Contoh Jadwal Kegiatan MPLS Jenjang SMK

1. Hari Pertama

07.30 - 08.00: Pendaftaran dan pembukaan, siswa baru berkumpul di aula sekolah, dan sambutan dari Kepala Sekolah dan Ketua OSIS

08.00 - 09.00: Perkenalan pengurus sekolah dan OSIS, pengenalan staf pengajar, pengurus sekolah, dan anggota OSIS

09.00 - 10.30: Sesi ice breaking, permainan kelompok untuk memecah kebekuan dan mengenal satu sama lain

10.30 - 11.00: Istirahat

11.00 - 12.30: Pengenalan sekolah dan program studi, presentasi tentang sejarah sekolah, visi misi, dan program studi yang ada

12.30 - 13.30: Istirahat dan makan siang

13.30 - 15.00: Workshop kreatif, kelas kreatif seperti desain grafis, fotografi, atau pembuatan konten media sosial

15.00 - 15.30: Refleksi dan penutupan hari pertama, diskusi kelompok dan kesimpulan kegiatan hari pertama

2. Hari Kedua

07.30 - 08.00: Pembukaan dan briefing, penyambutan siswa dan briefing kegiatan hari kedua

08.00 - 10.00: Simulasi industri terpadu, kegiatan praktis sesuai jurusan, seperti proyek mini teknik atau bisnis

10.00 - 10.30: Istirahat

10.30 - 12.00: Kunjungan industri virtual, tur virtual ke perusahaan atau industri terkait

12.00 - 13.00: Istirahat dan makan siang

13.00 - 15.00: Outdoor challenge, lomba orientasi alam, treasure hunt, atau game strategi di luar ruangan

15.00 - 15.30: Refleksi dan penutupan hari kedua, diskusi kelompok dan kesimpulan kegiatan hari kedua

3. Hari Ketiga

07.30 - 08.00: Pembukaan dan briefing, penyambutan siswa dan briefing kegiatan hari ketiga

08.00 - 09.30: Forum diskusi dan talkshow, sesi dengan pembicara tamu dari industri atau alumni sukses

09.30 - 10.00: Istirahat

10.00 - 12.00: Kompetisi kreatif, hackathon mini, kompetisi ide bisnis, atau challenge inovasi teknologi

12.00 - 13.00: Istirahat dan makan siang

13.00 - 14.30: Pentas seni dan budaya, penampilan seni dari siswa baru dan pengurus OSIS

14.30 - 15.30: Penutupan dan pengumuman, pengumuman pemenang kompetisi, pemberian hadiah, dan penutupan resmi MPLS

15.30 - 16.00: Refleksi dan evaluasi, diskusi kelompok, pengumpulan feedback, dan evaluasi kegiatan MPLS