Sukses

5 Penyebab Cegukan dan Cara Praktis Mengatasinya

Ternyata, beberapa kebiasaan sehari-hari yang tampaknya tidak berbahaya bisa menjadi penyebab cegukan yang tidak terduga.

Liputan6.com, Jakarta Cegukan sering kali dianggap sepele, namun faktanya bisa sangat mengganggu aktivitas harian. Banyak orang merasa tidak nyaman saat cegukan datang, terutama jika berlangsung dalam waktu yang lama. Ternyata, beberapa kebiasaan sehari-hari yang tampaknya tidak berbahaya bisa menjadi penyebab cegukan yang tidak terduga.

Walaupun cegukan umumnya tidak berbahaya, mengetahui penyebabnya dapat membantu kamu mencegah atau mengatasinya dengan lebih efektif. Kebiasaan-kebiasaan yang terlihat sepele mungkin saja menjadi pemicu cegukan. Oleh karena itu, memahami cara-cara untuk mengatasinya sangat penting agar kamu dapat segera kembali beraktivitas tanpa gangguan.

Artikel ini akan mengulas beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan cegukan serta cara-cara efektif untuk mengatasinya. Dengan informasi ini, diharapkan kamu bisa lebih siap menghadapi cegukan yang tiba-tiba dan mengurangi dampaknya dalam kehidupan sehari-hari. Informasi ini dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (21/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab cegukan

1. Makan terlalu cepat

Makan dengan tergesa-gesa bisa membuat udara ikut tertelan bersama makanan. Udara yang masuk ke lambung ini dapat merangsang saraf frenikus, yang kemudian menyebabkan cegukan.

2. Minum minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi seperti soda mengandung gas yang bisa membuat perut kembung. Kembung ini dapat menekan diafragma dan memicu cegukan.

3. Makan makanan pedas

Makanan pedas bisa mengiritasi tenggorokan dan lambung. Iritasi ini dapat merangsang saraf frenikus, yang pada akhirnya menyebabkan cegukan.

4. Perubahan suhu tiba-tiba

Mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin secara bersamaan bisa menyebabkan perubahan suhu mendadak di dalam lambung. Hal ini dapat merangsang saraf frenikus.

5. Stres dan kecemasan

Emosi yang intens, seperti stres atau kecemasan, dapat mempengaruhi pola pernapasan dan menyebabkan cegukan. Sistem saraf yang tertekan bisa memicu reaksi cegukan.

3 dari 3 halaman

Cara praktis mengatasi cegukan

1. Minum air putih

Minum segelas air putih secara perlahan dapat membantu meredakan cegukan. Air ini akan membantu merilekskan diafragma dan mengurangi iritasi yang menjadi penyebab cegukan.

2. Menahan napas

Cobalah menahan napas selama beberapa detik. Teknik ini bisa membantu mengatur pola pernapasan dan menghentikan cegukan yang terus-menerus.

3. Menghisap permen pelega tenggorokan

Menghisap permen pelega tenggorokan dapat merangsang saraf di tenggorokan, membantu merilekskan diafragma, dan mengatasi cegukan.

4. Menyedot es batu

Menghisap es batu bisa menjadi cara efektif untuk mengatasi cegukan. Suhu dingin dari es batu dapat menenangkan tenggorokan dan lambung, serta mengurangi iritasi.

5. Mengatur pola makan

Makan dengan perlahan dan tidak berlebihan dapat mencegah cegukan. Menghindari makanan pedas dan minuman berkarbonasi juga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya cegukan.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.