Sukses

Ted Bundy, Menelusuri Jejak Pembunuh Berantai yang Menggemparkan Amerika

Siapa sebenarnya Ted Bundy dan bagaimana kehidupannya?

Liputan6.com, Jakarta Ted Bundy adalah nama yang tidak hanya menggemparkan Amerika Serikat pada akhir abad ke-20, tetapi juga meninggalkan jejak kelam dalam sejarah kejahatan. Sebagai salah satu pembunuh berantai paling terkenal, Ted Bundy telah mengakui terlibat dalam 30 pembunuhan selama tahun 1970-an. Namun, di balik kekejaman dan kengerian tindakannya, terdapat banyak aspek yang belum sepenuhnya terungkap mengenai kehidupan dan pikiran Bundy.

Salah satu sorotan terbaru dalam mengungkap misteri Ted Bundy adalah penerbitan buku "Dark Tide: Growing Up with Ted Bundy," yang dirilis pada 23 Juli 2024. Buku ini menampilkan korespondensi Ted Bundy dari penjara kepada sepupunya, Edna Cowell Martin, memberikan pandangan baru tentang interaksi pribadi mereka dan reaksi Martin terhadap kejahatan mengerikan Ted Bundy. Korespondensi ini menggambarkan bagaimana Bundy berusaha menjelaskan dirinya di tengah tuduhan serius yang mengarah pada pengakuan terakhirnya sebelum eksekusi pada Januari 1989.

Dengan memanfaatkan surat-surat yang jarang dipublikasikan ini, pembaca dapat melihat sisi lain dari Ted Bundy, yang selama ini tersembunyi di balik gambaran publiknya sebagai seorang pembunuh berantai. 

Lantas siapa sebenarnya Ted Bundy dan bagaimana kehidupannya? Lebih jelasnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber biografi singkat Ted Bundy, Rabu (31/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Siapakah Ted Bundy?

Ted Bundy adalah seorang pembunuh berantai, pemerkosa, dan nekrofil yang mengaku telah membunuh 30 wanita pada tahun 1970-an. Meski demikian, beberapa ahli percaya bahwa jumlah korban sebenarnya mungkin melebihi 100. Bundy ditangkap pada Februari 1978 dan menerima tiga hukuman mati terpisah untuk pembunuhan dua anggota sorority Chi Omega di Florida State University serta seorang gadis berusia 12 tahun. Penampilannya yang menawan membuatnya menjadi semacam selebriti selama persidangan, dan kasusnya telah menginspirasi banyak novel dan film tentang pembunuh berantai. Ted Bundy dieksekusi pada Januari 1989 dalam usia 42 tahun.

Fakta Singkat

NAMA LENGKAP: Theodore Robert Bundy

TANGGAL LAHIR: 24 November 1946

TANGGAL MENINGGAL: 24 Januari 1989

TEMPAT LAHIR: Burlington, Vermont

ISTERI: Carole Ann Boone (1980-1986)

ZODIAK: Sagitarius

 

Masa Kecil Ted Bundy

Ted Bundy lahir dengan nama Theodore Robert Bundy pada 24 November 1946 di Burlington, Vermont. Kelahiran Bundy yang tidak sah membuat ibunya, Eleanor Louise Cowell, merasa tertekan dan malu di hadapan orang tua religiusnya. Louise, yang saat itu berusia 22 tahun, melahirkan Ted di sebuah panti untuk ibu yang belum menikah. Setelah itu, Louise membawa putranya ke rumah orang tuanya di Philadelphia.

Pada akta kelahirannya, ayah Bundy tercantum sebagai "tidak diketahui," sehingga identitas ayah biologisnya mungkin tidak akan pernah terungkap. Namun, ada beberapa teori mengenai siapa yang mungkin menjadi ayahnya. Ann Rule, seorang rekan kerja Ted sekaligus penulis buku The Stranger Beside Me, menyarankan bahwa ayah Ted mungkin adalah Lloyd Marshall, seorang veteran Angkatan Udara dan lulusan Penn State. Sumber lain menyebutkan bahwa ayah Ted adalah Jack Worthington, dan ada juga desas-desus bahwa ayahnya adalah kakeknya sendiri.

