Sukses

7 Trik Jitu Menyimpan Bawang Merah Agar Awet Tanpa Perlu Digoreng

Karena bawang merah sering digunakan dalam berbagai masakan, sebaiknya kita memanfaatkan harga yang murah saat ini untuk menyimpan bawang merah dalam jumlah yang banyak.

Liputan6.com, Jakarta Bawang merah adalah salah satu bumbu dapur yang sangat penting dalam berbagai jenis masakan. Baru-baru ini, harga bawang merah cukup terjangkau. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk membeli dalam jumlah banyak dan menyimpannya.

Namun, sering kali seseorang menghadapi masalah bawang merah yang cepat busuk atau mengering, terutama jika disimpan dalam jumlah besar dan untuk waktu yang lama. Jadi, bagaimana cara menyimpan bawang merah agar tetap awet? Bahkan jika kamu tidak sempat menggorengnya atau memang tidak menyukai bumbu bawang yang telah digoreng kering.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa trik yang bisa diterapkan agar bawang merah tetap segar dan tahan lama meski tanpa digoreng. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dicoba, dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (15/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Trik Jitu Menyimpan Bawang Merah

1. Simpan di tempat yang kering dan sejuk

Pastikan bawang merah disimpan di tempat yang kering, sejuk, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Menghindari tempat yang lembap atau terkena sinar matahari langsung sangat penting karena hal tersebut dapat mempercepat proses pembusukan.

2. Gunakan kantong kertas atau jaring

Simpan bawang merah dalam kantong kertas atau jaring yang memungkinkan sirkulasi udara. Penggunaan kantong plastik tidak disarankan karena dapat menahan kelembapan dan menyebabkan bawang cepat busuk. Jadi, usahakan untuk menyimpan bawang merah di wadah yang menyerap air seperti kertas, jaring kain, atau wadah yang terbuat dari anyaman bambu.

3. Pisahkan dari bumbu lain

Bawang merah sebaiknya disimpan terpisah dari bahan bumbu atau makanan lain, terutama kentang. Kentang mengeluarkan gas yang dapat mempercepat pembusukan bawang merah. Selain kentang, bahan makanan sejenis umbi-umbian seperti ubi jalar, singkong, dan talas juga sebaiknya tidak disimpan bersama bawang merah.

3 dari 3 halaman

Trik Jitu Menyimpan Bawang Merah

4. Rutin memeriksa

Selalu lakukan pemeriksaan rutin terhadap kondisi bawang merah. Segera buang bawang yang mulai busuk agar tidak menular ke bawang lainnya. Jika Sahabat Fimela memasak setiap hari, momen mengambil bawang sebelum memasak bisa sekaligus dimanfaatkan untuk menyortir bawang yang busuk dan yang masih baik.

5. Gunakan tisu atau kertas koran sebagai alas

Untuk menyerap kelembapan berlebih, kamu bisa membungkus atau meletakkan alas kertas tisu atau koran di wadah penyimpanan bawang merah. Ini akan membantu menjaga kualitas bawang tetap baik meskipun disimpan dalam waktu yang cukup lama.

6. Jangan kupas sebelum digunakan

Disarankan untuk menyimpan bawang merah dalam kondisi utuh dengan kulitnya. Mengupas bawang sebelum disimpan hanya akan mempercepat proses pembusukan.

7. Simpan di tempat yang gelap dan kering

Bawang merah akan lebih tahan lama jika disimpan di tempat yang gelap. Cahaya dapat memicu pertumbuhan tunas yang menyebabkan bawang merah cepat busuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.