Sukses

5 Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan Otak, Bisa Tingkatkan IQ

Menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kecerdasan adalah prioritas penting bagi banyak orang, dan salah satu cara yang efektif untuk mencapainya adalah melalui diet yang seimbang.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kecerdasan adalah prioritas penting bagi banyak orang, dan salah satu cara yang efektif untuk mencapainya adalah melalui diet yang seimbang. Buah-buahan tertentu tidak hanya menawarkan rasa yang segar dan lezat, tetapi juga mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi fungsi otak.

Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan dalam buah-buahan ini dapat membantu meningkatkan kinerja kognitif, memperbaiki daya ingat, dan melindungi otak dari stres oksidatif. Artikel ini akan membahas empat jenis buah yang terbukti memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan otak dan kecerdasan.

Dengan memahami berbagai manfaat dari setiap buah ini, Anda dapat menambahkan pilihan-pilihan ini ke dalam pola makan sehari-hari untuk mendukung kesehatan otak secara alami. Simak informasi berikut untuk mengetahui buah-buahan apa saja yang bisa membantu memajukan fungsi kognitif dan menjaga otak tetap sehat yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (1/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Blueberry

Blueberry, si buah ajaib yang kaya akan antioksidan! Selain rasanya yang manis, blueberry juga dikenal sebagai peningkat daya ingat dan fungsi otak. Terutama bagi mereka yang sudah memasuki usia dewasa hingga tua.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkapkan bahwa blueberry memiliki kemampuan luar biasa dalam meningkatkan fungsi memori, terutama pada orang-orang yang mengalami tanda-tanda penyakit demensia. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak rajin mengonsumsi buah ajaib ini!

3 dari 6 halaman

2. Alpukat

Tidak hanya berguna untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, alpukat ternyata juga bisa meningkatkan performa otak manusia. Alpukat mengandung lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan dan dapat mengurangi peradangan di otak.

Selain itu, alpukat juga kaya akan vitamin C dan E, dua vitamin yang memiliki manfaat tinggi untuk menjaga kesehatan otak dan fungsi kognitif. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, mengonsumsi alpukat secara rutin dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif pada orang tua yang sehat.

4 dari 6 halaman

3. Jeruk

Tidak ada yang tidak tahu betapa kaya vitamin C di dalam buah jeruk. Tapi tahukah kamu bahwa jeruk juga memiliki manfaat luar biasa untuk menjaga kesehatan otak dan fungsi kognitifnya? Vitamin C, yang juga dikenal sebagai antioksidan, telah terbukti mampu melindungi otak dari serangan radikal bebas yang berbahaya.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi para lansia untuk mengonsumsi jeruk secara rutin. Sebuah penelitian yang berjudul "Plasma Vitamin C Concentrations and Cognitive Function: A Cross-Sectional Study" menunjukkan bahwa jeruk memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi daripada buah-buahan lainnya.

Kandungan ini berperan penting dalam meningkatkan peredaran darah di otak, terutama dalam meningkatkan memori, tingkat konsentrasi, perhatian, dan kecepatan pengambilan keputusan. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan jeruk ke dalam menu harianmu. Selain memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa, jeruk juga enak dan segar untuk dinikmati. Jadi, jangan lupa untuk mengonsumsi jeruk secara teratur dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan otakmu!

5 dari 6 halaman

4. Pisang

Potasium adalah mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Jika mendapatkan asupan potasium yang cukup, tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit. Potasium berperan dalam mengatur keseimbangan dalam tubuh, memecahkan karbohidrat, dan meningkatkan produksi protein.

Salah satu buah yang kaya akan potasium adalah pisang. Kandungan potasium pada pisang terbukti dapat mengatur aktivitas listrik di otak dan meningkatkan fungsi kognitif. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin B6 yang baik untuk menjaga dan mengembangkan otak.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menunjukkan bahwa asupan potasium yang lebih tinggi dapat meningkatkan fungsi kognitif pada orang dewasa yang lebih tua. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi pisang dan mendapatkan manfaat potasium serta vitamin B6 yang terkandung di dalamnya.

6 dari 6 halaman

5. Kismis

Kismis adalah sumber antioksidan yang baik, termasuk polifenol, yang membantu melindungi sel otak dari kerusakan oksidatif. Kismis juga mengandung vitamin B dan mineral seperti magnesium yang mendukung kesehatan saraf dan fungsi kognitif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.