Sukses

Tips Cepat Mengupas Kulit Ari Kacang dengan 3 Cara Mudah, Bisa Dicoba

Jika kamu ingin mengupas kulit ari kacang dengan mudah, coba salah satu dari tiga metode simpel ini. Dijamin prosesnya akan terasa cepat dan praktis, sehingga kamu tak perlu repot lagi.

Liputan6.com, Jakarta Seringkali, kamu perlu mengupas kacang tanah dari kulit arinya sebelum diolah menjadi camilan lezat atau bahan makanan lainnya. Memang, di pasar tersedia kacang tanah kupas yang sudah bersih, namun harganya cenderung lebih mahal dan rasanya tidak se-gurih kacang yang baru dikupas sendiri.

Daripada mengeluarkan uang lebih untuk membeli kacang kupas yang kurang gurih, lebih baik membeli kacang dengan kulit ari dan membersihkannya sendiri di rumah. Ternyata, mengupas kulit ari kacang tanah bisa dilakukan dengan mudah, lho!

Kamu hanya perlu mengikuti 3 langkah mudah ini untuk mengupas kulit ari kacang tanah dengan cepat, seperti yang dilansir Liputan6.com dari fimela.com, Selasa (30/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Direbus

1. Bersihkan kacang tanah dari segala kotoran hingga benar-benar bersih.

2. Didihkan air dalam panci secukupnya. Setelah air mendidih, masukkan kacang tanah ke dalam panci tersebut.

3. Rebus kacang tanah hingga matang dan kulit arinya mulai mengelupas dengan sendirinya. Angkat kacang dan biarkan terendam dalam air rebusan hingga dingin.

4. Siapkan layah atau cobek, tiriskan kacang tanah secukupnya di atas cobek, lalu tekan dan gosok dengan gerakan memutar hingga kulit ari kacang terkelupas.

5. Ulangi proses ini hingga semua kacang selesai. Setelah itu, bilas kacang hingga bersih.

3 dari 4 halaman

2. Disangrai

1. Pertama-tama, rendam kacang tanah dalam air selama 1-2 jam. Setelah itu, panaskan wajan dan sangrai kacang hingga matang serta kulit arinya mulai mengelupas.

2. Merendam kacang tanah sebelum disangrai bertujuan agar kulit arinya lebih mudah terkelupas dan tidak menempel pada kacang.

3. Pastikan untuk terus mengaduk kacang selama proses sangrai agar tidak gosong dan matang secara merata, sehingga kulit arinya mudah terkelupas.

4. Setelah kacang matang, angkat dan pindahkan ke atas tampah untuk didinginkan sejenak. Kemudian, gosok kacang dengan tangan secara memutar hingga kulit arinya terkelupas.

5. Jika kacang masih panas, gunakan sarung tangan untuk mengelupas kulit arinya agar lebih nyaman dan aman.

4 dari 4 halaman

3. Digoreng

1. Kacang tanah dapat dikupas kulit arinya dengan metode penggorengan. Untuk mempermudah proses pengelupasan, rendam kacang terlebih dahulu selama sekitar 1 jam.

2. Setelah itu, panaskan minyak secukupnya di dalam wajan. Tiriskan kacang dari sisa air rendaman dan keringkan.

3. Goreng kacang hingga matang, sambil terus diaduk agar kematangannya merata.

4. Ketika kulit ari mulai terlihat mengelupas, lanjutkan menggoreng hingga kulitnya tampak merekah.

5. Angkat kacang dan tiriskan dari minyak.

6. Setelah kacang tidak lagi panas, gosok kacang dengan gerakan memutar menggunakan tangan hingga seluruh kulit arinya terkelupas.

7. Untuk menghindari terkena minyak, Anda bisa menggunakan sarung tangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.