Untuk menutupi fakta bahwa Ted adalah anak tidak sah, Bundy dibesarkan sebagai anak angkat oleh kakek-neneknya dan diberitahu bahwa ibunya adalah kakaknya. Louise pindah dengan anaknya yang masih kecil ke Tacoma, Washington, dan pada tahun 1951, ia menikah dengan Johnnie Bundy. Meskipun Ted mengadopsi nama Bundy, ia dilaporkan tidak memiliki banyak rasa hormat terhadap ayah tirinya, yang dianggapnya kurang terdidik dan berasal dari kalangan pekerja. Johnnie dan Louise kemudian memiliki beberapa anak bersama.

Dari luar, Bundy tumbuh dalam keluarga pekerja yang tampaknya bahagia. Namun, ia menunjukkan minat yang tidak biasa terhadap hal-hal yang berbau kegelapan sejak usia dini. Sekitar usia 3 tahun, ia sudah tertarik dengan pisau. Sebagai anak yang pemalu namun cerdas, Bundy berprestasi baik di sekolah meskipun tidak bergaul dengan teman sebayanya.

Menurut Matt DeLisi, seorang kriminolog dari Iowa State University yang menulis buku Ted Bundy and the Unsolved Murder Epidemic pada tahun 2023, Bundy juga dikenal suka membongkar tikus di hutan dan mencoba menenggelamkan orang saat berenang atau berperahu. Ia menunjukkan tidak adanya rasa "penyesalan, rasa bersalah, malu, atau rasa malu."

Sebagai remaja, sisi gelap dari karakter Bundy mulai muncul. Ia sering mengintip ke dalam jendela rumah orang lain dan tidak ragu untuk mencuri barang-barang yang diinginkannya.

3 dari 6 halaman

Pendidikan Ted Bundy

Ted Bundy lulus dari Universitas Washington pada tahun 1972 dengan gelar di bidang psikologi. Setelah menyelesaikan studi sarjananya, Bundy diterima dan mengikuti sekolah hukum di Utah, namun ia tidak pernah menyelesaikan gelar hukumnya. Selama masa studinya di Universitas Washington, Bundy menjalin hubungan dengan seorang wanita muda yang kaya dan cantik dari California bernama Diane Edwards. Diane memiliki segala sesuatu yang diinginkan Bundy: uang, kelas sosial, dan pengaruh. Perpisahan mereka meninggalkan Bundy dalam keadaan hancur. Banyak dari korban Bundy di kemudian hari memiliki kemiripan dengan mantan pacarnya—mahasiswa yang menarik dengan rambut panjang dan gelap.

Pada pertengahan 1970-an, Bundy mengalami transformasi besar, menjadi lebih percaya diri dan aktif dalam urusan sosial dan politik. Ia bahkan menerima surat rekomendasi dari gubernur Republik Washington setelah terlibat dalam kampanye politik gubernur tersebut.

 

Korban Ted Bundy

Ted Bundy mengaku telah membunuh 30 wanita di beberapa negara bagian pada tahun 1970-an, namun para ahli percaya bahwa jumlah korban sebenarnya mungkin mendekati 100 atau lebih. Setelah bertahun-tahun mempertahankan bahwa dirinya tidak bersalah, Bundy akhirnya mengakui kejahatannya tepat sebelum kematiannya. Mantan agen FBI Bill Hagmaier, yang menghabiskan banyak waktu bersama Bundy setelah ia tertangkap, menyatakan bahwa pengakuan tersebut terasa seperti usaha untuk memperpanjang hidupnya.

Mode pembunuhan Bundy biasanya mengikuti pola yang sangat mengerikan: Ia sering kali memperkosa korban-korbannya sebelum memukul mereka sampai mati. Bundy sering kali menarik wanita ke dalam mobilnya dengan berpura-pura mengalami cedera dan meminta bantuan mereka. Kebaikan mereka terbukti menjadi kesalahan fatal.

Ada perdebatan tentang kapan Bundy mulai melakukan pembunuhan. Sebagian besar sumber mengatakan bahwa ia memulai aksi membunuhnya sekitar tahun 1974. Pada waktu tersebut, banyak wanita di wilayah Seattle dan Oregon yang dilaporkan hilang. Cerita-cerita beredar tentang beberapa korban terakhir kali terlihat bersama seorang pria muda berambut gelap yang dikenal sebagai Ted.

