Sukses

Intip 10 Fakta Menarik di Akad Nikah Thariq dan Aaliyah, Sah Jadi Suami Istri

Momen sakral akad nikah Thariq dan Aaliyah disaksikan oleh Presiden Joko Widodo dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Liputan6.com, Jakarta - Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid melangsungkan akad nikah pada Jumat (26/7/2024) pagi di Hotel Raffles, Jakarta Selatan. Momen sakral ini disaksikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Kedua mempelai tampil memukau dalam busana pengantin tradisional berwarna putih.

Akad nikah Thariq dan Aaliyah diwarnai berbagai kejadian menarik yang menjadi sorotan publik. Salah satunya adalah maskawin unik senilai Rp26.072.024 yang merepresentasikan tanggal pernikahan mereka. Nominal ini terlihat dipajang dalam bingkai dengan inisial "AT" di atasnya.

Berdasarkan siaran langsung di Channel YouTube Thariq Halilintar, prosesi akad nikah berjalan khidmat dengan Mudjie Massaid, adik almarhum Adjie Massaid, bertindak sebagai wali nikah. Thariq mengucapkan ijab kabul dengan lantang dalam satu tarikan napas, menandai sahnya pernikahan mereka di hadapan keluarga dan tamu undangan.

Berikut Liputan6.com ulas sejumlah fakta menarik di akad nikah Thariq dan Aaliyah, Jumat (26/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Kehadiran Presiden Joko Widodo sebagai saksi

Akad nikah Thariq dan Aaliyah mendapat kehormatan dengan kehadiran Presiden Joko Widodo sebagai saksi. Melansir dari siaran langsung di Channel YouTube Thariq Halilintar, Presiden Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 09.00 WIB didampingi Ibu Negara Iriana. Kehadiran orang nomor satu di Indonesia ini menambah kesakralan momen akad nikah Thariq dan Aaliyah, sekaligus menunjukkan betapa spesialnya acara tersebut.

2. Maskawin unik bernilai Rp26.072.024

Salah satu fakta menarik dalam akad nikah Thariq dan Aaliyah adalah maskawin unik senilai Rp26.072.024. Melansir dari siaran langsung tersebut, nominal ini merupakan representasi tanggal pernikahan mereka pada 26 Juli 2024. Maskawin ini ditampilkan dalam bingkai yang dipegang oleh pasangan pengantin baru, dengan inisial "AT" (Aaliyah dan Thariq) terlihat di atasnya.

3. Prosesi adat panggih

Akad nikah Thariq dan Aaliyah menggunakan adat panggih, menambah nuansa tradisional dalam prosesi sakral tersebut. Melansir dari Channel YouTube Thariq Halilintar, penggunaan adat panggih ini menjadi daya tarik tersendiri, menggabungkan unsur modern dan tradisional dalam pernikahan mereka.

4. Wali nikah dari pihak keluarga Aaliyah

Dalam akad nikah Thariq dan Aaliyah, yang menjadi wali nikah adalah Mudjie Massaid, adik almarhum Adjie Massaid. Melansir dari siaran langsung tersebut, Mudjie Massaid mengucapkan:

"Ananda Muhammad Thariq Attamimi bin Halilintar Anofial Asmid, saya nikahkan dan saya kawinkan anak dari almarhum kakak saya, Aaliyah Annisa Jeffar Massaid binti Raden Pandji Chandra Pratomo Samiadji Massaid dengan mas kawin uang tunai Rp26.072.024, tunai," ujar Mudjie Massaid yang menjadi wali nikah Aaliyah.

Momen ini menambah keharuan dalam prosesi akad nikah, mengingat almarhum ayah Aaliyah.

5. Ijab kabul dalam satu tarikan napas

Momen ijab kabul menjadi sorotan dalam akad nikah Thariq dan Aaliyah. Thariq mengucapkan ijab kabul dengan lantang dalam satu tarikan napas. Ia berkata:

"Saya terima nikah dan kawinnya Aaliyah Annisa Jeffar Massaid binti Raden Pandji Chandra Pratomo Samiadji Massaid dengan mas kawin tersebut, tunai," kata Thariq sambil menjabat erat tangan Mudjie.

Hal ini menunjukkan kesiapan dan keyakinan Thariq dalam melangkah ke jenjang pernikahan.

 

3 dari 3 halaman

6. Kehadiran Ketua MPR RI sebagai saksi

Selain Presiden Jokowi, akad nikah Thariq dan Aaliyah juga disaksikan oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo. Bamsoet hadir sebagai saksi dari pihak Aaliyah Massaid. Kehadiran dua tokoh penting negara ini semakin memperlihatkan besarnya perhatian publik terhadap pernikahan Thariq dan Aaliyah.

7. Busana pengantin tradisional

Thariq dan Aaliyah tampil memukau dalam balutan busana pengantin tradisional berwarna putih. Melansir dari siaran langsung di Channel YouTube Thariq Halilintar, pemilihan busana ini menambah keanggunan dan kewibawaan pasangan pengantin baru tersebut, sekaligus menunjukkan penghormatan mereka terhadap budaya Indonesia.

8. Momen haru dengan Reza Artamevia

Sebelum akad nikah dimulai, terjadi momen haru antara Aaliyah dan ibunya, Reza Artamevia. Aaliyah meminta izin menikah sekaligus meminta maaf kepada sang ibu.

"Aaliyah tak mampu membalas ibu, karenanya Aaliyah memohon keikhlasan dan doa ibu untuk Aaliyah. Ibuku tersayang, sejak Aaliyah dilahirkan banyak dosa yang Aaliyah lakukan, dan memohon maaf yang sebesar-besarnya. Aaliyah juga tidak mungkin membalas apa yang sudah ibu berikan," ujar Aaliya.

Reza Artamevia terlihat tak kuasa menahan air mata bahagia, hingga suaranya bergetar dan nyaris tak sanggup berkata-kata.

"Aaliyah memohon om Mudji untuk menikahkan dan mengawinkan Aaliyah dengan Thariq. Aaliyah ikhlas dan ridho, semoga pernikahan Aaliyah diberkahi Allah SWT," ucapnya.

9. Penandatanganan buku nikah

Setelah prosesi ijab kabul, akad nikah Thariq dan Aaliyah dilanjutkan dengan penandatanganan buku nikah. Melansir dari Channel YouTube Thariq Halilintar, momen ini menandai secara resmi status Thariq dan Aaliyah sebagai suami istri di mata hukum dan agama.

10. Nasihat pernikahan dari Habib Husein Jafar

Akad nikah Thariq dan Aaliyah ditutup dengan nasihat pernikahan yang disampaikan oleh Habib Husein Jafar. Nasihat ini menjadi bekal berharga bagi pasangan pengantin baru dalam mengarungi bahtera rumah tangga mereka.

"Cinta yang tidak dilandaskan oleh ketakwaan maka cinta itu hanya akan memberikan kesenangan tetapi tidak kebahagiaan kesenangan itu bersifat fluktuasi kesenangan itu awalnya tinggi kemudian semakin hari semakin berkurang," kata Habib Jafa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.