Sukses

Tanpa Soda Kue dan Baking Powder, Begini Cara Mudah Bikin Bolu Kukus Mekar

Ayo, coba resep membuat kue bolu tanpa baking soda dan baking powder ini. Sangat mudah dan praktis, siapa tahu kamu tertarik untuk mencobanya.

Liputan6.com, Jakarta Kue bolu kukus sering menjadi pilihan camilan sederhana yang bisa dibuat sendiri di rumah. Baik untuk dinikmati sendiri, disajikan kepada tamu, maupun dijadikan ide bisnis.

Ada banyak cara untuk membuat bolu kukus yang mekar, namun biasanya memerlukan baking soda dan baking powder. Lalu, bagaimana jika di rumah tidak tersedia kedua bahan tersebut?

Tenang saja! Kini kamu bisa membuat kue bolu kukus yang mekar tanpa perlu menggunakan baking soda maupun baking powder. Berikut resepnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (31/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Mekar

Bahan-bahan:

- 250 gram tepung protein rendah

- 200 gram gula pasir

- 100 ml air

- 50 ml susu cair

- 2 butir telur

- 1 sdt vanili bubuk

- 1/2 sdt SP

- Pewarna makanan atau pasta pandan secukupnya (opsional)

 

3 dari 3 halaman

Cara Membuat kue bolu kukus mekar sempurna

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat bolu kukus mekar sempurna.

1. Kocok Bahan: Kocok telur, SP, dan gula hingga gula larut sempurna. Tambahkan air dan susu, lalu kocok hingga tercampur rata.

2. Campurkan Tepung: Ayak tepung terlebih dahulu, kemudian masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil terus diaduk hingga rata. Tambahkan vanili dan pewarna makanan sesuai selera.

3. Aduk dengan Mixer: Jika memiliki mixer, gunakan untuk mengaduk adonan hingga mengembang dan berwarna putih. Jika tidak, aduk dengan pengocok telur secara manual, meskipun proses ini akan memakan waktu lebih lama.

4. Panaskan Kukusan: Panaskan kukusan hingga siap digunakan.

5. Tuang dan Kukus: Siapkan loyang atau cup kecil beserta wadah kertasnya. Tuang adonan secukupnya ke dalam loyang atau cup, lalu kukus selama kurang lebih 15 menit hingga matang.

6. Penyajian: Angkat kue bolu kukus dari kukusan dan sajikan.

Kue bolu kukus ini dibuat tanpa baking soda dan baking powder, namun tetap bisa mengembang dengan lembut dan mekar. Sangat praktis dan mudah dibuat di rumah. Yuk, coba sendiri dan nikmati hasilnya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.