Namun, kriminolog Matt DeLisi dalam bukunya yang diterbitkan pada tahun 2023 berargumen bahwa Bundy kemungkinan telah membunuh lebih dari 100 orang dan mulai membunuh sejak masa remajanya. “Bundy memberikan banyak petunjuk bahwa ada lebih banyak pembunuhan,” kata DeLisi, kemudian menjelaskan bahwa pihak berwenang sangat tidak siap untuk melacak Bundy. “Dan pola serta kepercayaan diri yang ia tunjukkan dalam membunuh antara tahun 1974 dan 1978 menunjukkan bahwa tidak mungkin ia baru memulai,” tambahnya. Akhirnya, jumlah pasti wanita yang dibunuh Bundy tidak akan pernah diketahui.

4 dari 6 halaman

Elizabeth Kloepfer: Pacar Ted Bundy

Elizabeth Kloepfer mungkin merupakan pacar Ted Bundy yang paling dikenal. Mereka memulai hubungan selama enam tahun pada tahun 1969 setelah bertemu di sebuah bar di Seattle. Kloepfer adalah seorang ibu tunggal dengan seorang putri kecil dan mengalami kesulitan dengan alkoholisme. Bundy merawatnya dengan penuh perhatian, dan Kloepfer menggambarkannya sebagai sosok yang "hangat dan penuh kasih."

Pada tahun 1974, Kloepfer mulai mencurigai adanya perilaku aneh dari Bundy, termasuk penyimpanan sebuah kapak daging di mejanya. Ketika dia menanyakan tentang hal-hal tersebut, Bundy menggunakan pesona dan kecerdasannya untuk mengalihkan perhatian dan meredakan kekhawatirannya.

Meskipun Kloepfer memiliki kecurigaan tentang keterlibatan Bundy dalam pembunuhan-pembunuhan terkenal di daerah lokal, polisi tidak percaya bahwa Bundy adalah pelakunya. Kloepfer tetap bersama Bundy, meskipun hubungan mereka mulai merenggang ketika Bundy pindah ke Olympia pada tahun berikutnya.

Pada tahun 1975, Kloepfer kembali melapor ke polisi dengan bukti yang membantu mereka menangkap Bundy. Bundy pernah mengaku kepada Kloepfer melalui telepon dari sel penjara bahwa dia telah mencoba membunuhnya dan tidak bisa menahan dorongannya ketika merasa "penyakitnya semakin berkembang dalam dirinya," seperti yang ditulis Kloepfer kemudian. Setelah itu, Kloepfer memutuskan hubungan dengan Bundy untuk selamanya dan kemudian menulis sebuah buku tentang pengalamannya.

 

Penangkapan Pertama dan Pelarian dari Penjara

Pada musim gugur 1974, Bundy pindah ke Utah untuk melanjutkan studi hukum, dan wanita-wanita mulai menghilang di sana juga. Tahun berikutnya, Bundy diberhentikan oleh polisi. Dalam pemeriksaan kendaraan, ditemukan sejumlah peralatan pencurian seperti linggis, masker wajah, tali, dan borgol. Dia ditangkap karena memiliki peralatan tersebut, dan polisi mulai mengaitkannya dengan kejahatan-kejahatan yang lebih serius.

Pada tahun 1975, Bundy ditangkap dalam kasus penculikan Carol DaRonch, salah satu dari sedikit wanita yang berhasil melarikan diri dari cengkeraman Bundy. Ia dihukum dan dijatuhi hukuman penjara antara satu hingga lima belas tahun.

Bundy melarikan diri dari penjara sebanyak dua kali pada tahun 1977. Pertama, setelah didakwa atas tuduhan pembunuhan terhadap seorang wanita muda di Colorado, Bundy memutuskan untuk menjadi pengacaranya sendiri dalam kasus tersebut. Saat berada di perpustakaan pengadilan, ia melompat keluar dari jendela dan berhasil melarikan diri. Dia ditangkap kembali delapan hari kemudian.

