Sukses

8 Tanda Mengalami Stres Berlarut, Jangan Sepelekan Agar Hidupmu Bahagia Lagi

Mengenali tanda-tanda stres berlarut penting dipahami karena bisa menghalangi kebahagiaanmu.

Liputan6.com, Jakarta Stres adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari yang seringkali mengganggu keseimbangan. Meskipun ada beberapa tingkat stres yang dapat memotivasi untuk menyelesaikan tugas, namun stres yang berlebihan justru berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengenali tanda-tanda stres agar dapat mengambil tindakan sebelum masalah menjadi lebih serius. 

Dalam kehidupan yang penuh dengan tekanan dan tuntutan, seringkali sulit untuk menjaga keseimbangan emosional dan mental. Salah satu indikator utama bahwa seseorang sedang mengalami stres adalah kesulitan dalam merasakan kebahagiaan.

Stres yang berlebihan dapat memengaruhi berbagai aspek kehidupan seseorang, mulai dari kesehatan fisik hingga kesejahteraan emosional. Oleh karena itu, penting untuk mengenali tanda-tanda bahwa Anda sedang dilanda stres.

Hal itu sangat penting lantaran Anda bisa segera mengambil langkah-langkah untuk mengatasi dan mengelola stres tersebut. Berikut selengkapnya penjelasannya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa (30/7/2024).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Mimpi Buruk

Mimpi-mimpi buruk yang terus-menerus menghantui atau gangguan tidur yang sering terjadi bisa menjadi indikasi bahwa pikiranmu sedang dilanda tekanan. Stres dapat merusak kualitas tidurmu, menghasilkan mimpi-mimpi yang tidak menyenangkan atau bahkan mengakibatkan insomnia. Hal ini bahkan dapat mengganggu waktu istirahat kita sehari-hari.

3 dari 9 halaman

2. Perubahan Nafsu Makan

Stres memiliki dampak besar terhadap pola makanmu. Ada orang yang bisa kehilangan nafsu makan dan berat badannya turun drastis. Namun, ada juga yang justru makan berlebihan sebagai cara untuk mengatasi stres, yang berakibat pada peningkatan berat badan.

Nafsu makan yang berubah drastis adalah salah satu tanda bahwa kamu sedang mengalami stres. Jadi, jika kamu merasa sedang tidak tertarik dengan makanan atau justru tergoda untuk makan berlebihan, bisa jadi itu adalah respons tubuhmu terhadap stres yang sedang kamu alami.

4 dari 9 halaman

3. Cemas dan Khawatir Berlebihan

Mengalami kecemasan atau kekhawatiran yang terus-menerus adalah gejala umum dari stres. Kamu mungkin merasakan gelisah yang mengganggu, ketegangan yang membebani, atau pikiran yang terus berputar tanpa henti. Bahkan, kondisi ini bisa menyebabkan kegelisahan yang berlebihan dan nyeri kepala yang tak tertahankan.

5 dari 9 halaman

4. Sulit Konsentrasi

Penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa stres memiliki dampak negatif terhadap kemampuan seseorang untuk fokus dan berkonsentrasi. Rasanya seperti tugas-tugas sulit sulit diselesaikan dan keputusan-keputusan penting sulit diambil saat kamu tengah dilanda stres. Hal ini tentu saja berdampak pada produktivitas dan kinerja kerja atau akademikmu.

6 dari 9 halaman

5. Perubahan Mood

Stres memiliki kekuatan untuk mengubah emosi dengan cepat dan dramatis. Rasanya seperti kamu sedang berjalan di atas tali tipis, mudah tersinggung, terhanyut dalam kesedihan, atau terjebak dalam kefrustrasian tanpa sebab yang jelas. Perasaan galau dan ketidaktenangan juga akan dengan mudah melandamu.

7 dari 9 halaman

6. Masalah Fisik

Stres tak hanya berdampak pada pikiran, tetapi juga merasuki tubuh. Rasa sakit di kepala, perut yang terasa tidak nyaman, otot-otot yang terasa kaku, dan kelelahan yang menghampiri bisa menjadi sinyal bahwa tubuhmu tengah merespons tekanan. Stres memiliki kemampuan yang luar biasa untuk melahirkan masalah fisik yang tak terduga.

8 dari 9 halaman

7. Keinginan Menarik Diri dari Sekitar

Saat stres, mungkin kamu merasa ingin menghindar dari interaksi sosial dan aktivitas yang biasanya kamu sukai. Ini bisa menjadi pertanda bahwa kamu sedang merasa terlalu banyak beban dan butuh waktu untuk sendiri. Selain itu, ini juga menunjukkan bahwa kamu merasa tidak nyaman saat berada di tengah banyak orang.

 

9 dari 9 halaman

8. Perasaan Putus Asa atau Kehilangan Harapan

Tanda terakhir seseorang yang sedang dilanda stres adalah merasa putus asa dan kehilangan harapan.  Mereka biasanya sering putus asa, kehilangan harapan, atau merasa bahwa hidup tidak ada artinya.

Seperti yang diketahui, stres adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Namun, sangat penting untuk mengenali gejalanya dan mengambil langkah-langkah untuk mengelolanya. Dengan begitu, kamu dapat menjaga kesehatan fisik dan mentalmu serta menjalani kehidupan yang lebih sehat dan lebih bahagia. 

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.