Sukses

3 Trik Jitu Mengukus Makanan dengan Alat Seadanya, Cocok untuk Anak Kos

Intip 3 trik jitu untuk mengukus makanan dengan peralatan seadanya yang pasti bisa Anda coba di dapur kos.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi anak kos sering kali memaksa Anda untuk berpikir kreatif dalam segala hal, termasuk dalam urusan memasak. Keterbatasan peralatan dapur bukanlah halangan untuk menikmati makanan sehat yang dikukus.

Jangan khawatir! Kini tersedia berbagai trik jitu yang bisa Anda terapkan agar tetap bisa mengukus makanan dengan alat-alat seadanya yang tersedia di kosan. Kamu bahkan bisa mempraktikan cara ini saat berada di kos-kosan.

Jadi, jika Anda ingin mengukus makanan dengan praktis menggunakan peralatan yang ada di kos, yuk simak beberapa trik menarik berikut ini, dilansir Liputan6.com dari fimela.com, Rabu (31/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1.Manfaatkan Rice Cooker

Manfaatkan rice cooker atau penanak nasi jika Anda memilikinya di kos. Pertama, cuci bersih panci penanak nasi dan isi dengan air secukupnya. Kemudian, letakkan wadah sarangan plastik yang biasanya sudah satu paket dengan penanak nasi tersebut.

Susun makanan yang ingin Anda kukus di dalam wadah tersebut, lalu tutup rice cooker. Nyalakan tombol cook dan biarkan rice cooker bekerja. Anda hanya perlu menunggu hingga makanan matang sesuai keinginan Anda. Anda dapat membuka tutup rice cooker untuk memeriksa apakah makanan sudah cukup matang.

3 dari 4 halaman

2. Manfaatkan Wajan

Jika Anda memiliki dapur kecil di kost dan memiliki wajan atau teflon, Anda dapat menggunakannya untuk mengukus makanan dengan mudah. Caranya sederhana: isi wajan dengan sedikit air, kemudian tata makanan yang ingin Anda kukus di dalam mangkuk. Letakkan mangkuk tersebut di atas wajan yang sudah berisi air. Selanjutnya, nyalakan kompor dan tutup wajan.

Air di dalam wajan akan mendidih dan menghasilkan uap yang akan mengukus makanan di dalam mangkuk. Kukus makanan sesuai dengan waktu yang diinginkan hingga matang sempurna.

4 dari 4 halaman

3. Manfaatkan Panci

Jika Anda memiliki panci untuk merebus air, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengukus makanan. Caranya sangat mudah! Letakkan makanan yang ingin Anda kukus di dalam mangkuk kecil. Setelah itu, tuangkan air secukupnya ke dalam panci, lalu tempatkan mangkuk tersebut di dalam panci.

Pastikan air tidak meluap hingga masuk ke dalam mangkuk. Jika air yang Anda tuangkan terlalu banyak, Anda bisa menguranginya. Selanjutnya, nyalakan api dan kukus makanan hingga matang. Setelah matang, biarkan suhu panas menurun sebelum Anda mengangkat mangkuk pengukusnya.

Itulah beberapa trik mengukus makanan dengan peralatan seadanya untuk anak kos. Sangat layak dicoba karena sederhana, praktis, dan cerdas dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di kos.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.