Sukses

8 Trik Simpel Merebus Kacang Hijau Agar Empuk Tanpa Pecah

Memasak kacang hijau hingga empuk namun tetap utuh memang sering kali menjadi tantangan. Namun, tak perlu khawatir lagi! Kini ada trik sederhana yang dapat membuat proses ini jauh lebih mudah!

Liputan6.com, Jakarta Merebus kacang hijau mungkin tampak seperti tugas yang sederhana, namun untuk mendapatkan tekstur yang empuk tanpa membuat kacang hijau pecah memerlukan sedikit keterampilan dan pengetahuan khusus.

Jika kamu ingin mendapatkan kacang hijau yang empuk tanpa pecah, baik untuk bubur atau hidangan lainnya, ada beberapa trik penting yang perlu diperhatikan. Trik ini sebenarnya cukup mudah dan mungkin sudah banyak dilakukan oleh orang-orang di luar sana. Penasaran apa saja triknya?

Dilansir dari fimela.com, berikut adalah beberapa trik yang bisa kamu coba untuk memastikan kacang hijau yang kamu rebus menjadi lebih empuk namun tetap utuh, Sabtu (27/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

8 Trik Simpel Merebus Kacang Hijau Agar Empuk

1. Pilih Kacang Hijau Berkualitas

Pastikan Anda memilih kacang hijau yang berkualitas tinggi dan masih segar. Kacang hijau yang sudah lama disimpan biasanya lebih sulit untuk menjadi empuk dan cenderung mudah pecah saat direbus.

2. Rendam Sebelum Merebus

Rendam kacang hijau dalam air dingin selama minimal 4-6 jam atau semalaman. Perendaman ini akan membantu melunakkan kacang hijau dan mempercepat proses memasak. Jangan lupa untuk membuang air rendaman sebelum merebus.

3. Gunakan Air yang Cukup

Saat merebus, pastikan Anda menggunakan air yang cukup banyak sehingga kacang hijau dapat bergerak bebas. Ini akan mencegah kacang hijau saling menekan dan pecah.

4. Rebus dengan Api Kecil

Setelah air mendidih, kecilkan api dan biarkan kacang hijau mendidih perlahan. Merebus dengan api kecil akan membantu kacang hijau matang merata dan mencegahnya pecah.

5. Jangan Aduk Terlalu Sering

Mengaduk terlalu sering bisa membuat kacang hijau pecah. Aduk sesekali saja untuk memastikan semua bagian matang merata.

6. Tambahkan Garam dan Gula di Akhir

Hindari menambahkan garam di awal proses perebusan karena dapat membuat kacang hijau menjadi keras. Tambahkan garam setelah kacang hijau sudah empuk untuk menjaga teksturnya. Begitu juga dengan gula, jangan menambahkannya di awal proses perebusan.

7. Gunakan Penutup Panci

Menutup panci saat merebus akan membantu mempertahankan uap dan panas, sehingga kacang hijau lebih cepat empuk. Namun, pastikan untuk sesekali membuka tutup agar air tidak meluap.

8. Cek Kematangan Secara Berkala

Periksa kematangan kacang hijau secara berkala dengan mencicipinya. Pastikan kacang hijau sudah empuk sebelum mengangkatnya dari kompor.

Itulah beberapa trik dan langkah mudah untuk merebus kacang hijau agar lebih empuk tanpa membuatnya pecah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.