Sukses

6 Khasiat Kacang Panjang, Ampuh Turunkan Kolesterol hingga Sehatkan Jantung

Terdapat beragam khasiat kacang panjang untuk kesehatan yang penting diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Kacang panjang merupakan sayuran yang tidak hanya populer dalam berbagai masakan, tetapi juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu keunggulan kacang panjang adalah kemampuannya dalam membantu mengatur kadar kolesterol dalam tubuh, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Dengan mengandung berbagai vitamin, mineral, dan serat, kacang panjang menjadi pilihan yang ideal bagi mereka yang ingin meningkatkan pola makan sehat dan mendukung kesehatan kardiovaskular. Selain itu kacang panjang juga berkhasiat untuk kesehatan lain jika dikonsumsi secara bijak.

Artikel ini akan membahas apa saja manfaat atau khasiat dari kacang panjang. Simak selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (31/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kaya Akan Serat yang Membantu Menurunkan Kolesterol

Kacang panjang dikenal kaya akan serat, yang sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol. Serat dalam kacang panjang bekerja dengan cara mengikat kolesterol dalam saluran pencernaan dan membuangnya keluar dari tubuh. Serat juga membantu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit.

3 dari 7 halaman

2. Mengandung Antioksidan yang Melindungi Jantung

Kacang panjang kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Antioksidan berperan penting dalam melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh, termasuk sel-sel di pembuluh darah. Selain itu, antioksidan juga membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan kronis sering kali menjadi penyebab utama berbagai penyakit jantung.

4 dari 7 halaman

3. Menurunkan Tekanan Darah yang Berhubungan dengan Kolesterol

Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi sering kali berjalan beriringan. Kacang panjang mengandung kalium yang membantu menurunkan tekanan darah. Dengan tekanan darah yang terkontrol, risiko penumpukan plak kolesterol di arteri juga bisa dikurangi.

5 dari 7 halaman

4. Sumber Protein Nabati yang Sehat

Kacang panjang juga merupakan sumber protein nabati yang sangat baik. Protein nabati dari kacang panjang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Protein nabati juga lebih mudah dicerna oleh tubuh dan tidak menyebabkan penumpukan lemak dalam pembuluh darah. Jadi, selain menurunkan kolesterol, protein nabati dari kacang panjang juga membantu menjaga kesehatan pembuluh darah.

6 dari 7 halaman

5. Membantu Mengontrol Berat Badan

Mengontrol berat badan adalah salah satu cara efektif untuk menurunkan kolesterol. Kacang panjang rendah kalori tetapi tinggi nutrisi, sehingga sangat cocok untuk diet. Berat badan yang terkontrol bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

7 dari 7 halaman

6. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Kandungan serat dan antioksidan dalam kacang panjang membantu menjaga kesehatan pembuluh darah. Dengan mengurangi peradangan dan menjaga elastisitas pembuluh darah, kacang panjang berkontribusi pada sirkulasi darah yang lebih baik dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.