Sukses

Resep Sambal Ikan Homemade, Sajian Cepat dan Lezat untuk Makan Siang Istimewa

Sambal ikan merupakan hidangan khas Nusantara yang memikat selera dengan perpaduan rasa pedas dan kelezatan yang tak tertandingi.

Liputan6.com, Jakarta Sambal ikan, hidangan tradisional yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia, adalah pendamping makanan yang tak tergantikan bagi para pencinta kuliner pedas. Dengan rasa pedas yang menggigit dan aroma rempah yang menggugah selera, sambal ikan telah menjadi bintang di meja makan.

Di balik kenikmatannya, sambal ikan menyimpan sejarah yang kaya dan telah menjadi bagian integral dari warisan kuliner Indonesia. Sambal ikan biasanya dibuat dari bahan-bahan sederhana seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, terasi, dan ikan.

Berikut ini adalah resep mudah untuk membuat sambal ikan homemade yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (31/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Resep Sambal Ikan Homemade

Bahan-bahan:

- 300 gram ikan (seperti ikan kembung, ikan tongkol, atau jenis ikan lainnya sesuai dengan selera Anda)

- 2 sendok makan air jeruk nipis

- 1 sendok teh garam

- Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ikan

 

Bahan Sambal:

- 10 buah cabai merah keriting

- 5 buah cabai rawit merah (sesuaikan jumlahnya dengan tingkat kepedasan yang Anda inginkan)

- 4 siung bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 1 buah tomat ukuran sedang

- 1 sendok teh terasi bakar

- 1 sendok teh garam

- 1 sendok teh gula merah

- 2 sendok makan minyak goreng

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Sambal Ikan Homemade

1. Bersihkan ikan terlebih dahulu, kemudian lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap dengan sempurna.

2. Panaskan minyak goreng di wajan, lalu goreng ikan hingga matang sempurna dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

3. Di wajan yang sama, panaskan sedikit minyak goreng, kemudian tumis cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat hingga layu dan harum.

4. Angkat bahan-bahan yang telah ditumis, lalu haluskan dengan cara diulek atau menggunakan blender bersama terasi bakar, garam, dan gula merah.

5. Panaskan kembali 2 sendok makan minyak goreng di wajan, lalu tumis sambal yang telah dihaluskan hingga matang dan harum. Koreksi rasa sesuai selera.

6. Letakkan ikan goreng di piring saji, kemudian siram atau sajikan sambal di atas ikan goreng tersebut.

7. Sambal ikan siap disajikan bersama nasi hangat dan lalapan segar.

Dengan resep yang sederhana dan bahan-bahan yang mudah didapat, kamu bisa menghadirkan sensasi pedas dan gurih dari sambal ikan yang tak tertandingi. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.