Sukses

Link Template Desain Banner HUT RI 2024, Begini Aturan Penggunaannya

Untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2024, masyarakat diimbau untuk menggunakan logo dan desain turunan, termasuk banner HUT RI ke-79 dalam berbagai bentuk media.

Liputan6.com, Jakarta Untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2024, masyarakat diimbau untuk menggunakan logo dan desain turunan, termasuk banner HUT RI ke-79 dalam berbagai bentuk media. Penggunaan logo ini tidak hanya bertujuan untuk memperindah tampilan, tetapi juga untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan kebanggaan akan kemerdekaan bangsa.

Imbauan ini disampaikan dalam Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara (SE Mensesneg) tentang Penyampaian Tema dan Logo HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024. Pada poin kedua disebutkan bahwa logo dan desain turunan HUT ke-79 RI diharapkan dapat diimplementasikan secara maksimal ke dalam berbagai bentuk media.

Media yang dimaksud mencakup desain atau tampilan situs web dan media sosial, tayangan pada media televisi dan daring, dekorasi bangunan, dekorasi kendaraan atau alat transportasi umum dan dinas, produk suvenir, serta media publikasi cetak dan elektronik, termasuk banner HUT RI. Materi logo dan template desain turunan HUT ke-79 RI tahun 2024 dapat diunduh melalui laman resmi Kementerian Sekretariat Negara di www.setneg.go.id. Berikut ulasan lebih lanjut tentang banner HUT RI yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (1/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Link Download Materi Logo HUT RI 2024

Untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses dan menggunakan materi visual resmi dari template desain HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, berikut adalah daftar link yang dapat diakses untuk mengunduh berbagai template desain yang telah disediakan oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Link Template Desain untuk Media Promosi https://drive.google.com/drive/folders/1Z6ihahRgVBAhHzmFpIiI64hqd-X6NV12 

Link Template Desain untuk Media Transportasi https://drive.google.com/drive/folders/18g14xatrRUkVM9lldw7lVcuBcB3jzRVO Link

Template Desain untuk Seragam https://drive.google.com/drive/folders/1CJSU9rP2s2N6MPjA_ibX9eMP_AUU2_Y- 

Link Template Desain untuk Cenderamata https://drive.google.com/drive/folders/1_rDKrShHiv19sxBAupfKILfOFomET_2Y

Link Template Desain untuk Alat Perkantoran https://drive.google.com/drive/folders/1kR_6TEt0T5_mGEcaYJY_FW_q5KW6w8Ez

Link Template Desain untuk Presentasi https://drive.google.com/drive/folders/1-0yRRc2SCni8fW3fK4hukPS9xM14piYR

Silakan mengunduh dan menggunakan materi visual tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Dengan memanfaatkan template desain ini, diharapkan semangat perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI dapat semakin terasa di berbagai aspek kehidupan masyarakat.

3 dari 4 halaman

Pedoman Penggunaan Materi Visual HUT RI

Penggunaan materi visual HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia diatur dalam pedoman khusus untuk memastikan keseragaman dan konsistensi. Berikut ini adalah aturan yang harus diikuti dalam penggunaan materi visual

Larangan Dalam Penggunaan Materi Visual HUT RI

  1. Dilarang mengubah orientasi logo selain horizontal.
  2. Dilarang mengubah proporsi logo.
  3. Dilarang mengubah komposisi warna logo.
  4. Dilarang mengubah warna logo di luar palet warna yang telah ditetapkan.
  5. Dilarang menambahkan efek bayangan pada logo.
  6. Dilarang menampilkan logo dalam bentuk garis.
  7. Dilarang meletakkan logo pada area yang ramai, sehingga logo menjadi sulit terbaca.
  8. Dilarang meletakkan logo pada warna yang tidak kontras dengan logo, sehingga logo tidak terlihat jelas.

Aturan Penggunaan yang Benar

  1. Logo harus selalu ditampilkan dengan tepat dan konsisten sesuai pedoman.
  2. Orientasi harus mengikuti aturan yang tertulis di dalam pedoman logo, tanpa pengecualian.
  3. Warna harus mengikuti aturan yang tertulis di dalam pedoman logo, tanpa pengecualian.
  4. Komposisi harus mengikuti aturan yang tertulis di dalam pedoman logo, tanpa pengecualian.
  5. Pada latar fotografi yang terang dan cenderung sepi, letakkan logo berwarna.
  6. Pada latar yang memiliki banyak objek, pastikan foto berwarna hitam putih dan menggunakan logo berwarna putih.
  7. Pada latar fotografi yang gelap, letakkan logo putih. Pastikan latar kontras dengan logo sehingga logo dapat terbaca dengan baik.
  8. Pada latar yang memiliki banyak warna, pastikan foto diberi efek multiply merah sesuai palet warna dengan transparansi antara 30-50% dan menggunakan logo berwarna putih.
4 dari 4 halaman

Tema HUT RI 2024

Tema hari kemerdekaan RI tahun 2024 ini adalah "Nusantara Baru, Indonesia Maju". Tema ini diambil sebagai bentuk harapan bahwa bangsa ini tengah menyongsong hari depan yang lebih baik. "Nusantara Baru" berkaitan erat dengan ibu kota negara (IKN) yang berdiri di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Sementara "Indonesia Maju" adalah target Indonesia Emas 2045.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, meluncurkan tema dan logo HUT RI Ke-79 di Jakarta. Heru mengatakan tema itu dipilih sebagai representasi masa transisi yang dihadapi bangsa ini, bukan saja perpindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, namun juga peralihan kepemimpinan negara ini.

Dalam tema yang diusung untuk HUT Kemerdekaan RI ke-79, yakni "Nusantara Baru, Indonesia Maju", tersirat tiga masa transisi yang terjadi di Republik Indonesia. Tiga masa transisi itu bertepatan dengan momen HUT Kemerdekaan RI ke-79 ini.

Menyongsong Ibu Kota Baru

Pemerintah RI tengah membangun kompleks ibu kota negara baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Ibu Kota RI yang semula di Jakarta akan pindah ke lokasi baru yang dinamai IKN Nusantara. DKI Jakarta sendiri sudah bukan lagi Ibu Kota RI sejak adanya rapat paripurna tentang Rancangan Undang-undang DKJ atau Daerah Khusus Jakarta pada bulan Maret 2024. Seiring dengan itu, Undang-undang tentang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah terbit.

Pergantian Pemimpin

Warga di Indonesia telah melaksanakan pemilihan umum secara demokratis untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden RI pada Februari 2024. Dari hasil pemilu itu, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka terpilih sebagai presiden dan wakil presiden, yang akan menggantikan kepemimpinan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin yang sekarang ini masih menjabat. Momen 17 Agustus 2024 ini menjadi istimewa karena Indonesia punya pemimpin baru yang sebentar lagi akan dilantik.

Indonesia Emas 2045

Indonesia punya visi Indonesia Emas tahun 2045, yang diharapkan menjadi "negara nusantara yang berdaulat, maju, dan berkelanjutan". Indonesia 2045 akan diisi oleh generasi milenial dan generasi Z saat ini, yang kelak menjadi pemimpin Indonesia Emas.

Dengan tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju", HUT ke-79 Kemerdekaan RI tidak hanya merayakan masa lalu, tetapi juga menatap masa depan dengan optimisme dan harapan besar untuk Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.