Sukses

Tanpa Dipresto, Ini Trik Rahasia Melunakkan Duri Ikan Mas Hingga Renyah

Menghilangkan duri pada ikan mas ternyata bisa dilakukan dengan mudah, bahkan tanpa menggunakan alat presto sekalipun. Yuk, ikuti langkah-langkahnya!

Liputan6.com, Jakarta Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan yang sering diolah menjadi hidangan tradisional seperti pepes atau digoreng. Ikan ini terkenal dengan rasanya yang lezat dan dagingnya yang lembut, mirip dengan ikan gurame.

Namun, menikmati ikan mas memiliki tantangan tersendiri karena banyaknya duri yang tersebar di seluruh tubuh dan ekornya. Oleh sebab itu, banyak orang lebih memilih bagian kepala ikan mas karena jumlah durinya yang lebih sedikit.

Jangan khawatir, ada cara untuk membuat duri ikan mas menjadi lunak dan aman untuk dikonsumsi tanpa menggunakan panci presto. Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut trik melunakkan duri ikan mas hingga menjadi kriuk dan enak dimakan, Kamis (1/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Siapkan Bumbu Arsik

Di sini, Anda akan diajak untuk memasak ikan mas arsik, sebuah hidangan tradisional yang khas dari Batak. Ikan mas ini akan diolah dengan bumbu arsik yang terdiri dari:

- 8 siung besar bawang merah dan 4 siung bawang putih.

- 2 ons cabai merah dan 0,5 ons cabai rawit (sesuaikan dengan selera pedas Anda).

- 2 tangkai bunga kecombrang atau honje dan 3 ikat bawang Batak.

- 1 butir kemiri, 1 ruas jahe, 1 ruas kunyit, dan 3 batang serai.

- 5 potong asam potong dan 0,5 ons andaliman.

- 5 sendok teh garam halus.

- Seujung sendok teh penyedap rasa.

Langkah pertama, letakkan setengah dari kecombrang, daun bawang, asam potong, dan andaliman di dalam rice cooker. Kemudian, haluskan bumbu yang tersisa menggunakan blender hingga merata.

3 dari 5 halaman

2. Masukkan Ikan Mas

Setelah bumbu arsik yang harum itu dimasukkan, kini saatnya menata potongan ikan mas yang sudah dicuci bersih di atas bumbu tersebut. Selanjutnya, taburkan sisa kecombrang, daun bawang, dan andaliman di atas ikan mas untuk menambah cita rasa yang lezat.

4 dari 5 halaman

3. Tuangkan Bumbu Halus

Langkah berikutnya, masukkan bumbu halus yang telah diolah dengan blender ke dalam rice cooker. Secara harfiah, arsik berarti “mengguyur”, yaitu metode memasak ikan mas dengan mengguyur bumbu dan air hingga bumbu meresap sempurna dan airnya habis.

Setelah itu, tambahkan air ke dalam rice cooker hingga menutupi seluruh bumbu arsik, ikan mas, dan bumbu halus. Namun, pastikan jumlah air yang ditambahkan tidak berlebihan agar tidak meluap saat mendidih.

5 dari 5 halaman

4. Tanak Selama 3 Jam

Tutup rice cooker dan pilih mode memasak untuk mengolah ikan mas selama dua hingga tiga jam. Setelah waktu tersebut berlalu, matikan rice cooker, angkat ikan mas dengan hati-hati, dan pindahkan ke piring saji. Kini, duri ikan mas yang dimasak dengan bumbu arsik telah menjadi lunak dan siap untuk dinikmati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.