Pada bulan Desember tahun yang sama, Bundy melarikan diri dari tahanan untuk kedua kalinya. Ia membuat lubang di langit-langit selnya dan berhasil menurunkan berat badannya lebih dari 13 kilogram untuk bisa melewati celah kecil tersebut. Pihak berwenang baru menyadari bahwa Bundy hilang setelah 15 jam, memberikan Bundy waktu yang cukup untuk mendapatkan keunggulan besar dalam pelariannya dari polisi.

5 dari 6 halaman

Istri dan Anak Ted Bundy

Pada bulan Februari 1980, Ted Bundy menikah dengan Carole Ann Boone, seorang ibu dari dua anak yang pernah menjadi pacarnya sebelum penangkapan pertamanya. Mereka menikah di ruang sidang selama fase hukuman dari persidangannya. Bundy melamar Boone dan dia menerima lamaran tersebut di hadapan hakim, yang membuat pernikahan mereka sah di Florida. Pasangan ini pertama kali bertemu enam tahun sebelumnya ketika mereka bekerja bersama di Department of Emergency Services di Olympia, Washington.

Pada tahun 1982, Boone melahirkan seorang putri bernama Rose dan menamai Bundy sebagai ayahnya. Awalnya, paternitas Bundy dipertanyakan karena ia tidak diperbolehkan melakukan kunjungan conjugal di penjara. Namun, Ann Rule, seorang mantan rekan kerja Bundy yang menulis buku tentangnya, mengatakan bahwa mungkin Bundy berhasil menyuap penjaga penjara untuk memungkinkan pasangan tersebut berhubungan intim.

Seiring berjalannya waktu, Boone akhirnya menyadari bahwa Bundy bersalah atas kejahatannya. Menurut buku Rule, Boone menceraikan Bundy pada tahun 1986 dan pindah ke Washington bersama putrinya. Tidak banyak yang diketahui tentang Rose (juga dikenal sebagai Rosa) saat ini. Diperkirakan Boone mengganti nama mereka untuk membantu mereka tetap keluar dari sorotan publik.

Rule mengatakan bahwa dia dengan sengaja menghindari informasi tentang Boone atau Rose karena mereka berhak atas privasi mereka. "Saya tidak ingin tahu di mana mereka berada; saya tidak pernah ingin terkejut oleh pertanyaan dari reporter tentang mereka," tulis Rule di situs webnya. "Yang saya tahu adalah bahwa putri Ted telah tumbuh menjadi wanita muda yang baik."

 

Kematian Ted Bundy

Pada tanggal 24 Januari 1989, Ted Bundy dieksekusi sekitar pukul 7 pagi di Florida State Prison menggunakan kursi listrik yang sering disebut "Old Sparky." Di luar penjara, kerumunan orang bersorak-sorai dan bahkan menyalakan kembang api setelah eksekusi Bundy. Beberapa orang membawa wajan yang mereka pukul sebagai bentuk perayaan dan bernyanyi, "Burn, Bundy, burn!"

Menurut Los Angeles Times, penyiar agama James Dobson mewawancarai Bundy pada malam sebelum kematiannya. Dobson mengklaim bahwa Bundy menangis beberapa kali dan mengungkapkan penyesalan atas apa yang telah dilakukannya. Pada malam sebelum eksekusinya, Bundy melakukan dua panggilan telepon kepada ibunya dan menikmati hidangan terakhir berupa steak, telur, hash browns, dan roti panggang.

Kata-kata terakhir Bundy ditujukan kepada pengacaranya, Jim Coleman, dan Fred Lawrence, seorang pendeta. "Saya ingin Anda menyampaikan cinta saya kepada keluarga dan teman-teman saya," kata Bundy sebelum kematiannya.

Setelah eksekusinya, para ilmuwan mengeluarkan otak Bundy dan mempelajarinya untuk mencari tanda-tanda kelainan fisik yang bisa menjelaskan perilaku kekerasannya. Namun, mereka tidak menemukan sesuatu yang signifikan.

Jenazah Bundy dikremasi di Gainesville, Florida, dan tidak ada upacara publik yang diadakan. Sebelum dieksekusi, ia meminta agar abunya disebar di Pegunungan Cascade di negara bagian Washington, tempat ia membunuh setidaknya empat korban.

