Sukses

10 Tips Cepat Move On dari Seseorang yang Mustahil Dimiliki, Dirimu Berharga

Tersedia peluang untuk membuka babak baru dalam hidup setelah patah hati.

Liputan6.com, Jakarta Ketika seseorang yang kamu cintai tidak bisa menjadi milikmu, perasaan sakit dan kekecewaan akan menghantuimu. Ada kekecewaan yang dalam ketika harapan dan kenyataan tidak sesuai. Kamu mungkin merasa kecewa terhadap diri sendiri karena tidak bisa memiliki orang tersebut, atau kecewa terhadap situasi yang membuat hubungan itu tidak mungkin terjadi.

Namun, kehidupan harus terus berlanjut, dan kamu harus mampu melanjutkan perjalanan dengan kebahagiaan dan harapan yang penuh. Melupakan seseorang yang tidak bisa dimiliki memang tidak mudah, tetapi dengan sikap yang tepat, kamu dapat melakukannya.

Berikut adalah sepuluh sikap yang dapat membantumu melupakan seseorang yang tidak bisa dimiliki, membuka lembaran hidup baru, dan menemukan kesempatan untuk berjodoh dengan seseorang yang lebih baik. Mari simak uraiannya di bawah ini sebagaimana telah dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Senin (16/9/24):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Menerima Kenyataan dengan Lapang Dada

Langkah awal yang sangat penting adalah menerima kenyataan bahwa orang tersebut tidak dapat dimiliki. Menerima kenyataan ini dengan tulus membantu kamu untuk menghentikan harapan pada hal yang tidak mungkin terjadi.

Memahami bahwa kehidupan tidak selalu berjalan sesuai dengan rencanamu adalah kunci untuk memulai melepaskan perasaan tersebut. Dengan demikian, kamu dapat mulai fokus pada diri sendiri dan masa depan yang lebih cerah.

3 dari 11 halaman

2. Menyibukkan Diri dengan Aktivitas Positif

Mengalihkan fokus dari rasa sakit dan kehilangan bisa didapatkan dengan sibuk dalam berbagai aktivitas positif. Terlibat dalam hobi yang disukai, bergabung dengan komunitas baru, atau bahkan mencoba hal-hal baru dapat memberikan energi positif dan kebahagiaan. Selain melupakan seseorang, aktivitas tersebut juga membantu menemukan minat dan potensi baru dalam dirimu.

4 dari 11 halaman

3. Menjaga Jarak dan Membatasi Kontak

Mengurangi kontak dan menjaga jarak yang sehat adalah salah satu cara yang efektif untuk melupakan seseorang. Dengan menghindari pertemuan atau komunikasi yang tidak perlu, kamu dapat mengurangi rasa sakit dan menghindari harapan palsu.

Meskipun demikian, penting untuk dicatat bahwa menjaga jarak tidak berarti memutus hubungan secara total. Melainkan memberikan ruang bagi hati kamu untuk sembuh dan pulih.

5 dari 11 halaman

4. Menerima dan Mengungkapkan Perasaan

Merasa sedih atau kecewa tidak perlu dihindari. Sangat penting untuk menerima perasaan tersebut dan tidak menolaknya. Berbagi perasaan dengan teman dekat atau menulis dalam jurnal bisa menjadi cara yang efektif untuk melepaskan beban emosional. Dengan mengakui dan menghadapi perasaanmu, kamu dapat menemukan solusi dan melanjutkan hidup dengan lebih baik.

6 dari 11 halaman

5. Berfokus pada Pengembangan Diri

Mengalihkan perhatian pada pengembangan diri adalah langkah penting dalam melupakan seseorang yang tidak dapat dimiliki. Dengan mengikuti kursus, membaca buku, atau mengembangkan keterampilan baru, kamu dapat meningkatkan perasaan kesejahteraan dan kepercayaan diri. Dengan fokus pada pencapaian pribadi, kamu dapat menemukan kepuasan dan kebahagiaan dalam diri sendiri, tanpa bergantung pada orang lain.

7 dari 11 halaman

6. Berbicara dengan Profesional

Jika merasa terbebani dengan perasaan tersebut, tak ada salahnya untuk mencari bantuan dari seorang profesional seperti psikolog atau konselor. Mereka akan memberikan panduan dan dukungan yang diperlukan untuk mengatasi perasaan tersebut. Terapi atau konseling dapat membantu menemukan cara baru dalam menghadapi dan melupakan seseorang secara sehat.

8 dari 11 halaman

7. Mengubah Pola Pikir

Mengubah cara berpikirmu tentang cinta dan hubungan dapat membantumu melupakan seseorang yang tidak dapat kamu miliki. Alih-alih menganggapnya sebagai kegagalan atau kerugian, kamu dapat melihatnya sebagai pembelajaran dan kesempatan untuk berkembang.

Percaya bahwa setiap akhir adalah awal dari sesuatu yang baru dan lebih baik. Dengan pola pikir yang positif, kamu dapat membuka diri untuk peluang baru dan hubungan yang lebih baik di masa depan.

9 dari 11 halaman

8. Cari Aktivitas yang Positif

Terlibat dalam aktivitas yang memberikan kebahagiaan dan kepuasan. Apakah itu berolahraga, berpartisipasi dalam kegiatan sosial, atau terlibat dalam proyek kreatif, aktivitas positif dapat membantu Anda merasa lebih baik dan mempercepat proses penyembuhan. 

10 dari 11 halaman

9. Pertimbangkan Konseling atau Terapi

Jika Anda merasa kesulitan untuk mengatasi perasaan Anda sendiri, pertimbangkan untuk berbicara dengan seorang profesional. Terapi dapat memberikan dukungan tambahan, strategi coping yang efektif, dan membantu Anda mengatasi perasaan Anda dengan lebih baik.

11 dari 11 halaman

10. Membuka Hati untuk Kesempatan Baru

Akhir dari suatu hubungan bukan berarti akhir dari segala-galanya. Selalu ada kesempatan untuk bertemu dengan seseorang yang lebih baik dan lebih cocok untuk kita. Membuka hati untuk kesempatan baru dan tidak takut untuk menjalin hubungan baru adalah kunci untuk melupakan seseorang dan melanjutkan hidup. Setiap orang berhak untuk bahagia dan menemukan cinta sejati yang akan membawa kebahagiaan yang sebenarnya.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.