6 dari 6 halaman

Film dan Buku tentang Ted Bundy

Sejak persidangan terkenal di Florida, kehidupan Ted Bundy telah menjadi subjek berbagai film dramatik, serial dokumenter, dan buku yang mencoba menggali lebih dalam mengenai kejahatannya.

Salah satu film yang terkenal adalah The Deliberate Stranger yang tayang pada tahun 1986. Film televisi ini menampilkan aktor Mark Harmon sebagai Ted Bundy. Salah satu pengacara Bundy bahkan menyebut film tersebut sebagai "sangat akurat."

Pada tahun 2019, Extremely Wicked, Shockingly Evil and Vile ditayangkan perdana di Festival Film Sundance. Film ini dibintangi oleh Zac Efron sebagai Bundy dan Lily Collins sebagai pacar Bundy, Elizabeth Kloepfer. Film Netflix ini mengambil judul dari komentar Hakim Edward Cowart setelah hukuman Bundy. Efron menyatakan bahwa dia merasa memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa film tersebut tidak menjadi sebuah perayaan atau glorifikasi Bundy, melainkan sebuah "studi psikologis" tentang pembunuh tersebut. Namun, beberapa kritikus merasa film dan penampilan Efron sebenarnya telah meromantisasi Bundy.

Netflix juga merilis Conversations with a Killer: The Ted Bundy Tapes pada tahun 2019. Serial dokumenter terbatas ini menampilkan rekaman arsip dan rekaman audio Bundy yang dibuat di sel hukuman mati, bersama dengan wawancara saat ini. Serial ini didasarkan pada buku oleh penulis Stephen Michaud dan jurnalis Hugh Aynesworth yang menulisnya dengan bantuan lebih dari 150 jam wawancara dengan Bundy.

Dalam film Ted Bundy: American Boogeyman yang dirilis pada tahun 2021, Chad Michael Murray memerankan Bundy. Pada tahun yang sama, Luke Kirby juga memerankan Bundy dalam film No Man of God, yang didasarkan pada percakapan Bundy dengan analis FBI Bill Hagmaier pada tahun 1980-an.

Salah satu buku terkenal tentang kejahatan Bundy adalah The Stranger Beside Me, yang diterbitkan pada tahun 1980 dan ditulis oleh Ann Rule, seorang rekan kerja Bundy di hotline krisis. Buku ini menggambarkan bagaimana Rule secara perlahan menyadari bahwa Bundy adalah seorang pembunuh berantai dan kemudian memanfaatkan korespondensi mereka yang berlangsung hingga sesaat sebelum eksekusi Bundy. Buku Rule ini kemudian diadaptasi menjadi film TV dengan judul yang sama pada tahun 2003, dengan Barbara Hershey memerankan Rule dan Billy Campbell sebagai Bundy.

The Phantom Prince: My Life with Ted Bundy adalah buku yang ditulis oleh mantan pacar Bundy, Elizabeth Kloepfer, tentang pengalaman cintanya dengan seorang pembunuh berantai. Buku ini diterbitkan pada tahun 1981, sementara Bundy masih berada di sel hukuman mati.

Rhonda Stapley, yang selamat setelah diserang brutal oleh Bundy di Utah pada tahun 1974, menulis sebuah buku pada tahun 2016 tentang pengalamannya: I Survived Ted Bundy: The Attack, Escape & PTSD That Changed My Life.

Polly Nelson menerbitkan Defending the Devil: My Story as Ted Bundy’s Last Lawyer pada tahun 1994. Nelson adalah seorang pengacara yang baru memulai karirnya dan ditawarkan kasus Bundy secara pro bono oleh firma hukum Washington tempat dia bekerja, beberapa minggu sebelum Bundy dijadwalkan untuk dieksekusi.

Banyak yang percaya bahwa Bundy setidaknya sebagian menginspirasi karakter pembunuh fiksi Buffalo Bill dalam novel The Silence of the Lambs yang diterbitkan pada tahun 1988. Penulis Thomas Harris belum berbicara secara publik tentang karakter tersebut. Buku ini kemudian diadaptasi menjadi film yang terkenal dengan nama yang sama tiga tahun kemudian, yang dibintangi oleh Jodie Foster dan Anthony Hopkins.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.